5 Daftar Games Edukasi Mobile Terbaik 2024, Auto Makin Pinter!

games edukasi (4)

Saat ini banyak sekali games-games yang dibuat untuk mobile, di mana games ini bisa dimainkan untuk anak-anak bahkan orang dewasa, termasuk games edukasi.

Biasanya yang sering bermain games ini adalah kalangan anak-anak, dimana masih harus selalu diawasi oleh orangtuanya ketika bermain game.

Maka dari itu, peran orangtua disini sangat penting sekali untuk memilih games yang bisa mengedukasi anak.

Sebenarnya games edukasi ini tak selalu dimainkan oleh anak-anak, akan tetapi games ini juga bisa dimainkan oleh orang dewasa.

Bagi kamu yang sedang mencari games-nya, di artikel ini akan memberikan rekomendasi games-nya!

Baca juga: 5 Mini Game Edukasi yang Cocok untuk Anak-Anak

Daftar Games Edukasi Terbaik

games edukasi (3)
Board Games (Source: Ashwal Academy Nairobi)

Di bawah ini merupakan daftar games edukasi terbaik 2024 yang bisa dimainkan di smartphone Android dan iOS. Apa saja kira-kira?

Monument Valley II

games edukasi (6)
Monument Valley II (Source: Steam)

Untuk game edukasi terbaik yang bisa dimainkan di Android dan iOS adalah Monument Valley II yang dirilis pada 6 Juni 2017 lalu oleh Ustwo Games.

Monument Valley II ini bergenre Puzzle dan Adventure yang menawarkan pengalaman visual grafik yang sangat keren dan memukau.

Di sini kamu akan memainkan dua karakter yaitu Ro dan anaknya yang akan membangun struktur arsitektur dengan rencana bentuk yang sudah dìbuat sebelumnya.

Setiap tingkat akan dibuat dengan bangunan yang indah serta harus memecahkan teka-teki membingungkan.

Salah satu hal yang menarik dari game ini adalah menawarkan artistik yang unik dengan cerita yang mendalam dari kedua karakter.

Unsur edukasinya akan mengajak-mu untuk meningkatkan kemampuan problem solvingnya dengan memecahkan teka-teki sulit yang akan melatih pemikiran mereka.

Peak – Brain Games & Training

games edukasi (7)
Peak (Source: Peak.net)

Untuk game edukasi terbaik kedua adalah Peak – Brain Games & Training yang dirilis pada 25 September 2014 oleh Brainbow Limited.

Genre dari Peak – Brain Games & Training ini adalah edukasi, puzzle dan pelatihan otak yang bisa dimainkan di Android dan iOS.

Pada gameplay-nya sendiri, Peak – Brain Games & Training ini menawarkan banyak sekali permainan otak untuk meningkatkan skill kognitif seperti misalnya memori, kreativitas serta bahasa.

Di sini juga kamu bisa memilih aktivitas harian yang disesuaikan dengan game yang dipilih serta menyajikan tantangan untuk melatih otak mereka.

Hal unik dari games ini karena memiliki berbagai tugas dan mini-games yang sangat bermacam-macam.

Selain itu juga, adapun fitur menarik dari Peak – Brain Games & Training yang akan membantumu dalam melatih otakmu.

Tentu saja, bagi kamu yang tak ingin bermain sendirian. Pada Peak – Brain Games & Training ini bisa dimainkan secara multiplayer, lho!

Unsur edukasi yang terdapat pada Peak – Brain Games & Training berfokus pada tugas-tugas yang bisa melatih otak dan merancang strategi dan adanya soal latihan yang bisa memperbaiki skill kognitif-mu.

Baca juga: 5 Daftar Permainan Matematika Terbaik 2023, Makin Genius!

Toca Life World – Build a Story

games edukasi (2)
Toca Life World (Source: Toca Boca)

Selanjutnya game edukasi terbaik yang bisa dimainkan ketika gabut adalah Toca Life World yang dirilis oleh Toca Boca pada 23 November 2018.

