Rumor Spesifikasi PS 6 yang Akan Segera Meluncur di 2027!

Playstation Logo

Santer terdengar rumor mengenai konsol garapan Sony teranyar, PS 6 yang akan rilis beberapa tahun mendatang, dan sekarang sudah masuk ke tahap development, per lifewire.

Hampir sudah menjadi kebiasaan Sony yang meng-update berkala seri konsol kenamaan mereka setiap beberapa tahun sekali. Layaknya rentang waktu antara perilisan Playstation 1 dan 2 yang berkisar 6 tahun.

Rumor terbaru ini pertama kali muncul di kanal YouTube milik Moore’s Law is Dead. Ia juga adalah orang yang sama, yang membocorkan rincian perilisan PS 5 Pro beberapa waktu yang lalu.

Dalam videonya yang baru tayang, Moore’s Law is Dead mengonfirmasi bahwa Sony akan melanjutkan kerjasama dengan AMD untuk menggarap PS 5 Pro dan PS 6 sebagai prosesor utama yang menjalankan mesin serta grafisnya.

Tidak sampai di sana, Sony juga mempunyai ambisi untuk menjadi perusahaan konsol game terkuat pada generasi ini, mengalahkan pesaing utamanya, Xbox Series.

Ingin tahu rumor PS 6 lebih lanjut? Simak artikel ini selengkapnya!

Baca juga: Rekomendasi 5 Games Avatar untuk PlayStation Paling Seru!

Sejarah Playstation Dari Waktu ke Waktu

PS 5
PS 5. (Source: Sony/Google)

Playstation merupakan salah satu game konsol tertua yang ada di dunia. Sony pertama kali merilis secara resmi konsol playstation pada tahun 1994 silam.

Kala itu, playstation menggunakan seri engine terbaik, dengan menggandeng pabrikan Nintendo, walaupun kerjasama mereka berakhir kurang mulus.

Di balik kesuksesannya, Sony juga pernah melakukan beberapa trial and error. Seperti, pada seri PS Vita dan PS Go yang penjualannya tak sebegitu besar, dibandingkan konsol lainnya.

Yang paling anyar, Sony merilis konsol game termutakhir, walaupun sudah berumur 4 tahun, yang sekarang kalian bisa beli di kisaran harga 8 jutaan.

Beberapa tahun mendatang, Sony berencana untuk memperbarui seri playstation. Yaitu, seri playstation 5 pro dan juga playstation 6.

dilansir dari Tom’s Guide, rencananya, Sony akan menngusung beberapa fitur canggih seperti adaptable to VR Reality, dan juga ray tracing.

Spesifikasi dan Harga PS 6

PS 6
PS 6 Rumour Design. (Source: Geek Tech/Google)

Pada seri ini, PS 6 akan mendapatkan upgrade besar-besaran dari Sony. Grafisnya diisukan dapat menampilkan grafis tingkat tinggi pada tahap 4K dan 8K, yang dijalankan di 6ofps.

Demi mewujudkannya, Sony diisukan sempat berusaha menjalin kerja sama dengan Nvidia, walaupun akirnya mereka tetap memilih AMD.

Selanjutnya, Sony juga mengusung double SSD bawaan yang mempunyai kapasitas penyimpanan sebesar 1-2 TB, untuk menunjang grafisnya yang mumpuni.

Jika kita bandingkan dengan seri PS 5, maka hal ini merupakan upgrade besar-besaran. Karenanya, banyak fans yang mengaku menahan diri untuk membeli PS 5 sekarang, demi PS 6 yang akan keluar beberapa tahun mendatang.

Grafis tingkat tinggi, prosesor bawaan super cepat, serta pengalaman bermain yang mumpuni dari PS 6, mungkin saja akan dijual agak sedikit lebih mahal dibanding seri pendahulunya.

Melansir LifeWire, PS 6 akan dibanderol sebesar 400 sampai 500 dolar tergantung serinya, tak termasuk VR Reality ataupun aksesoris tambahan yang dijual secara terpisah.

Nantinya, Vicigers mungkin saja harus membeli PS 6 secara pre order, seperti PS 5 ataupun PS 4 dahulu. Hal ini dilakulan Sony demi menjaga antusiasme publik tetap tinggi, sebelum benar-benar dirilis secara global.

Baca juga: 5 Game PS5 Gratis Paling Seru 2023, Wajib Mainkan!

List Game yang Dapat Dimainkan

PS 5 Trailer for The Last of Us
PS 5 Trailer for The Last of Us. (Source: Playstation/YouTube)

Beberapa game yang mungkin saja dapat dimainkan di PS 6, aalah seri keluaran terbaru dari game bertipe AAA, seperti The Last of Us yang sekarang sedang dirumorkan akan mengeluarkan seri terbarunya.

Selain The Last of Us, game-game kawakan seperti God of War seri Ragnarok, bisa jadi masuk ke seri PS 6 dalam versi reboot.

Baca juga: Cara Instal Emulator dan Game PS3 di PC

Top up game kesayangnmu hanya di VCGamers Marketplace untuk mendapatkan pengalaman transaksi yang aman, cepat dan murah!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!