Krafton Akuisisi Developer Game 5minlab, Pengembang PUBG Berkembang Pesat!

krafton akuisisi 5minlab 2022

Pengembang dan perilis mobile game terkenal PUBG, Krafton, resmi umumkan kembali mengakuisisi developer game lainnya. Krafton akuisisi saham dari pengembang dibalik game Smash Legend yaitu 5minlab dengan total saham sebesar $19,9 juta USD.

Sebelumnya, Krafton mengakuisisi perusahaan lainnya pada 2021 yaitu Unknown Worlds. 5minlab menjadi perusahaan kedua yang Krafton akuisisi dalam berapa bulan terakhir ini.

Perusahaan yang sebelumnya menggunakan Bluehole adalah perusahaan video game asal Korea Selatan yang terkenal karena mengembangkan TERA dan PUBG: Battlegrounds. Krafton akuisisi perusahaan lainnya juga semakin gencar di beberapa tahun terakhir.

Krafton Akuisisi 5MinLab

Krafton Akuisisi 5minlab pembuat smash legends
PUBG: Battlegroungs, Game terkenal Krafton

Pengumuman Krafton akuisisi 5 MinLab diumumkan pada Senin, 14 Februari 2022 lalu. Pembuat video game battle royale PUBG: BATTLEGROUNDS dan New State ini, bertujuan mendukung tujuan Krafton untuk memperkuat kemampuan terkait game.

5minlab sendiri adalah developer game (pengembang game) berbasis di Korea Selatan yang sama dengan Krafton.

Developer game ini dikenal secara global game Smash Legends, sebuah action game PvP. Smash Legends bisa kamu mainkan di smartphone OS Android dan iOS dan Steam.

5minlab didirikan pada tahun 2013 dan telah terbukti berpengalaman dalam mengembangkan dan melayani game lintas platform seperti Smash Legends serta Como in Adventure, Brickscape, dan Express Thru.

Total saham yang Krafton akuisisi sebesar 100% dari total saham yang dimiliki 5minlab, dan 5minlab mendapatkan pendapatan sebesar $19,9 juta USD dari total saham yang yang diakuisisi Krafton.

CH Kim, selaku CEO Krafton, Inc. mengatakan, “Berdasarkan bagaimana 5minlab menghadapi tantangan yang berani dan tumbuh secara signifikan sejak didirikan pada tahun 2013, Krafton percaya bahwa kami memiliki banyak tujuan dan aspirasi yang sama dalam hal pengembangan game,”

“Melalui peristiwa Krafton akuisisi 5minlab, pengembangan game akan semakin berkembang karena mendapatkan studio independen dengan pengembang luar biasa yang memiliki keterampilan teknis yang sangat baik. Dengan dukungan kami, kami hanya berharap untuk mendorong kemampuan 5minlab untuk membuat judul baru yang menarik.”

Moon-hyoung Park, selaku CEO 5minlab, menyambut baik usaha Krafton akuisisi perusahaannya tersebut. Akuisisi diharapkan akan mengembangkan potensi keduaiperusahaan dalam pengembangan game agar semakin maju.

Ceo 5minlab menambahkan bahwa Krafton merupakan perusahaan game yang telah Selain menjadi perwakilan perusahaan game Korea Selatan yang telah mencapai kesuksesan global sehingga perluasan pasar untuk 5minlab akan semakin baik.

5minlab tentunya mendukung komitmen Krafton untuk memperkuat teknologinya dan mengembangkan kemampuan pengembangan game akan semakin berkembang.

Perisitiwa Krafton akuisisi 5minlab ini diharapkan akan membuat variasi game yang lebih variatif dengan kualitas yang tentu lebih berkualitas, mengingat dengan banyaknya pengalaman 5minlab di bidang pengembangan teknologi dan teknologi operasi global akan membantu KRAFTON memperkuat keunggulan kompetitifnya.

