Rekomendasi PS2 Emulator PC Terbaik 2023

PS2 Emulator PC

Apakah kamu sedang mencari PS2 emulator PC? Nah kali ini kita akan mengulas tentang sejumlah emulator yang dapat kamu pilih.

Sebagai salah satu konsol terbaik pada masanya, Playstation 2 tentunya tidak mudah untuk dilupakan gamers yang pernah memainkannya.

Nyatanya, banyak game PS2 yang tidak bisa ditandingi dengan game konsol saat ini. Apa saja? Mari kita simak!

Baca juga: Rekomendasi Emulators For iPhone untuk Windows dan Mac

Daftar PS2 Emulator PC

Kamu yang menyukai game PS2 lama sekarang lebih suka menggunakan emulator karena nyaman dan mudah.

Kamu hanya membutuhkan ponsel atau PC/Laptop untuk memainkannya. Tentunya karena beberapa emulator ini menawarkan versi gratis sehingga tidak perlu membayar apapun untuk menggunakannya.

PS2 Emulator 2 Pro Game

PS2 Emulator 2 Pro Game
PS2 Emulator 2 Pro Game. Source: Tekna Tekno.

Emulator PS2 Pro 2 Game 2022 adalah PS2 emulator pc terbaik. Aplikasi yang dirancang untuk meniru pengontrol PS2 ini akan memberikan pengalaman yang luar biasa saat pengguna memainkan game PS2. 

Emulator ini juga bisa menjalankan banyak game dengan baik, namun perlu diperhatikan spesifikasi perangkat yang digunakan mulai dari storage, RAM, dan grafis.

Damon PS2 Pro 

Damon PS2 Pro 
Damon PS2 Pro. Source: Bungdus.

PS2 emulator PC ini memiliki harga paling mahal dibanding yang lain yaitu Rp 140.000 di toko game. Harga tersebut masuk akal karena emulator ini ditujukan untuk memainkan game PlayStation 2 di smartphone. 

Untuk memanfaatkan emulator ini dengan sebaik-baiknya, Anda memerlukan setidaknya perangkat kelas atas dan chipset Snapdragon 800.

PCSX2

Gameplay MK Armageddon
PCSX2. Source: YouTube/PCSX2

Emulator PS2 yang paling canggih adalah emulator PCSX2. Emulator PSCX2 merupakan aplikasi emulator yang paling direkomendasikan sebagai emulator PS2 untuk PC atau laptop karena angka penjualannya sangat bagus di pasaran saat ini. 

Aplikasi emulator PCSX2 merupakan salah satu emulator game PS2 yang paling banyak digunakan di dunia. Ada banyak game PS2 original yang bisa kamu mainkan di PC atau laptop menggunakan emulator PCSX2 ini. 

Kamu bisa memainkan game PS2 apapun menggunakan emulator ini, tapi sayangnya salah satu kelemahan dari emulator ini adalah kamu harus memiliki PC atau laptop dengan definisi tinggi dan yang terbaik untuk menggunakan emulator PCSX2.

Spesifikasi minimum PC atau laptop yang akan digunakan minimal 2 GB RAM pada PC atau laptop dan rekomendasinya adalah 4 GB.

Kemudian PC atau laptop anda harus memiliki Net Framework 3.5 Sp1, DirectX9.0c dan Microsoft Visual C++ Redistributable 2008, 2010 dan 2015. 

PPSSPP

Setting PPSSPP No Lag
PPSSPP. Source: YouTube/PlayStation

PPSSPP adalah PS2 emulator PC yang juga dianggap paling populer. Jika anda pecinta game PS2 khususnya game jadul maka aplikasi emulator ini sangat cocok untuk anda karena banyak pecinta game jadul yang menggunakan aplikasi emulator ini untuk memainkan gamenya. 

Salah satu yang terbaik dan paling direkomendasikan tentang aplikasi ini adalah sangat ringan yang menjadikannya emulator game PS2 terbaik di Indonesia bahkan dunia. 

Emulator PPSSPP ini tidak hanya untuk PC atau laptop tetapi juga tersedia dalam versi untuk perangkat seluler, PC untuk Windows dan Linux. 

Bisa dikatakan interface pada aplikasi emulator PPSSPP ini sederhana, sehingga hampir semua orang bisa langsung memahaminya dan memainkannya dengan mudah. 

Untuk versi seluler, aplikasi ini berukuran sekitar 28MB, sehingga dapat bekerja dengan baik meskipun dengan detail kecil. 

Baca juga: Inilah 3 Game PS2 Petualangan Paling Epik Sepanjang Masa!

RetroArch

RetroArch
RetroArch. Source: retroarch.com

RetroArch merupakan emulator PS2 yang bisa dibilang sudah ada sejak lama alias emulator paling tua. Meskipun merupakan emulator judul yang lebih lama, emulator ini dapat berjalan dan bermain dengan baik.

Ternyata, tidak hanya bisa digunakan untuk bermain PS2 saja, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk memainkan game PS1.

Perangkat lunak emulator tidak terbatas pada konsol game Sony tetapi kamu juga dapat meniru berbagai jenis konsol game lama dengan emulator ini. Antarmuka emulator ini bersih dan rapi, yang memudahkan dalam menemukan dan mengunduh file game yang kamu cari.

Baca juga: Cheat Most Wanted PS2, Game Racing Terbaik di Eranya

Buat kamu yang ingin Top Up Mobile Legends, Free Fire, Call of Duty Mobile dan banyak game lainnya dengan harga menarik langsung saja ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!