10 Konsol Game Terlaris Favorit Gamer Sepanjang Masa 

best selling game console

Sejak dulu hingga hari ini, terdapat sejumlah konsol game terlaris yang bisa kamu temukan. Hal ini berjalan sejak penciptaan konsol game pada 1970-an.

Hingga kini industri game konsol masih terus berkembang dengan berbagai inovasinya. Ada tiga perusahaan raksasa yang mendominasi pasar perdagangan konsol game. 

Perusahaan tersebut antara lain Nintendo dengan Switch, Sony dengan PlayStation, dan Microsoft dengan Xbox. Setidaknya dari tiga raksasa perusahaan itu lahir sepuluh produk konsol terbaik yang menjadi pilihan banyak pemain game. 

Apa saja produk konsol sepanjang masa yang mendominasi pasar di seluruh dunia? Langsung saja simak artikel ini hingga selesai. 

Baca juga: 5 Game PC Klasik yang Bikin Nostalgia dan Masih Seru Dimainkan

10 Konsol Game Terlaris Favorit Gamer Sepanjang Masa

Kali ini kita akan mengulas tentang 10 konsol game yang tentunya menjadi favorit para gamers dari masa ke masa. Penjualan berbagai konsol ini pun mencapai ratusan juta unit. Tentunya, ini merupakan angka yang besar!

PlayStation 2 

best selling game console Playstation 2
Playstation 2. Sumber: Youtube Playstation

Di urutan pertama yang menjadi konsol game terlaris abad ini adalah Playstation 2. PS 2 adalah produk raksasa teknologi Jepang, Sony yang rilis sekitar tahun 2000-an. Penjualan Playstation 2 hingga hari ini telah mencapai 159 juta unit. 

Hal unik yang menjadikannya nomor satu adalah harganya yang terjangkau dibandingkan yang lainnya. Di samping itu, PS2 mempunyai katalog game yang banyak. 

Penyebab PS 2 mempunyai katalog game berlimpah yaitu pada saat perilisannya banyak developer game ternama yang membuatkan game eksklusif untuk PS 2. Sehingga banyak orang yang tertarik membelinya.

Selain itu fitur unggulan yang dimiliki PS 2 kala itu adalah kemampuannya dalam memutar DVD.

Banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk membeli PS2 karena kemampuan multifungsinya ini. 

Playstation 2 lahir tahun 2000 dan berhenti diproduksi pada tahun 2013. Akan tetapi, satu dekade lebih setelah produksinya berhenti, belum ada konsol game baru yang mampu menyaingi jumlah penjualan PS 2. 

Nintendo DS

Nintendo DS
Nintendo DS. Sumber: Wikipedia

Konsol game selanjutnya jatuh kepada Nintendo DS. Sejak pertama kali meluncur pada tahun 2004 dan berhenti produksi pada 2014, Nintendo DS telah mencapai jumlah penjualan hingga 154 juta unit.

Pada masanya, Nintendo DS termasuk konsol game dengan harga jual yang murah. Faktor lain yang mendukung Nintendo DS menjadi konsol game terlaris adalah umur baterainya lama, banyak pilihan variasi dan edisi khusus. 

Game populer dari Nintendo DS antara lain New Super Mario Bros, Mario Kart DS, Nintendogs, dan Mario Party DS. 

Nintendo Switch

best selling game console Nintendo Switch
Nintendo Switch (Source: Nintendo Life)

Konsol game terlaris yang ketiga adalah Nintendo Switch yang rilis pada tahun 2017 silam. Tujuh tahun pasca perilisannya, Nintendo Switch berhasil terjual sebanyak 129,5 juta unit. Faktor yang mempengaruhi tingginya penjualan Nintendo Switch adalah strategi pemasaran yang brilian. 

Game terbaik dari Nintendo Switch adalah The Legend of Zelda: Breath of The Wild. Video game tersebut menjadi sangat populer sempat sangat populer dan banyak kalangan mengenalinya. 

Selama berlangsung pandemi Covid-19 Nintendo Switch tetap bertahan berkat video game populernya yaitu Animal Crossing: New Horizons.

Kesuksesan Nintendo Switch sebagai best selling game console tak lepas dari faktor lain seperti desainnya yang unik, katalog game yang berlimpah, dan stick console multi pemain yang menyenangkan.

Baca juga: Rekomendasi PS2 Emulator PC Terbaik 2023

Game Boy

Game Boy
Game Boy. 

Game Boy menjadi konsol game portabel milik Nintendo yang rilis pada tahun 1989. Konsol game portabel ini menjadi produk terlaris setelah berhasil menjual 118 juta unit di seluruh dunia. 

