10 Game Crossplay Terbaik 2024

Crossplayer Game

Game crossplay atau yang sering disebut cross platform pada game adalah sebuah fitur yang memungkinkan para pemain bermain secara bersamaan meskipun platform bermain mereka berbeda. 

Fitur yang seperti ini adalah yang paling diinginkan oleh para gamer. Karena banyak gamer yang memainkan game sama tapi platform untuk bermain mereka berbeda. 

Salah satu contoh game yang didukung dengan fitur Crossplay adalah Dota Underlords. Game ini mempunyai fitur crossplay sehingga para pemain bisa bermain bersama meskipun mereka bermain melalui PC dan smartphone

Umumnya game yang punya fitur cross platform ini bisa dimainkan lewat Xbox, dan Playstation terbaru, PC maupun smartphone.  Yuk simak ulasan lengkapnya!

Baca juga: 5 Games Aman untuk Anak Terbaik 2024, Seru dan Edukatif!

10 Game Crossplay Terbaik 2024

Penasaran apa saja game crossplay yang bisa kamu mainkan bersama teman mu meskipun beda platform? Langsung saja simak penjelasan di bawah ini: 

Tekken 8 

Game Crossplay Tekken 8
Tekken 8 Characters. Sumber:VG247

Mengutip dari escapistmagazine.com, Tekken 8 saat ini mendukung fitur crossplay. Sehingga sekarang para penggemar Tekken bisa memainkan game ini tanpa harus menyesuaikan platform yang mereka gunakan seperti PC, PS5, dan Xbox Serie X/S.

Pada seri sebelumnya jika ingin bermain bersama teman, kamu harus menggunakan platform yang sama agar bisa saling bertarung.

Baca juga: 30 Karakter Tekken 8 Terlengkap Beserta Kekuatannya

Minecraft 

Minecraft Game Crossplay
Game Minecraft. Source: Steam

Bagi kamu yang gemar mengasah kreativitas maka bermain game Minecraft adalah pilihan yang tepat.

Game karya Mojang ini memungkinkan kamu membangun kastil, menjelajah dungeon, dan banyak objek unik lainnya. 

Semenjak Microsoft menjalin kerjasama dengan Nintendo permainan ini kini mendukung fitur cross platform.

Sehingga para penggemar Minecraft bisa bermain bersama meskipun mereka bermain dari platform yang berbeda. Kamu bisa bermain bersama melalui PC, Switch maupun Xbox dengan teman-teman kamu. 

Phantasy Star Online 2

Phantasy Star Online
Phantasy Star Online. Sumber: Youtube.

Phantasy Star Online merupakan game genre RPG. Dalam game ini kamu akan manjadi pasuan perdamaian antar galaxy yang disebut Arks. Sebagai Ark kamu akan melawan pasukan jahat dari seluruh galaxy yang bernama D-Arker. 

Game ini mempunyai fitur cross platform sehingga kamu bisa bermain dengan player lain dari konsol game yang berbeda. Tapi fitur crossplay ini hanya berlaku untuk PC dan PS4 saja.

Baca juga: 10 Quirk Karakter MHA dengan Efek Buruk Terhadap Penggunanya 

DC Universe Online 

DC Universe Nintendo
DC Universe Online. Sumber. Nintendo

Dalam game ini kamu akan memilih fraksi Pahlawan atau Penjahat. Dari pilihan mu itu nanti kamu akan menjalani cerita masing dan misi yang berbeda. Kamu akan menyelesaikan misi, mengalahkan musuh, dan meningkatkan karakter pilihanmu. 

Game yang mempunyai fitur crossplay atau cross platform selanjutnya adalah DC Universe Online.

Game ini tersedia di Steam (PC), Windows (PC), dan PS4. Melalui ketiga platform itu tadi kamu bisa bermain bersama dengan teman-teman lainnya. 

DC Universe Online juga tersedia untuk konsol game seperti Nintendo Switch, PS3, dan Xbox One. Tapi kamu tidak bisa bermain dengan fitur crossplay di ketiga platform tersebut. 

Fortnite 

Fortnite Battle Royale
Fortnite Battle Royale. Source: Wccftech.

Dalam game ini player bisa bertempur sembari membuat kastil, tembok, dan memasang jembatan.  Fortnite termasuk game battle royale yang mirip dengan PUBG dan FF.

Kamu bisa memainkan game ini melalui PC, konsol game dan smartphone. Fitur crossplay ini dapat dinikmati di PC, PS4, Xbox One, Nintendo Switch dan Smartphone. 

