Panduan Pemula untuk Memainkan Roblox

Panduan Roblox

Jika ada satu platform game yang mulai mendapatkan daya tarik di antara anak-anak dan orang dewasa, itu pasti Roblox. Dikemas dengan berbagai bentuk permainan, Roblox adalah ‘Pusat’ untuk semua penggemar game yang ingin menjelajahi genre game yang dibuat dan dikuratori dari nol.

Meskipun pengenalan unduhan Synapse X telah meningkatkan pengalaman bermain game di Roblox, bisa dikatakan jika hanya sedikit orang yang masih bingung tentang dasar-dasar seputar game ini.

Jika kamu merupakan salah satu dari orang-orang yang tidak tahu banyak mengenai Roblox dan alur permainannya, kami mendukungmu. Panduan untuk pemula ini akan memberimu semua wawasan yang dibutuhkan.

Apa itu Roblox?

Panduan Roblox
Apa itu Roblox?

Jika istilah Roblox terdengar seperti istilah asing bagimu, jangan khawatir. Karena Roblox adalah platform game gratis untuk dimainkan. Di platform ini, para gamer dapat memanfaatkan perangkat lunak Roblox untuk membuat game mereka sendiri dan memainkannya juga.

Hebatnya, ini tidak hanya menyediakan platform hebat bagi para gamer untuk mengekspresikan kreativitas mereka, tetapi juga memungkinkan penggemar game dari seluruh dunia untuk mengakses berbagai game yang telah dibuat oleh sesama gamer dan bukan perusahaan besar.

Sesuai beberapa laporan, Roblox memiliki 67,3 juta pengguna harian di platformnya dan rata-rata 214 juta pengguna bulanan.

Baca juga: Cara Main Roblox untuk Pemula, Biar Cepat Pro!

Apakah Roblox Aman?

Setelah kamu mengetahui apa itu Roblox dan apa fungsinya, pertanyaan selanjutnya adalah tentang keamanan platform ini.

Pertanyaan paling umum yang diajukan orang adalah bertanya-tanya, “Apakah Roblox Aman?”

Hal yang hebat tentang Roblox adalah platform ini dibuat dengan mempertimbangkan keselamatan semua orang dan itu termasuk keselamatan anak-anak juga. Karena platform ini dikembangkan untuk anak-anak, tidak mengherankan jika kamu akan menemukan filter bahasa yang ketat dalam obrolan, kontrol orang tua, dll.

Selain itu, mereka juga tidak ragu untuk melarang pengguna yang akhirnya melanggar salah satu syarat dan ketentuan yang telah diberlakukan oleh administrator platform.

Apakah Roblox Platform Gratis?

Panduan Roblox
Roblox Adalah Platform Gratis

Roblox 100% gratis untuk membuat akun pilihanmu. Namun, beberapa aksesori di Roblox tidaklah gratis.

Agar anak atau kamu bisa mengakses fitur dan game tambahan, kamu harus membeli “Builder’s Club”, yang merupakan langganan berulang bulanan yang memberi akses ke Robux, yang merupakan fitur dalam game mata uang yang digunakan pada platform untuk melakukan pembelian yang berbeda.

Selain membeli item untuk game, Robux juga bisa digunakan untuk mengkustomisasi avatar mereka di Roblox.

Baca juga: Game Roblox Terbaik untuk Dimainkan Tahun 2023

Apakah Roblox Menawarkan Manfaat Pendidikan?

Mengingat fakta bahwa Roblox pada dasarnya adalah platform game yang berpusat pada anak-anak, tidak mengherankan jika satu pertanyaan yang ada di benak sebagian besar orang tua adalah mengenai signifikansi dan keuntungan menggunakan platform untuk bermain game.

Roblox lebih dari sekadar platform game. Ini adalah sebuah platform yang memungkinkan anak-anak melepaskan kreativitas mereka dan menemukan platform yang memungkinkan mereka memanfaatkan bahasa komputasi untuk menghidupkan visi game mereka.