Desain portable dari produk ini memudahkan penggunanya untuk memainkannya dimana saja. Selain itu, tingkat keawetan baterai Game Boy juga turut mendukung desainnya yang portable. 

Game Boy menjadi pilihan terbaik para gamers zaman itu untuk menemani saat perjalanan atau bepergian.

Tak heran jika Game Boy menjadi konsol game terlaris di urutan yang ke-4.  Faktor selanjutnya yang mendukung gameboy adalah katalog game yang beragam dengan berbagai genre.

Adapun genre permainan yang tersedia pada konsol portabel ini antara lain game action, adventure, puzzle, hingga RPGGame ikonik dari konsol game satu ini adalah Tetris, Super Mario Land, dan Pokemon Red & Blue. 

PlayStation 4

konsol game terlaris PS4 by Sony
PS4 by Sony. Sumber: Sony Playstation

Playstation 4 adalah produk Sony setelah berhasil terjual 117 juta unit di seluruh dunia. Seperti konsol game buatan Sony pendahulunya, PS4 mengandalkan game eksklusif sebagai daya tarik.

Selain itu, PS4 menawarkan fitur berupa pemutar Bluray dan dukungan untuk mengakses aplikasi streaming seperti Netflix. 

Keunggulan PS4 lainnya yaitu CPU dan Ram yang powerful. Hal ini membuat gameplay terasa lebih halus dan responsif daripada pendahulunya. 

Meskipun demikian PS4 belum bisa menyaingi jumlah penjualan pendahulunya PS2. Sebab saat Sony merilis PS4, banyak konsol gaming seperti Xbox One dan Nintendo Switch yang menjadi kompetitor terkuat.

Game eksklusif PS4 yang mempunyai kualitas tinggi antara lain God of War, Uncharted: The Nathan Drake Collection, The Last of Us Remastered dan Ghost of Tsushima. Game-game itu tadi menjadi daya tarik tersendiri bagi PS4 karena tidak tersedia di konsol lain. 

Baca juga: 5 Daftar Games PS4 Simulasi Kehidupan Terbaik

PlayStation 1

Playstation 1
Playstation 1. Sumber: Wikipedia

Playstation 1 adalah konsol game buatan Sony yang pada saat perilisannya mempunya kompetitor Nintendo 64. PS1 berhasil mengalahkan kompetitornya yang hanya menjual 32,9 juta unit. 

Sedangkan PS1 berhasil menjual produknya sebanyak 102,4 juta unit di seluruh dunia. Keberhasilan PS1 didukung oleh video game andalannya seperti Final Fantasy 7, Tekken 3, Crash Bandicoot, Tomb Raider, Resident dan masih banyak lainnya. 

PlayStation 3

konsol game terlaris  PS3 Fat
PS3 Fat. Sumber: Youtube Nathan Vintage

Sony Playstation 3 menjadi best selling game console yang berhasil mengalahkan kompetitornya Xbox 360.

Konsol game ini berhasil terjual sebanyak 87,4 juta unit. Meskipun PS3 belum berhasil menyaingi unit penjualan PS1, PS2 dan PS4 akan tetapi ia tetap masuk ke dalam susunan ini.

Xbox 360

konsol game terlaris Xbox best selling game console
Xbox best selling game console. Sumber: Nathan Vintage

Konsol game Xbox 360 adalah produk Microsoft yang menjadi kompetitor langsung Playstation 3 milik Sony. Xbox 360 berhasil terjual 84 juta unit di seluruh dunia. 

Meskipun dalam sejarahnya Xbox 360 terkalahkan oleh Playstation 3 akan tetapi Xbox 360 berhasil mengalahkan konsol game Nintendo yang sezaman yaitu Wii. Xbox 360 berhenti diproduksi pada tahun 2016 setelah digantikan oleh penerusnya yaitu Xbox One. 

Game Boy Advance

konsol game terlaris Game Boy advance
Game Boy advance. Sumber: Evan Amos

Untuk konsol selanjutnya yang berhasil merajai perdagangan konsol game pada masanya adalah Game Boy Advance. Konsol portabel ini berhasil menjual produknya sebanyak 81,5 juta unit di seluruh dunia. 

Nintendo merilis konsol ini pada 2001 dan dalam kurun waktu empat tahun Game Boy Advance berhasil meraih kesuksesan. Sebelum kesuksesannya digantikan oleh Nintendo DS yang memasuki pasar pada tahun 2004. 

Baca juga: 5 Game Multiplayer Nintendo Switch Terbaik, Seru Nih! 

Untuk kamu yang sedang mencari tempat top up game kesayangan yang aman dan terpercaya, yuk kunjungi VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!