Cara Bermain Game PS4 di PS5

Main Game PS4 di PS5.

Kali ini kita akan mengulas tentang cara main game PS4 di PS5. Ya, bermain PS4 di PS5 adalah salah satu jawaban Sony untuk memenuhi standar industri dewasa ini.

Fitur untuk memainkan game di konsol seri sebelumnya ke yang terbaru ini dikenal dengan istilah backward compatibility.

Fitur ini bukanlah sesuatu yang baru bagi Sony. Karena, sejumlah konsol yang sebelumnya telah mereka hadirkan juga memiliki fitur ini.

Yuk simak pembahasan lebih jelas tentang hal ini sekarang juga!

Baca juga: Rumor Spesifikasi PS 6 yang Akan Segera Meluncur di 2027!

Game Lawas di Era Modern

Game Retro
Game Retro. Sumber: Instagram

Bisa dibilang industri game dewasa ini tidak dapat melepaskan pengaruhnya pada berbagai lineup platform pendahulunya. Yap, kejayaan industri game sekarang dibangun di atas fondasi konsol atau sistem yang lebih lawas.

Bahkan bisa dibilang, game-game lawas memiliki pasarnya tersendiri. Judul-judul klasik yang sering disebut sebagai ‘retro’ ini seakan memiliki tempat spesial nan abadi di hati para penggemarnya.

Maka tidak jarang bila akhirnya ada begitu banyak game-game retro yang akhirnya kembali dikeluarkan pada pelbagai konsol next-gen. Ini bisa dalam bentuk remastered, remake, ataupun re-release.

Baca juga: Update Besar-Besaran PS5, Bikin Konsol ini Semakin Menggoda!

Remastered vs Remake vs Re-release

Tentu ketiganya memiliki pendekatan yang amat kontras dan berbeda. Game-game yang di remastered misalnya, merupakan game baru yang terinspirasi dari suatu judul game lawas.

Pihak pengembang akan kembali membuat game tersebut semirip mungkin. Mereka bahkan tidak ragu untuk melengkapinya dengan berbagai fitur kekinian. Sehingga, membuatnya menjadi lebih playable seperti menambah DLC, easter egg, microtransaction dan lainnya.

Beda lagi dengan remake, di mana developer hanya sekadar “memugar” game lawas tersebut agar bisa dimainkan pada konsol yang lebih modern. Ini terbatas pada grafik, performa, dan cakupan aksesibilitas teknis lainnya.

Sedangkan re-release adalah bentuk paling minimalis dari upaya mengembalikan game lawas ke konsol modern.

Developer hanya akan mencomot game lama tersebut dan memberikan akses untuk dapat dimainkan kembali.

Ini sering kali tanpa mengubah unsur apapun (benar-benar seperti versi originalnya ketika pertama rilis). Konsep inilah yang juga merupakan nama lain dari backward compatibility.

Baca juga: Cara Instal Emulator dan Game PS3 di PC

Backward Compatibility Sebagai Standar Industri

Backward Compatibility
Backward Compatibility. Sumber: Instagram

Seperti yang penulis sebutkan di atas, fitur ini sendiri bukanlah sesuatu yang baru. Keberadaannya bahkan sudah dapat ditemukan sejak tahun 1985, tepatnya ketika game konsol masih berada pada generasi ketiganya.

Salah satu yang tertua yakni konsol SG-1000 Mark III (Master System) dari Sega. Fitur tersebut memungkinkan pemainnya untuk dapat memainkan game-game pendahulunya, yakni SG-1000.

Melihat potensi yang tampak menjanjikan dari fitur ini, tidak heran bila Sony ikut tertarik! Walhasil, mereka membenamkan backward compatibility ini pada berbagai konsol sekuel yang mereka miliki.

Ini dimulai dari konsol PS2 mereka yang menggunakan format DVD. Tak hanya unit tersebut bisa memainkan game-game “revolusioner” 64-bit di eranya semata, tapi mereka juga bisa menjalankan game-game PS1 yang berbasis CD-ROM!

Trend ini juga dilanjutkan pada penerusnya, PS3. Konsol yang sudah terbilang next-gen karena menggunakan teknologi keping cakram (disc) yang sama seperti trend saat ini (Blu-Ray), bahkan bisa memainkan game dari dua generasi sebelumnya lho Vicigers!

Namun sayang, memasuki lineup PS4, mereka tidak lagi menyematkan fitur backward compatibility. Dengan begitu, game-game dari PS1-3 tidak bisa dimainkan di PS4.

Baca juga: Kaset PS2 Format DVD, “Dinasti” Konsol Sony di Indonesia

Main Game PS4 di PS5, Bisa?

PS Store
PS Store. Sumber: Instagram

Namun jangan khawatir Vicigers! Mendengar keluh kesah dari para fanbase-nya, Sony akhirnya memutuskan untuk mengembalikan fitur backward compatibility ini di lineup terbaru mereka, PS5.

Yap, semua varian PS5 (baik slim maupun original) dapat memainkan game-game PS4. Ini dikarenakan berbagai titel next gen dari Sony sendiri sudah tersedia pada platform e-commerce mereka, PlayStation Store.

Jadi Vicigers yang tertarik untuk main game PS4 di PS5, bisa banget langsung maharin di PS Store. Silahkan pilih game-game favorit sesuka kalian, tidak sulit kan!

Untuk cara memainkannya malah lebih mudah lagi. Untuk PS5 edisi digital-only, kalian cukup mencari game-game PS4 kalian pada pada akun PlayStation yang sudah kalian login.

Pastikan itu akun yang sama dengan akun ketika kalian memainkan PS4. Nantinya pada menu ‘Game Library’ kalian akan menemukan semua game PS4 yang pernah kalian mainkan.

Dan untuk yang edisi menggunakan disc, kalian cukup memasukkan disc BluRay PS4 kalian. Biasanya akan ada update yang tidak terlalu banyak, namun jika sudah, kalian bisa langsung memainkan game tersebut!

Baca juga: 5 Game PS 1 Terbaik 2023 yang Masih Bisa Kamu Mainkan

Nah itulah tadi pembahasan mengenai main game PS4 di PS5. Jangan lupa, buat kamu yang mau top up kebutuhan game dan produk digital lainnya dengan harga murah dan proses yang cepat, langsung saja ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!