Perusahaan yang Krafton Akuisisi Sebelumnya

Krafton Akuisisi Unknown worlds
Game Subnautica milik Unknown Worlds, Studio yang Krafton Akuisisi

Oktober 2021 lalu, Unknown Worlds juga Krafton Akuisisi. Unknown Worlds menjadi studio keenam yang Krafton akuisisi berapa tahun kebelakang dan dengan ditambahkannya 5minlab menambah perusahaan dibawah akuisisi Krafton.

Unknown Worlds sendiri adalah studio pengembangan game pengembang yang paling terkenal adalah Subnautica, yang diluncurkan pada akses awal pada tahun 2014 dan telah terjual lebih dari 5 juta unit pada Januari 2020.

Studio developer game ini juga telah merilis game lain seperti Natural Selection 2, dan awal tahun ini merilis lanjutannya. ke Subnautica, disebut Subnautica: Below Zero. Krafton tampaknya bermaksud agar studio mendiversifikasi portofolio IP perusahaan.

Sampai saat ini belum diketahui apa yang akan dikembangkan oleh Unknown Worlds di bawah naungan Krafton dan hasil dari akuisisi ini. Kabar yang terdengar dari Krafton hanya sedang mengembangkan game baru yang rencananya akan diluncurukan pada awal tahun 2022 ini.

Tercatat telah ada 6 perusahaan (studio) yang telah Krafton akuisisi yaitu : PUBG Studio, Bluehole studio, Risingwings, Striking distance studios, Dreamotion, dan Unknown Worlds.

Studio-studio tersebut terkenal dengan variasi game yang luar biasa. Bisa dipastikan Krafton akan terus berkembang dan kemungkinan Krafton akuisisi perusahaan lain kedepannya akan semakin tinggi dan semakin gencar.

Adanya akuisis ini juga menunjukan perkembangan Krafton tetap melesat meski sedang ditimpa masalah yaitu pemblokiran di India lalu dan juga masalah dengan Garena. Krafton sendiri sedang terlibat masalah dengan Garena, perusahaan perilis Free Fire. Perusahaan menggunggat adanya plagiat dari Free Fire terhadap game PUBG: Battlegrounds dalam semua komponen mulai dari grafis hingga gameplay.

Baca juga : Berita dan Update Terkini India blokir Free Fire

Rencana Krafton Kembangkan Metaverse

Krafton akuisisi perusahaan lain juga diikuti dengan rencana perusahaan berencana untuk membangun platform Metaverse.

Kerja sama pengembangan ini dilakukan bersama dengan NAVER Z, operator platform metaverse Asia terkemuka ZEPETO, yang dikatakan telah menarik lebih dari 290 juta pengguna di seluruh dunia.

ZEPTO adalah dunia virtual yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi satu sama lain melalui avatar 3D menggunakan teknologi AR.

Krafton akuisisi berbagai studio ini bertujuan dan berhubungan dengan rencana pengembangan Metaverse tadi.

Krafton bermaksud mengembangkan pembuatan konten yang dibuat pengguna dan dunia virtual menggunakan Unreal Engine Epic Games, sementara NAVER Z akan bertanggung jawab mengelola layanan Metaverse plus layanan komunitas dan sosial.

Kerja sama antara kedua perusahaan didukung oleh keahlian unik masing-masing perusahaan dan berbagi fokus global saat mereka melihat ke arah masa depan yang didorong oleh NFT dan Metaverse.

Metaverse adalah ruang virtual 3D tempat pengguna dapat bersosialisasi, bermain, dan bekerja dimana semua pengguna akan bertemu dan terhubung di seluruh dunia lewat internet.

Perusahaan teknologi banyak yang bertaruh besar pada perkembangan Metaverse. Perusahaan tersebut adalah Microsoft, Epic Games, dan Bandai Namco.

NFT (Non-Fungible Token) adalah unit data unik yang tidak dapat dipertukarkan. NFT disimpan di blockchain yang secara efektif memungkinkan pengguna untuk memiliki, membeli, dan menjual item digital seperti item dalam game atau karya seni.

Banyak perusahaan game telah ikut mulai menjual item digital sebagai NFT, seperti Ubisoft dan Konami. Square Enix juga dikabarkan telah menyatakan antusiasmenya terhadap tren teknologi ini dan akan ikut dalam persaingan.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!