Beberapa manfaat pendidikan Roblox meliputi:

  • Roblox memiliki editornya sendiri, yang memungkinkan anak-anak mengunduh elemen untuk membuat game dari awal.  Tujuan utama editor ini adalah membantu anak-anak menjadi lebih kreatif dan intuitif dengan ide-ide mereka.
  • Editor Roblox didasarkan pada bahasa komputasi atau skrip yang disebut Lua. Ini mungkin tidak membunyikan bel tetapi perusahaan atau platform seperti Adobe, Firefox, dll. Dibangun menggunakan bahasa scripting ini. Jadi, ketika anak-anak menghabiskan waktunya membuat dan mengembangkan permainan menggunakan Lua, itu memberi mereka keunggulan untuk masa depan mereka.
  • Roblox terintegrasi dengan berbagai aplikasi pendidikan, yang memberi anak-anak awal untuk belajar tentang desain level.

Sekarang, ini mungkin bukan “manfaat” konvensional yang kamu pikirkan. Namun, ini adalah beberapa pengetahuan dan keahlian yang akan dimanfaatkan anak-anak di masa depan seiring pertumbuhannya. Jadi, jika anak-anak memiliki minat untuk mengembangkan dan bermain game, terutama di Roblox, kami sarankan kamu untuk mendorong hasrat tersebut alih-alih mematikannya.

Bagaimana Cara Membuat Avatar dan Akun di Roblox?

Panduan Roblox
Cara Membuat Avatar Roblox

Sekarang sampai pada pertanyaan paling umum yang dimiliki orang tentang Roblox adalah “bagaimana cara memulai membuat akun dan avatar?”

Langkah-langkahnya cukup sederhana dan kami akan membahasnya secara rinci di bagian artikel ini.

Membuat akun baru:

  • Luncurkan aplikasi Roblox
  • Klik Sign in
  • Di bawah itu, isi semua bidang yang ditunjuk dengan informasi yang mereka minta. Kami menyarankan untuk tidak menggunakan nama aslimu untuk melindungi privasi online kamu di platform
  • Setelah selesai, klik Sign up

Setelah pendaftaran, kamu akan diarahkan ke beranda Roblox, yang seperti dasbor. Di sini, kamu bisa menavigasi dan menemukan semua game yang dapat kamu pertimbangkan untuk dimainkan.

Dasbor juga merupakan tempat kamu untuk menemukan pemain Roblox lainnya, dan teman, serta menambahkan mereka ke circle.

Membuat avatar baru:

  • Setelah kamu membuat akun, langkah selanjutnya adalah membuat avatar
  • Di beranda, klik ikon avatar yang ada di toolbar
  • Ini akan mengarahkanmu ke halaman baru tempat kamu dapat menyesuaikan avatar
  • Selanjutnya, klik Customize
  • Sesuaikan avatarmu seperti yang kamu inginkan dengan mengganti pakaian, menambahkan aksesori, mengubah warna kulit, dll
  • Setelah selesai menyesuaikan avatar, klik panah di sisi kiri atas untuk menyelesaikan penyesuaian

Dan, itu saja. Kamu sekarang sudah memiliki akun Roblox baru dan avatar juga sudah siap. Sekarang kamu bisa melanjutkan dan membuat atau memainkan berbagai game di platform.

Baca juga: Cara Melihat ID Roblox Sendiri dengan Mudah

Kesimpulan

Jika kamu  baru mengenal konsep Roblox dan tidak tahu harus mulai dari mana, kami harap artikel ini memberimu semua wawasan yang kamu cari. Satu-satunya hal yang kami sarankan untuk diprioritaskan adalah mengikuti langkah-langkah yang disebutkan.  Kamu ingin mengatur semuanya saat mengakses Roblox untuk pertama kalinya.

Jangan lupa untuk top up Robux yang mudah, cepat, dan aman hanya di VCGamers Marketplace!

Tetap ikuti VCGamers News untuk mendapatkan update terbaru mengenai games, teknologi, dan gadget.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!