Torterra, Pokemon Tumbuhan di Grup Starter Terkeren

Pokemon Torterra

Siapa sih yang tidak kenal Torterra? Dengan kenampakkannya yang menyerupai kura-kura darat (tortoise) dengan punggung layaknya relief muka bumi (terra), tentu Pokemon yang satu ini sulit untuk tidak menjadi perhatian.

Yap, dibandingkan Starter dengan tipe tumbuhan (Grass) yang lain, bisa dikatakan desain yang dimiliki Torterra benar-benar menonjol, unik, dan orisinil. Dengan kesan yang terlihat begitu keras serta kokoh, Pokemon ini sangat layak jika disebut sebagai salah satu Starter Grass terbaik.

Nah, buat kalian yang pengen tahu lebih dalam mengenai Pokemon yang satu ini, yuk simak ulasan detailnya berikut ini! Jangan sampai ketinggalan ya!

Baca juga: Semua Tentang Tipe Pokemon Ghost yang Harus Kamu Ketahui

Mengenal Pokemon Starter

Starter Pokemon Generasi Keempat
Starter Pokemon Generasi Keempat. Sumber: VCGamers

Memilih Pokemon Starter merupakan hal yang berkesan bagi seluruh player. Pokemon Starter adalah mitos hidup dalam dunia Pokemon yang tidak hanya memengaruhi petualangan pemain, tetapi juga membentuk ikatan khusus antara pemain dan mitos tersebut.

Buat Vicigers yang belum paham apa itu Pokemon Starter, istilah ini merujuk pada tiga Pokemon pertama yang tersedia untuk pemain di awal petualangan mereka.

Di awal permainan (umumnya untuk judul-judul seri utama Pokemon) pemain sebagai Trainer harus memilih satu di antara ketiga Pokemon ini sebagai ‘modal’ awal mereka memulai petualangan. Setiap generasi Pokemon memiliki tiga Starter yang berbeda, masing-masing dengan tipe dan karakteristik unik.

Meski begitu, sesi memilih Starter memiliki makna yang lebih dalam dan sakral bagi para Trainer Pokemon sejati. Ini karena pilihan mereka mencerminkan kepribadian dan preferensi yang dimiliki oleh pemain.

Apakah pemain lebih suka Pokemon yang kuat secara fisik? Atau mungkin lebih tertarik pada Pokemon yang memiliki kemampuan khusus?

Ini adalah beberapa pertanyaan yang seringkali mempengaruhi dan menghantui para Trainer dalam mengambil keputusan ketika memilih Pokemon Starter.

Baca juga: Evolusi Eevee Pokemon Go, Ada Apa Saja Sih?

Pokemon Starter dalam Gameplay

Pokemon Starter memiliki peran penting dalam permainan karena mereka adalah mitra setia dalam petualangan. Sebagai Pokemon pertama, biasanya para Starter akan tumbuh bersama pemain dan akan menghadapi tantangan bersama-sama.

Ini menciptakan ikatan khusus antara pemain dan Pokemon Starter mereka, yang sering kali membuat pemain merasa bahwa Pokemon Starter adalah bagian penting dari tim mereka. Tak hanya itu, ini juga mempengaruhi besarnya happiness dan friendship yang dimiliki.

Kedua aspek tersebut amat menentukan berbagai aspek penting laju petualangan kedepannya. Selain itu, keberadaan Starter juga menentukan munculnya konten-konten tertentu dalam game (specific in-game contetnt).

Sebagai contoh, di Pokemon generasi ketiga (FireRed and LeafGreen), kemunculan 1 dari tiga Roaming Pokemon (Raikou, Entei dan Suicune), ditentukan oleh pemilihan Starter di awal.

Baca juga: Kenalan Sama Pokémon Imut: Togepi Sang Telur

Torterra Sebagai Pokemon Starter

Garis Evolusi Torterra
Garis Evolusi Torterra. Sumber: VCGamers

Nah sekarang kita akan membahas keberadaan Torterra sebagai Pokemon Starter nih Vicigers! Yap, seperti yang sudah sedikit dibahas di atas, Torterra merupakan Starter dengan tipe Grass. Selain itu, Pokemon ini juga memiliki tipe sampingan (side type) Tanah (Ground) – membuatnya menjadi semakin keras!

Torterra sendiri merupakan Pokemon Starter generasi keempat (Pokemon Pearl, Diamond, dan Platinum). Ia merupakan bentuk final (final form) dari garis evolusi (evolution line) Turtwig dan Grottle.

Tampilan dan Kekuatan Torterra

Torterra Sebagai Starter Pokemon Keempat
Torterra Sebagai Starter Pokemon Keempat. Sumber: VCGamers

Torterra memiliki tubuh besar dan kuat dengan punggung yang menyerupai sebuah pulau mini. Dengan berbagai pepohonan, tumbuhan dan bebatuan, ini terkesan menciptakan ekosistem mini di punggung Torterra – selayaknya sebuah terrarium bonsai!

Salah satu kemampuan khusus Torterra adalah “Overgrow,” di mana kekuatan serangannya meningkat saat kondisinya lemah. Ini mencerminkan sifat pertumbuhan yang kuat dalam alam dan menjadikan Torterra sebagai lawan yang tangguh bahkan dalam keadaan terdesak.

Tak hanya itu, ia juga memiliki kemampuan terpendam (hidden ability) yakni Shell Armor. Kemampuan ini mencegah musuh melancarkan serangan yang bersifat Critical. Wajar bila akhirnya pertahanan Torterra menjadi sangat mumpuni!

Pengaruh pada Dunia Gaming

Torterra tidak hanya dikenal melalui permainan utama, tetapi juga muncul dalam berbagai media Pokemon, termasuk serial animasi dan permainan kartu. Dalam animasi, Torterra muncul sebagai mitra setia Ash Ketchum, yang menjadikannya sebagai salah satu Pokemon yang ikonik dalam petualangan sang protagonis.

Tidaklah heran bila akhirnya Pokemon ini memiliki tempat istimewa dalam hati para penggemar Pokemon, khususnya yang spesifik pada tipe Grass. Desain tampilan serta kemampuan yang dimilikinya lah yang menjadikan Torterra sebagai salah satu Starter Grass terbaik.

Ini bahkan tidak berlaku secara eksklusif dikalangan para Starter bertipe Grass saja, tapi juga seluruh Starter Pokemon secara keseluruhan! So buat Vicigers yang mungkin masih memainkan Pokemon generasi keempat, baik di Nintendo DS ataupun Switch (Shining Pearl/Briliant Diamond), wajib banget deh pilih garis evolusi Torterra ini!

Baca juga: Dudunsparce: Evolusi Pokemon 'Ular' Yang Sangat Ikonik

Nah itulah tadi pembahasan mengenai Pokemon Starter Grass generasi keempat tersebut. Nantikan artikel mengenai Pokemon lainnya hanya di VCGamers News!

Jangan lupa Top Up Game Murah, Cepat dan Aman di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!