Semua Tentang Stonecutter Minecraft yang Harus Kamu Tahu

Stonecutter Minecraft

Tentu para penikmat game sandbox yang satu ini sudah pada paham, bahwa dari sekian banyak Crafting Tool yang tersedia, salah satu di antaranya adalah Stonecutter Minecraft.

Yap, Crafting Tool yang satu ini bisa dibilang cukup memiliki fungsi yang cukup khusus dan spesifik. Ini sudah terlihat cukup jelas, bahkan dari namanya saja.

So buat kalian yang mungkin belum sempat menggunakan alat ini dan penasaran akan fungsinya, silahkan simak ulasannya berikut ini ya! Langsung deh cekidot!

Baca juga: Cara Mudah Membuat Grindstone di Minecraft

Stonecutter Minecraft sebagai Salah Satu Crafting Tools

Stonecutter Sebagai Crafting Tools Minecraft
Stonecutter Sebagai Crafting Tools Minecraft. Sumber: VCGamers

Di dalam universe Minecraft, setiap alat memiliki peran penting dalam menghasilkan produk Crafting yang diperlukan pemainnya. Salah satu alat yang sering kali terlupakan tetapi memiliki peran yang sangat berarti adalah Stonecutter.

Bagaimana tidak, Stonecutter adalah alat yang digunakan dalam Minecraft untuk memotong blok-blok bebatuan menjadi produk-produk yang lebih rapi dan beragam. Dan hanya itu sajalah fungsinya. Wajar bila akhirnya peran Crafting Tools yang satu ini jadi banyak dilupakan.

Pada dasarnya, peran dari keberadaan Stonecutter ini sendiri hanyalah sebagai alternatif yang lebih canggih untuk memproses batu-batu daripada harus menggunakan Crafting Table.

Baca juga: Crafting Conduit Minecraft, Buat Kalian Yang Doyan Diving!

Keuntungan Menggunakan Stonecutter

Tampilan Menu Stonecutter
Tampilan Menu Stonecutter. Sumber: VCGamers

Melihat paparan di atas, wajar sih bila akhirnya Vicigers mempertanyakan apa pentingnya keberadaan dari Stonecutter itu sendiri. Namun jangan salah, penggunaan Stonecutter memiliki beberapa keuntungan lho, di antaranya:

  • Stonecutter memotong blok-blok tersebut dengan lebih cepat dan efisien daripada crafting table. Ini membuatnya menjadi alat yang ideal untuk proyek-proyek besar yang melibatkan banyak blok batu;
  • Interface dari menu penggunaan (use) Stonecutter lebih mudah dan intuitif. Pemain hanya perlu mengklik pada blok yang ingin mereka potong dan memilih bentuk yang diinginkan;
  • Stonecutter memberikan pemain pilihan beragam bentuk batu yang dapat digunakan dalam pembangunan dan dekorasi. Ini dapat menginspirasi kreativitas dan memungkinkan pemain untuk menciptakan struktur yang lebih kompleks dan menarik.
Baca juga: Minecraft Herobrine: Urban Legend di Komunitas Minecraft

Cara Mendapatkan Stonecutter Minecraft

Stonecutter bisa dikategorikan sebagai salah satu Crafting Tools basik. Ini didasarkan pada tingkat kesulitan mendapatkan Stonecutter itu sendiri.

Ada dua cara yang bisa dilakuakn oleh pemain agar bisa mendapatkan Stonecutter ini. Dan keduanya-pun bisa terbilang mudah.

Spawn alami

Cara pertama adalah mendapatkannya dari hasil spawn alami. Sama halnya dengan Crafting Tools lainnya, Stonecutter bisa ditemukan di salah satu rumah Villager.

Apabila Vicigers sempat menemukan sebuah desa, dan di dalamnya terdapat seorang pengrajin batu (Mason), besar kemungkinan Stonecutter akan ter-spawn sebagai bagian ‘dekorasi’ dari rumahnya.

Namun tentu cara ini memiliki tingkat persentase keberhasilan yang minim dan tidak bisa dijadikan acuan.

Cara ini hanya bisa mengandalkan peruntungan: terkadang suatu desa memiliki seorang Mason, namun kadang juga tidak.

Membuatnya sendiri

Bahan membuat Stonecutter
Bahan membuat Stonecutter. Sumber: VCGamers

Nah cara kedua, dan yang pasti memiliki kemungkinan perolehan 100%, adalah dengan membuatnya sendiri. Dan bahan yang diperlukan untuk Crafting-nya sendiri tidak susah untuk dicari kok Vicigers!

Untuk membuat Stonecutter, pastikan kalian sudah terlebih dahulu memiliki Crafting Tables. Jika sudah, bahan yang kalian butuhkan hanyalah satu batang besi (Iron Ingot) dan 3 balok batu. Ketiga batu tersebut bisa 1 jenis yang sama, ataupun berlainan.

Sekarang mengenai proses pembuatan, kalian dapat menggunakan Crafting Table dan pilih tab Tools. Apabila bahan-bahan tersebut sudah siap, opsi Stonecutter sudah akan langsung terbuka. Tekan/klik opsi tersebut, dan hanya dengan dua bahan itu saja kalian sudah bisa memiliki Stonecutter!

Baca juga: Cara Membuat Blast Furnace Minecraft yang Wajib Diketahui

Nah itulah tadi pembahasan mengenai Stonecutter Minecraft. Tidak terlalu rumit bukan? Pastinya Vicigers bisa langsung coba sendiri detail-detail di atas pada game kalian masing-masing ya! Dan selalu nantikan juga artikel-artikel mengenai Minecraft lainnya, hanya di VCGamers News!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!