Siapa yang Mengembangkan Esports di Rocket League

rocket league

Rocket League, yang dirilis pada tahun 2015, mendapatkan popularitas di kalangan pemain dengan sangat cepat. Format permainan berkontribusi pada pengembangan lingkungan kompetitif dan pada tahun 2016 mereka mulai mengadakan turnamen esports pertama di Rocket League dan membentuk lintasan pengembangan disiplin di masa depan.

Setelah melalui tahapan formasi, ekosistem turnamen game berkembang menjadi mekanisme besar. Cukup melihat jadwal Liga Rocket untuk memastikan skala besar peristiwa yang terjadi di bidang esports game.

Format penyelenggaraan turnamen kompetitif juga menambah bobot: pengembang game bertanggung jawab untuk menyelenggarakan semua event besar. Selain mereka, ada beberapa studio pihak ketiga yang secara tidak langsung terkait dengan turnamen Rocket League dan pelaksanaannya.

Pada artikel ini kita berbicara tentang orang-orang yang mendorong esports Rocket League ke depan dan bertanggung jawab untuk mengadakan turnamen terbesar dalam disiplin ini.

Baca juga: Cheat GTA 5 Terbaru 2023, Cocok Bagi Para Petualang!

Psyonix Adalah Tempat Kelahiran Esports Rocket League

Protagonis utama dan hampir satu-satunya dalam organisasi turnamen Rocket League adalah Psyonix. Perusahaan yang mengembangkan game tersebut dan merilisnya pada tahun 2015, dan sekarang sedang mengembangkan tahap esports dari disiplin tersebut sendirian.

Di awal esports Rocket League mengadakan kejuaraan yang didukung oleh perusahaan pihak ketiga dan bahkan lebih sering lagi adalah penggemar reguler yang menyukai game di persimpangan MOBA dan game balap arcade.

Melihat potensi buah hati mereka di ranah persaingan yang luas, Psyonix mulai berperan aktif dalam menciptakan ekosistem esports dan membentuk jadwal Rocket League dalam beberapa bulan dan tahun ke depan.

Hal itu berkembang menjadi RLCS – liga yang menjadi trek turnamen utama di Rocket League. Pertandingan pro pertama RLCS berlangsung pada tahun 2016.

Awalnya RLCS adalah semacam kejuaraan lokal dengan pertarungan yang terjadi di dua wilayah: Eropa dan Amerika Utara. Kemudian struktur RLCS diperluas dan mengundang tim dari berbagai wilayah di tengah liga: Oseania, Amerika Selatan, Timur Tengah dan Amerika Utara, wilayah Pasifik Utara, wilayah Pasifik Selatan, dan Afrika Tropis.

Setiap kejuaraan dibagi menjadi beberapa bagian (musim gugur, musim dingin, dan musim semi) yang mirip dengan League of Legends. Ciri khas lain dari struktur kompetitif RLCS dianggap sebagai pendekatan unik untuk dilakukan setiap “setengah tahun”. Misalnya, perpecahan musim gugur dimainkan dengan sistem braket Swiss, musim dingin – Round-Robin, dan musim semi – eliminasi ganda.

Keragaman dan kecerdikan ini mendukung Psyonix. Meski perusahaan telah memonopoli pasar penyiaran event esports di Rocket League, namun tidak mengabaikan permintaan penonton akan keunikan kejuaraan dan keseluruhan seri.

Baca juga: Lokasi Senjata Rahasia GTA San Andreas yang Harus Dikunjungi!

Adakah Penyelenggara Turnamen Lain di Rocket League?

Namun, bukan berarti selain Psyonix tidak ada orang lain dalam disiplin ini. Beberapa perusahaan dan klub mengadakan turnamen mereka sendiri dalam permainan Rocket League dengan event tambahan saat jeda antara main stages di RLCS.

TO eksternal mencakup perusahaan berikut: Rocket Baguette, Flashes of Brilliance, WePlay Esports, dan ESL. Semuanya mengadakan kejuaraan lokal meskipun yang terakhir mencoba menggaet sesuatu yang lebih besar.

Puncak pengorganisasian bakat Liga Roket ESL terjadi di Gamers8 2022. Turnamen ini diselenggarakan oleh studio Jerman di Riyadh dimana mereka memberikan kesempatan kepada tim untuk bersaing dengan hampir 2.000.000 dolar.

Adapun jumlah yang diperebutkan, Gamers8 lebih rendah dari kejuaraan dunia tingkat RLCS saja. Kelanjutan seri Gamers8 direncanakan pada Juli 2023, dan ESL akan kembali bertugas menyelenggarakan event tersebut.

Baca juga: 5 Cara Ganti Karakter di GTA 5, Cepat dan Gampang!

Kesimpulan

Terlepas dari dominasi satu-satunya pemain besar dalam disiplin tersebut, Rocket League berkembang sebagai esports environment dan game. Psyonix masih berhasil menyeimbangkan antara mendukung proyek, mengisinya dengan banyak konten, dan menciptakan lingkungan kompetitif yang jujur.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!