Rekomendasi Game PC Terbaik Seperti Civilization

Game mirip Civilization

Jika kamu adalah penggemar Civilization, maka kamu mungkin sedang mencari rekomendasi game terbaik seperti game tersebut.

Civilization sendiri adalah seri game bergenre Turn Based Strategy yang dibuat oleh desainer game legendaris Sid Meier.

Tujuan utama dari game ini adalah untuk membangun kekaisaran dan mempertahankannya selama mungkin dengan berbagai cara, termasuk dengan jalur perang.

Untuk kamu yang mencari game dengan genre dan konsep serupa, berikut adalah rekomendasi game terbaik seperti Civilization!

Baca juga: 5 Game Android Terbaik Seperti Game Civilization

Rekomendasi Game Terbaik Seperti Civilization Paling Seru

Sebagai game strategi, Civilization memiliki berbagai sistem yang agak rumit dimana setiap langkah yang diambil bisa membawa pengaruh yang besar pada kerajaan yang kamu bangun.

Kamu bisa membangun hubungan diplomasi dengan wilayah tetangga dengan lancar, tapi pada saat tertentu adakalanya semua harus berakhir dalam perang. Semua tergantung strategi yang kamu pilih!

Untuk kamu yang sedang mencari game seperti Civilization, berikut adalah rekomendasi yang harus kamu coba mainkan:

Crusader Kings III

Game mirip Civilization - Crusader King 3
Crusader King 3. Source: Steam

Rekomendasi game yang pertama adalah Crusader Kings III yang dirilis oleh Paradox Interactive pada 1 September 2020.

Disini kamu bisa memilih rumah bangsawanmu dan mulai membangun kerajaan dengan memperluas wilayah dan mempertahankannya hingga beberapa generasi kedepan.

Kamu bisa berdiplomasi dengan kerajaan tetangga, mengirim surat ancaman, bahkan melenyapkan siapapun yang menghalangi jalanmu.

Masing-masing karakter di dalam game ini juga terasa lebih hidup dengan kebiasaan dan gaya hidup berbeda yang menentukan bagaimana mereka akan bertindak di istana.

Tidak hanya melibatkan orang-orang penting dari kerajaan, kamu juga bisa memilih bekerjasama dengan karakter NPC maupun mengkhianati mereka demi kelancaran rencanamu.

Total War: THREE KINGDOMS

Game mirip Civilization - Total War: THREE Kingdom
Total War: THREE KINGDOMS. Source: Steam

Salah satu game terbaik yang mirip Civilization adalah Total War: THREE KINGDOMS yang mengangkat tema konflik epik dari seluruh daratan Cina kuno.

Terdapat 12 panglima legendaris yang bisa kamu pilih untuk menyatukan Cina dibawah kekuasaanmu dan membangun dinasti yang bisa bertahan selama berabad-abad.

Kamu bisa merekrut berbagai karakter heroik kedalam barisan pasukan untuk membantumu mendominasi lawan.

Dengan gameplay turnbased yang dikombinasikan dengan pertarungan real-time, setiap tindakan yang kamu ambil akan mendapatkan konsekuensi lebih besar dan bisa berpengaruh terhadap hero disekitarmu.

Tidak hanya bertumpu pada gameplay saja, game ini juga menampilkan visual yang menawan dengan artwork otentik khas Cina. Dijamin, kamu akan betah!

Humankind

Game mirip Civilization - Humankind
Humankind. Source: Steam

Humankind adalah game bergenre Turn-Based Strategy yang menggabungkan 60 kebudayaan dari era kuno hingga modern didalamnya.

Dalam game ini, kamu akan bermain dalam beberapa era bersejarah dimana kamu harus mengembangkan peradabanmu sendiri dengan berbagai sistem menarik.

Seiring berjalannya permainan, kamu akan mendapatkan berbagai sumber daya yang bisa digunakan untuk memajukan peradaban.

Kamu akan bermain sebagai seorang pemimpin dari suatu masyarakat. Humankind memberikan banyak kebebasan untuk mengatur visual dari karakter sesuai dengan yang pemain inginkan.

Untuk kamu yang tidak suka bermain sendiri, game ini menghadirkan fitur multiplayer yang bisa menampung hinata 8 orang pemain.

Battle Brothers

Game mirip Civilization - Battle Brothers
Battle Brothers. Source: Steam

Rekomendasi game terbaik seperti Civilization selanjutnya adalah Battle Brothers yang dikembangkan dan dirilis oleh Overhype Studios pada tahun 2017.

Tidak lagi membangun sebuah kerajaan, kamu sekarang adalah seorang pemimpin dari perusahaan yang menyewakan tentara bayaran pada abad pertengahan.

Kamu akan menentukan kemana kamu akan pergi, siapa yang akan kamu rekrut atau lawan dan bagaimana kamu akan melatih pasukanmu agar bisa membawa kemenangan dari medan perang.

Game ini menampilkan berbagai perlengkapan dan senjata yang unik seperti kapak untuk menghancurkan perisai dan palu gada untuk merusak baju zirah milik tentara lawan.

Setiap karakter yang ada dalam game ini berasal dari latar belakang yang berbeda. Mulai dari seorang penangkap tikus yang gagap hingga bangwasan pemabuk yang terbuang semuanya bisa kamu rekrut!

Solium Infernum

Game mirip Civilization - Solium Infernum
Solium Infernum. Source: Steam

Rekomendasi game terbaik seperti Civilization yang terakhir adalah Solium Infernum yang baru seja dirilis pada 23 Februari lalu.

Dalam game ini kamu bisa bermain sebagai satu dari delapan Archfiends yang harus bertahan mengamankan tahta dari Hell dengan menghadapi 5 rival dalam prosesnya.

Seperti Civilization game ini juga memuat unsur diplomatis dan peperangan dimana kamu dapat melakukan berbagai cara untuk mendapatkan mahkota dari Hell’s Dark Majesty.

Kamu bisa memerintahkan pasukanmu untuk mengambil alih wilayah musuh, mempraktekan ritual jahat dan memperdaya musuh yang menghalangi jalanmu.

Jika kamu adalah penyuka game konsep Dark Fantasy dengan sentuhan politik dan strategi yang kental, maka Solium Infernum adalah pilihan terbaik!

Baca juga: Rekomendasi Game Perang Terbaik Tahun 2024

Nah, itulah rekomendasi game turnbased strategy terbaik seperti Civilization. Dari daftar diatas, mana yang ingin kamu coba?

Jika kamu sedang mencari tempat top up kebutuhan game yang aman dan terpercaya, ayo top up di VCGamers Marketplace sekarang!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!