Assassin’s Creed Mirage: Storyline, Gameplay dan Karakter

Assassins Creed Mirage

Assassin’s Creed Mirage adalah seri game terbaru dari franchise Assassin’s Creed yang baru saja dirilis pada 5 Oktober 2023.

Game ini dirilis untuk konsol game PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X/S, dan Microsoft Windows.

Ubisoft selaku pengembang dan penerbit game ini dikabarkan juga akan merilis Assassin’s Creed Mirage pada iPhone 15 yang akan rilis diawal tahun 2024.

Bagaimana storyline, gameplay, dan karakter dalam game ini? Jika kamu tertarik mencobanya, yuk simak uraian singkatnya dalam artikel dibawah ini!

Baca juga: Begini Gameplay Assassin Creed Rogue, Masih Worth It!

Storyline Assassin’s Creed Mirage

Storyline Assassins Creed Mirage
Storyline Assassins Creed Mirage. Source: Ubisoft/Youtube

Game ini berlatar di Baghdad pada masa keemasan Islam, khususnya periode Anarchy at Samarra, dimana terjadi ketidakstabilan internal yang ekstrim di masa Kekhalifahan Abbasiyah.

Timeline Mirage terjadi satu dekade sebelum peristiwa game Assassin’s Creed Valhalla. Kamu akan bermain sebagai Basim Ibn Ishaq yang disuarai oleh Lee Majdoub.

Basim awalnya adalah seorang pencuri jalanan di Kota Anbar. Meskipun hanya seorang pencuri, dirinya memiliki keinginan untuk bergabung dengan sebuah organisasi besar bernama The Hidden Ones.

Tidak mudah untuk bergabung dengan organisasi tersebut, dirinya ditolak mentah-mentah oleh Roshan yang merupakan senior cabang Kota Anbar.

Untuk membuktikan bahwa dia mampu bergabung, Basim mencoba mencuri sebuah artefak bersama teman masa kecilnya, Nehal.

Sayangnya, mereka berdua ketahuan oleh Khalifah saat itu, al-Mutawakkil. Panik, Nehal kemudian membunuh sang Khalifah untuk menyelamatkan Basim dan melarikan diri.

Sebagai pembalasan atas insiden tersebut, para penjaga mulai membantai semua pencuri yang ada di Kota Anbar. Basim dan Nehal berpisah, Basim kemudian dibantu melarikan diri dari kota oleh Roshant.

Basim kemudian bergabung dengan The Hidden Ones dan sebagai anggota baru, dia kemudian dilatih oleh Roshan.

Dari sudut pandang Basim, pemain akan diajak menjelajahi Kota Baghdad pada abad ke-9 sambil menyelidiki kota ini dan mengungkap kebenaran dibalik pemerintahannya.

Gameplay Assassin’s Creed Mirage

Gameplay Assasins Creed Mirage
Gameplay Assasins Creed Mirage. Source: Ubisoft/Youtube

Seperti game-game sebelumnya, Assassin’s Creed Mirage kembali membawakan gameplay yang berfokus pada stealth combat.

Elemen lain yang dibawakan dalam game ini selain stealth combat adalah parkour dan pertarungan jarak dekat yang memanfaatkan senjata.

Seperti protagonis dari seri Assassin’s Creed sebelumnya, Basim juga dilengkapi oleh banyak senjata peralatan seperti Assassin Hidden Blade yang khas, bom asap, dan pisau lempar.

Basim menggunakan pedang
Basim menggunakan pedang sebagai salah satu senjatanya. Source: Ubisoft/Youtube

Setiap senjata dan alat yang ada dalam game ini bisa ditingkatkan melalui skill tree yang bisa menambahkan berbagai efek.

Untuk misi dalam game, Mirage mengadopsi desin “Black Box” seperti yang terlihat dalam Assassin’s Unity dan Syndicate.

Konsep ini memungkinkan pemain untuk menjelajah lingkungan sekitar dan menggunakan berbagai cara untuk mencapai dan mengeliminasi target.

Mirage juga memperkenalkan fitur baru dari game ini, “Assassin Focus” yang memungkinkan pemain mengeliminasi banyak lawan dalam satu waktu dengan cara membunuh secara sembunyi-sembunyi.

Mode Assassins Focus
Mode Assassins Focus. Source: Ubisoft/Youtube

Saat mengaktifkan fitur ini, waktu akan terhenti dan pemain bisa menandai hingga lima lawan yang akan dibunuh oleh Basim secara cepat.

Basim juga memiliki akses Eagle Vision dan seekor burung pendamping bernama Enkidu. Enkidu adalah seekor elang yang bisa dimanfaatkan untuk mengintai lingkungan sekitar.

Assasin's Creed Mirage - Enkidu
Enkidu mengintai lingkungan sekitar. Source: Ubisoft/Youtube

Baghdad sendiri sebagai latar tempat dari game ini dilengkapi fitur baru berupa tiang yang tersebar diberbagai lokasi untuk melintasi celah yang lebar.

Animasi pergerakan dari karakter dalam Assassin’s Creed Mirage ini juga telah disempurnakan sehingga memudahkan mobilitas pemain dalam game.

Baca juga: Assassin Creed Revelations, Nikmati Masa Lampau Nintendo Switch!

Karakter Dalam Game Assassin’s Creed Mirage

Karakter Assassins Creed Mirage
Karakter Assassins Creed Mirage. Source: ubisoft.com

Berdasarkan website resmi Assassin’s Creed Mirage, terdapat sebanyak empat karakter yang menjadi highlight dari game ini. Berikut adalah karakter utamanya:

Basim

Tokoh utama dalam Assassin’s Creed Mirage, Basim lahir di Samarra. Dia kehilangan ibunya pada usia muda dan menjadi pencuri jalanan untuk menghidupi kehidupannya di Baghdad.

Basim memiliki ketertarikan pada organisasi The Hidden Ones, dimana dia mempunyai mimpi untuk menjadi salah satu anggotanya.

Roshan

Roshan adalah anggota senior dari The Hidden Ones yang ditempatkan pada cabang Kota Anbar. Dia adalah orang yang menolak Basim bergabung saat pertama kali ingin bergabung dengan organisasi.

Setelah menyelamatkan Basim dari kota, Roshan kemudian memutuskan untuk menjadi mentor untuk mengajari Basim berbagai keterampilan.

Nehal

Merupakan teman semasa kecil dari Basim. Mereka berdua telah lama berteman dan hidup bersama – sama di jalanan.

Dia adalah seorang penyendiri yang keras kepala namun memiliki pendirian yang teguh. Nehal selalu memperingatkan Basim untuk tidak mempercayai siapapun kecuali dirinya sendiri.

Ali

Seorang pemimpin dari pemberontakan Zanj. Selain sangat pandai dan merupakan orang terpelajar, Ali memilih untuk berperang secara tegas dan tanpa henti melawan khalifah.

Dia bekerja bersama dengan The Hidden Ones namun tidak mengikuti kepercayaan mereka. Bagi Ali, kebebasan berjalan tanpa batas apapun.

Baca juga: 5 Senjata Legendaris Assassin’s Creed Valhalla.

Nah itulah pembahasan singkat tentang storyline, gameplay, dan karakter dari Assassin’s Creed Mirage. Sudahkah kamu memainkan game ini?

Untuk kamu yang sedang mencari tempat top up game banyak promo, murah dan cepat, yuk kunjungi VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!