Baca juga: Tier List Kekuatan Karakter Avatar The Last Air Bender di Tim Aang

Brawlhalla 

Brawlhalla Mobile Game Corssplay
Brawlhalla. Sumber: VCGamers

Brawlhalla merupakan game hasil kolaborasi pengembang kondang Ubisoft dengan Mammoth Games. Keduanya telah bersepakat untuk memberlakukan fitur cross platform pada game ini. 

Dengan demikian para pemain yang bisa saling bertempur meskipun ada yang bermain di PC, konsol game maupun smartphone. Game ini mirip dengan Super Smash Bros dimana para player akan baku hantam di dalam suatu arena. 

Rocket League

Multiplayer
Rocket League. Source YouTube.

Bosan bermain sepak bola yang karakternya Neymar, Mbappe, dan kawan-kawan? Rasakan sensasi menggiring bola menggunakan mobil di game Rocket League.

Dalam game ini kamu akan berada dalam satu tim yang berisi tiga pemain. Kemudian kamu akan menghadapi tim dengan tiga orang pemain juga yang berasal dari seluruh dunia. 

Game ini tersedia untuk PC, Xbox One, PS4 dan Nintendo Switch. Ditur crossplay dalam game Rocket League ini memungkinkan para pemain yang ada di PC bertemu dengan pemain lain dari platform yang berbeda.  

Pemain yang menggunakan fitur crossplay melalui PC bisa bertemu dengan pemain lain dari berbeda platform.

Sedangkan jika kamu bermain melalui konsol game rumahan, berlaku batasan tertentu sehingga tidak bisa sepenuhnya bermain dengan teman yang menggunakan konsol berbeda dengan kamu. 

Baca juga: Cara Bermain Game PS4 di PS5

Sea of Thieves

Game cross platform
Sea of Thieves. Sumber: VCGamers

Game Sea of Thieves adalah game open-world karya developerl yang bernama Rare. Melalui game ini kamu akan diajak untuk menjelajah lautan menggunakan kapal, bertarung dengan kapal lain dan menyelesaikan misi. 

Mengutip dari laman escapistmagazine.com kamu hanya bisa memainkan game ini di PC, Xbox S atau Xbox X.

Dalam ketiga platform tersebut kamu bisa saling terhubung dengan pemain lain untuk menyelesaikan tantangan bersama-sama.

Paladins

Paladins Crossplay Game
Paladins. Sumber: Youtube Paladins

Paladins adalah game yang mengusung tema mirip dengan game Overwatch karya pengambang kondang, Blizzard. 

Game ini rilis pertama kali untuk PC dan telah menjadi game favorit banyak orang. Sehingga developer Paladins memutuskan untuk membuat versi Xbox One, PS4, dan Nintendo Switch.

Paladins mempunyai fitur Crossplay yang memungkinkan player dengan platform Xbox One bermain bersama Nintendo Switch. Sayangnya game ini tidak mendukung untuk fitur cross platform untuk PS4 dan PC. 

Ark Survival: Evolved

Ark Survival- Evolved
Ark Survival- Evolved. Sumber: Youtube Ark

Game ini termasuk dalam kategori action survival yang mengharuskanmu untuk bertahan hidup di pulau dinosaurus. Untuk bertahan di pulau tersebut, kamu tentu akan sulit jika harus bermain sendirian. 

Oleh karena itu, game ini menuntutmu untuk mendirikan suku dengan pemain lain. Tak hanya berkelompok dengan pemain lain, kamu juga harus siap menghadapi ancaman dari pemain lain yang menjadi musuh. 

Ark Survival:Evolved tersedia untuk platform PS4, macOS, Android,iOS, dan Switch. Sayangnya saat ini fitur cross play pada game ini hanya berlaku untuk PC dan Xbox One saja. 

Supaya bisa memainkannya secara cross platform kamu juga harus menginstal Ark Survival:Evolved dari Microsoft Store karena game versi Steam tidak mendukung fitur ini.

Baca juga: Kode Untitled Boxing Game 2024 untuk Jelajahi Fitur Tersembunyi

Itu tadi sepuluh rekomendasi game crossplay terbaik yang wajib kamu mainkan tahun 2024 ini. Sayangnya meskipun game-gametersebut mempunyai fitur crossplay akan tetapi fitur tersebut masih bersifat terbatas.

Masih tetap ada batasan yang tidak memungkinkan penggunaan fitur crossplay di platform PC bermain dengan pengguna fitur crossplay di platform seperti Xbox, PS, maupun Nintendo Switch.

Buat kamu yang ingin berlangganan aplikasi live streaming atau ingin top up game kesayangan dengan harga murah, cepat, dan aman langsung saja kunjungi VCGamers Marketplace


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!