Siapa Sih Pencipta Roblox? Yuk Kenalan Biar Paham!

YouTuber Roblox Indonesia

Dengan semakin populernya permainan ini di Indonesia, bisa dikatakan cukup mengherankan bila Vicigers belum tahu siapa pencipta Roblox.

Meski begitu, ini bisa terbilang wajar melihat begitu banyaknya developer yang berjibaku di dalam ekosistem mereka.

Ada begitu banyak permainan yang dapat diakses di sana. Tak hanya sebagai gamers, Vicigers-pun dapat berkontribusi sebagai developers juga loh!

Ini lah yang membuat Roblox menjadi begitu unik jika dibandingkan dengan platform gaming lainnya. Lantas dari mana sih ide tersebut datang? Sejenius apakah sang pencipta Roblox?

Nah, coba yuk kita bahas di artikel kali ini supaya lebih paham tentang platform Roblox. Silahkan di simak ya!

Baca juga: Cara Melihat ID Roblox Sendiri dengan Mudah

Roblox

Didirikan pada tahun 2006 oleh Roblox Corporation, platform ini telah berkembang menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

Dengan lebih dari 100 juta pengguna aktif setiap bulannya, Roblox menjadi sangat populer di kalangan anak-anak, remaja, hingga bahkan orang dewasa.

Roblox menyediakan berbagai game yang bisa dimainkan, termasuk di dalamnya seperti genre aksi, petualangan, puzzle, dan lain-lain. Selain bermain game, para pengguna juga dapat mengembangkan desain, model, item, dan avatar mereka sendiri lho!

Ini memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk berkarya dan membuat game idaman mereka sendiri. Dari sini, mereka pun bisa menghindari persaingan industri yang mungkin terlampau signifikan.

Baca juga: Rekomendasi Game Tycoon di Roblox Indonesia 2023

Pencipta Game Roblox

Pencetus Roblox adalah seorang sarjana Teknik Elektro bernama David Baszucki. Dapat dikatakan bahwa paltform ini sendiri merupakan project besarnya yang kedua sekaligus sebagai mahakarya.

Meski begitu, ia tidak semerta-merta menciptakan semua game yang tersedia satu persatu. Berlimpahnya varian game tersebut merupakan hasil dari para kolaborator yang mendedikasikan waktu serta sumber dayanya.

Biar enggak penasaran, berikut ini VCGamers sajikan beberapa developer game Roblox dengan game terlaris di platform tersebut. Cekidot!

Uplift Games

Uplift Games Roblox
Uplift Games Roblox. Sumber: YouTube/Uplift Games

Uplift Games didirikan oleh sekelompok pengembang game berbakat yang memiliki pengalaman kerja di industri game AAA.

Salah satu game Roblox terpopuler saat ini, yakni ‘Adopt Me!’, juga merupakan besutan mereka. Didirikan oleh NewFishy dan Bethink, jumlah pemain dari game tersebut saja telah mampu menyentuh angka 600 ribu pemain aktif setiap harinya.

Obscure Entity

Obscure Entity Roblox
Obscure Entity Roblox. Sumber: VCGamers

Selanjutnya adalah Obscure Entity, pengembang game Roblox yang terkenal dengan produk-produk unik nan menarik.

Beberapa di antara besutan mereka seperti Bubble Gum Simulator, Mining Simulator, dan Runway Rumble.

Dengan kepiawaiannya, ia juga pernah memenangkan penghargaan Builderman’s Award of Excellence tahun 2018.

Loleris

iorelis Roblox
iorelis Roblox. Sumber: VCGamers

ioleris adalah pengembang game Roblox asal Lithuania yang terkenal dengan game-game ber-genre aksi dan petualangan.

Beberapa produknya seperti Intense Sword Fighting, Darkness I-II, The Mad Murderer, dll. Dari game-game tersebut, ia bahkan mampu menghasilkan hingga USD 100 ribu di tahun 2017.

asimo3089

asimo3089 Roblox
asimo3089 Roblox. Sumber: VCGamers

Di tempat keempat ada seorang pengembang game Roblox yang terkenal dengan produk-produk besar. Salah satu game terkenalnya adalah Jailbreak, di mana pemain harus mencoba melarikan diri dari penjara dan menjadi penjahat atau polisi. Dari sana ia berhasil mendapatkan Builder of the Year Award tahun 2013.

Crazyman32

Crazyman32 Roblox
Crazyman32 Roblox. Sumber: VCGamers

Crazyman32 atau yang juga dikenal dengan sebutan sleitnick merupakan pengembang game Roblox yang terkenal dengan kanal YouTube dan tutorialnya. Beberapa gamenya yang berhasil sukses di pasaran seperti Perilous Skies dan Realistic Pinbal II. Kemampuannya dalam membuat game apik dan realistik menjadi nilai jual tersendiri.

D8Dev

D8Dev
D8Dev Roblox. Sumber: VCGamers

Lalu ada juga D8Dev, yang juga dikenal dengan nama d4rk886 atau dark886. Bernama asli John Yung, ia terkenal melalui game militer bertajuk Base Wars: The Land.

Selain game di atas, ia juga turut merilis beberapa game populer lain seperti Zealous Fighter, Invation Attack IIL Mutation, dan juga The Mystic Land 2.

alexnewtron

alexnewtron
alexnewtron Roblox. Sumber: VCGamers

Dan di tempat terakhir terdapat Alex Binello atau yang lebih dikenal dengan in-game name alexnewtron. Ia merupakan kreator sekaligus staff internal dari Roblox yang terkenal berkat karyanya yakni MeepCity. Dari produknya tersebut, ia pun berhasil mengantongi popularitas hingga lebih dari 2 miliar pengunjung.

Baca juga: Cara Main Roblox untuk Pemula, Biar Cepat Pro!

Top Up Robux Termurah dan Tercepat hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!