Toca Life World ini bisa dimainkan pada smartphone Android dan iOS dengan genre yang sangat seru yaitu Simulasi Kehidupan dan Edukasi.

Gameplay-nya sendiri pemain bisa berpetualang dan berinteraksi dengan karakter yang ada pada Toca Life World.

Tentunya, kamu bisa membuat cerita sendiri dengan karakter pilihan mereka serta mengkombinasikan berbagai set Toca Life yang bervariasi.

Setiap set-nya akan memiliki tema tertentu seperti misalnya rumah, sekolah bahkan taman bermain.

Paling unik dari Toca Life World ini adalah bisa berkreativitas sekreatif mungkin untuk menciptakan dunia game sendiri dan bisa mengeksplor aktivitas yang ada disana untuk membantu skill komunikasi dan kreativitas-mu.

Unsur edukasi yang ada pada Toca Life World ini akan mengajak-mu untuk berkreasi dan berimajinasi untuk mengelola dunia virtual.

Tentu, di sini juga kamu bisa berinteraksi, mengasah problem solving dan berorganisasi dengan karakter lainnya.

Sago Mini World

games edukasi (1)
Sago Mini World (Source: Sago Mini)

Sebagai game edukasi terbaik yang keempat adalah Sago Mini World yang dirilis pada 13 Juni 2018 oleh Sago Mini.

Genre game ini cukup seru karena sangat interaktif banget untuk anak-anak dan mengedukasi juga yang bisa dimainkan di smartphone Android dan iOS.

Sago Mini World adalah rangkaian game interaktif untuk anak-anak dengan memberikan visual dan grafis yang menarik.

Games Sago Mini World ini akan sangat seru dimainkan untuk anak-anak karena menyediakan games yang berbeda-beda seperti memasak, berkebun dan memberikan pengobatan medis.

Tentunya, anak-anak bisa berpetualang dan berinteraksi dengan objek serta karakter yang berbeda-beda disana.

Unsur edukasi pada game ini adalah anak-anak bisa merancang game sendiri dan bisa mengembangkan kreativitas hingga berpikir kritis untuk memecahkan masalah disana.

Kahoot!

games edukasi (5)
Kahoot! (Source: Tech and Learning)

Siapa nih yang pernah mencoba games Kahoot! di sekolah? Mungkin beberapa dari kamu pernah memainkan games edukasi satu ini.

Kahoot! dirilis pada Maret 2013 silam yang dikembangkan sekaligus diterbitkan oleh developer game yang sama yaitu Kahoot!

Untuk genre game Kahoot! ini adalah edukasi dan kuis interaktif yang bjsa dimainkan di smartphone Android, iOS dan browser.

Pada gameplay-nya sendiri adalah menyajikan kuis-kuis interaktif yang memungkinkan-mu turut berpartisipasi untuk menjawab semua pertanyaan dalam kuis tersebut dengan menggunakan smartphone-mu.

Selain itu juga, hal ini biasa digunakan oleh guru, dosen dan pengajar untuk menyajikan pertanyaan dalam bentuk games yang bisa dijawab melalui smartphone oleh para siswanya.

Setelah permainan selesai, akan menampilkan skor dari seluruh peserta yang menjawab pertanyaan dari games Kahoot! tersebut.

Secara tidak langsung, game ini memberikan pengalaman yang mendidik dan sangat kompetitif terhadap pembelajaran bagi siapapun yang memainkannya.

Unsur edukasi yang ada pada games Kahoot! ini akan menghidupkan suasana kelas dan meningkatkan motivasi pembelajaran kepada anak-anak.

Selain itu juga, dengan memainkan Kahoot! ini akan meningkatkan pemahaman konsep dan memperkuat skill kognitif dari tantangan disana.

Baca juga: Main Game Memori: Pelatihan Otak, Dijamin Makin Cerdas!

Itulah 5 daftar games edukasi terbaik 2024 yang bisa dimainkan di Android dan iOS. Kamu sudah coba yang mana, nih?

Segera top up game dan beli kebutuhan produk digital termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!