inZOI: Game Simulasi Kehidupan KRAFTON Pesaing The Sims

inzoi interaction trailer

Pecinta game simulasi realita seperti franchise The Sims sepertinya perlu mengantisipasi game baru dari KRAFTON yang bernama InZOI.

Studio dan pengembang game asal Korea Selatan ini mungkin lebih kamu kenal dengan game survival ternama PUBG.

Namun pada akhir November kemarin, studio ini merilis trailer perdana mengenai inZOI dan sedikit cuplikan terkait game tersebut.

Seperti apa game simulasi yang akan dirilis di tahun 2024 mendatang ini? Baca selanjutnya artikel ini ya!

Baca juga: Krafton Akuisisi Developer Game 5minlab, Pengembang PUBG Berkembang Pesat!

inZOI: Gameplay, Tanggal Rilis, Platform, dan Lainnya

Seperti Apa Game Simulator inZOI?

krafton pubg new game inzoi
inZOI Trailer (source: KRAFTON)

Pangsa game simulasi kehidupan atau disebut life simulator ini memang dikuasai oleh game dari studio EA yaitu The Sims.

Sampai saat ini kepopuleran The Sims memang masih cukup tinggi, mengingat game tersebut sudah memiliki banyak versi dan DLC yang bervariasi.

Namun, sepertinya studio EA perlu segera mengeluarkan versi terbaru mengingat terakhir The Sims 4 dirilis pada 2014 dan baru mengumumkan The Sims: Project Rene.

Project Rene sendiri masih dalam pengembangan yang belum diketahui kapan akan dirilis, tentunya keadaan ini akan membuat pamor The Sims mudah disusul berbagai pesaing seperti game inZOI ini.

KRAFTON, perusahaan game di balik fenomena global PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) ini mulai dengan berani merilis game dengan genre tersebut.

Proyek ambisius ini bertujuan untuk mendefinisikan kembali genre ini dengan menghadirkan tingkat kehidupan realistis, sehingga pemain bisa merasakan dan merancang kehidupan yang diinginkan. 

Game ini tentunya menggunakan game engine paling terbaru yaitu Unreal Engine 5  Dengan itu, game yang menggunakan karakter 3D ini semakin terasa realistis dengan detail yang rinci.

Baca juga: Cara Mengadopsi Anak di The Sims 4, Mudah!

Platform dan Tanggal Perilisan Game

life simulation game inzoi
Contoh Mode Desain (source: KRAFTON)

inZOI dijadwalkan akan dirilis pada akhir tahun 2024. Kemungkinan, game akan dirilis di antara Quarter 3 dan Quarter 4 tahun depan. 

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa game tersebut bisa dirilis pada Quarter kedua di 2024.

Terkait platform apa yang bisa kamu mainkan nanti, mengingat game menggunakan Unreal Engine 5 tentunya akan membutuhkan persyaratan grafis dan sistem yang luamyan kompleks.

Sehingga  game ini kemungkinan akan dirilis untuk PC dan konsol generasi berikutnya seperti PlayStation 5 dan Xbox Series X/S.

Gameplay inZOI

inzoi career
Jalur Karir Menjaga Convenience Store (source: KRAFTON)

inZOI sendiri diperkenalkan sebagai adalah game simulasi dimana memiliki gameplay seorang pemain akan menjadi karakter di sana atau yang disebut sebagai ZOI.

ZOI akan mempresentasikan kehidupan virtual yang akan diatur oleh pemain. Jadi kamu bisa dengan bebas menentukan karakter, umur, penampilan, dan hal yang berkaitan dengan ZOI kamu.

Gameplay game ini seperti game simulasi pada umumnya dimana kamu akan menjalankan kehidupan ZOI kamu di semua hal. ZOI tentunya akan bisa bertambah usia, menikah, memiliki anak, bekerja dan lainnya.

Tentunya jika kamu sering bermain dengan game yang memiliki genre serupa, kamu pasti akan dengan mudah memainkan game ini.

Dengan bentuk open-world kamu bebas mengeksplorasi berbagai tempat yang ada di game dan bepergian untuk melakukan kegiatan lainnya.

Tentunya kamu bisa berinteraksi dengan NPC dan kemungkinan untuk berinteraksi dengan sesama pemain lainnya.

Baca juga: Daftar Lengkap Senjata Sniper PUBG 2023

Fitur Utama

inzoi open world
Mode Mengatur Cuaca (source: KRAFTON)

Ada beberapa fitur utama yang membuat inZOI menurut VCGamers akan menjadi game unggul dibandingkan game simulasi kehidupan yang sudah dirilis sebelumnnya yaitu:

Penciptaan Karakter

Pencipta karakter inZOI sangat detail dimana kamu bisa menyesuaikan setiap aspek penampilan karakter ZOI.

Aspek tersebut mulai dari fitur wajah,  karakter, perilaku, kesukaan, warna kulit, postur tubuh, pakaian, riasan, dan aksesori. 

Tingkat personalisasi ini memungkinkan terciptanya individu yang realistis dimana kamu akan mendapatkan lingkaran warna untuk mengubah semua hal sesuai yang kamu inginkan dan membuatnya lebih bervariasi.

Director Mode

Fitur inovatif ini memberi kamu kendali seperti dewa atas dunia game inZOI nanti. 

Kamu dapat dapat memanipulasi waktu, cuaca, dan bahkan tindakan karakter non-pemain atau NPC dengan menyusun narasi unik dari latar belakang NPC itu sendiri.

Jalur Karir

inZOI menawarkan beragam pilihan karir yang memungkinkan kamu  untuk mengejar pekerjaan yagn kamu inginkan.

Kamu bisa bekerja di supermarket, penulis, pengusaha, dokter, bahkan menjadi artis terkenal dan idol populer.

Hobi dan Keterampilan

Para ZOI di game inZOI ini bisa kamu dukung untuk mengembang berbagai mendorong pemain untuk mengembangkan minat dan bakat karakter mereka. 

ZOI dapat mengembangkan keterampilan dalam berbagai hobi, seperti melukis, memasak, memainkan alat musik, atau berolahraga.

Lingkungan Open World dan Mode Multiplayer

Dunia game di inZOI sangat luas dan tentunya akan menawarkan kebebasan kepada kamu serta pemain lainnya untuk menjelajahi dan menemukan banyak rahasia. 

ZOI kamu nanti bisa juga melakukan berbagai interaksi seperti manusia bisa dengan sesama pemain maupun NPC, menjelajahi berbagai lokasi tersembunyi, dan kamu bisa menata dunia sesuai dengan landskap dan bentuk sesuai keinginan.

KRAFTON juga akan memberikan mode multiplayer pada inZOI. Dengan mode ini, kamu bisa menambahkan pengalaman simulasi kehidupan dengan sesama pemain.

Kamu dapat terhubung dengan orang lain secara online, berbagi kreasi pakaian atau rumah yang menarik, dan berkolaborasi dalam cerita kehidupan ZOI kamu.

Baca juga: Rilis Global 2024, Ini Semua Informasi Tentang Blue Protocol!

Demikian pembahasan dan informasi mengenai game terbaru KRAFTON yaitu inZOI. Temukan berbagai produk digital dan top up game banyak promo, murah dan cepat di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!