Mengenal Senjata Ranged Crossbow Minecraft

Crossbow Minecraft

Senjata Crossbow Minecraft memang terbukti sangat ampuh ketika digunakan melawan Mob dari kejauhan. Hanya dengan beberapa kali hit saja, Mob yang menjadi target bisa dengan mudah dikalahkan!

Tentu sebagai senjata di Minecraft, Crossbow merupakan salah satu pilihan terbaik yang cocok banget Vicigers gunakan. Lantas pertanyaannya, apakah kalian sudah bisa menggunakannya dengan maksimal?

Nah buat yang penasaran bagaimana cara mendapatkan senjata yang satu ini, bisa banget simak ulasan kami berikut ini! Silakan langsung saja masuk kebahasannya!

Baca juga: Semua yang Harus Kamu Tahu Tentang Respiration Minecraft

Senjata di Minecraft

Eits, sebelum masuk ke topik utama, ada baiknya kita membahas jenis-jenis senjata yang ada di Minecraft dulu nih Vicigers. Jadi bisa makin paham deh seluk-beluk Crossbow nantinya.

Dalam universe Minecraft yang tak terbatas, keberadaan berbagai jenis senjata memungkinkan pemain beradaptasi dengan berbagai situasi dan bertahan dalam menghadapi tantangan.

Senjata dalam permainan ini memiliki kategori-kategori yang berbeda. Tak hanya itu, masing-masing kategori ini juga memiliki kekuatan dan kelemahan yang unik. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Senjata Jarak Dekat

Senjata melee adalah senjata yang digunakan dalam pertempuran jarak dekat. Ini termasuk pedang, kapak, dan juga bumerang (modded). Senjata melee umumnya harus disanding dengan tameng (shield) sehingga penggunaannya dapat lebih efektif.

Senjata jarak jauh (Ranged)

Sesuai namanya, senjata jarak jauh memungkinkan pemain menyerang musuh dari kejauhan. Ini termasuk busur (Bow) dan tidak terkecuali Crossbow.

Biasanya, senjata kategori ini membutuhkan sejenis projektil yang nantinya dilesatkan ke arah target – seperti anak panah misalnya.

Senjata campuran (Melee dan Ranged)

Beberapa senjata memiliki karakteristik campuran antara senjata melee dan senjata jarak jauh. Sebagai contoh, Trident dapat dilemparkan ke musuh dari jarak jauh dan juga digunakan sebagai senjata melee saat dekat dengan musuh. Ini memberikan fleksibilitas dalam berbagai situasi pertempuran.

Proyektil senjata Ranged

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, untuk dapat berfungsi, senjata Ranged membutuhkan proyektil seperti anak panah.

Di Minecraft sendiri, berbagai panah-panah ini dapat diimbuh secara khusus untuk memberikan efek tertentu pada target yang terkena nantinya.

Sebagai contoh, panah ledakan memiliki area of effect (AoE) ketika diluncurkan: dapat merusak sekelompok musuh sekaligus.

Selain itu ada juga panah api yang dapat membakar target yang terkena. Penggunaan ini semua dapat menentukan strategi dan taktik yang berbeda dalam pertempuran.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Grindstone di Minecraft

Crossbow Minecraft Sebagai Senjata Ranged

Crossbow Minecraft
Crossbow Minecraft. Sumber: VCGamers

Dari berbagai senjata yang sudah dipaparkan di atas, salah satu yang termasuk ke dalam kategori Ranged adalah Crossbow. Supaya bisa makin paham detailnya lebih jauh, berikut adalah paparannya.

Sebagai senjata proyektil, Crossbow adalah alternatif yang lebih kuat dan presisi daripada busur biasa. Crossbow dapat ditemukan di menu crafting dan bisa ditingkatkan dengan berbagai jenis proyektil (panah) dengan efek khusus.

Ini menjadikan Crossbow sebagai senjata yang fleksibel serta multi-fungsi. Keberadaannya dapat dikombinasikan dengan berbagai playstyle dan taktik menyerang hingga bertahan.

Cara Mendapatkan Crossbow Minecraft

Meski diiringi dengan kemampuan yang sangat kompleks, Crossbow bukanlah senjata yang terlalu sulit didapatkan. Ada beberapa cara yang bisa Vicigers lakukan untuk mendapatkan senjata ini:

  • Mendapatkannya melalui spawn alami: Ini bisa dilakukan dengan menumbangkan Hostile Mob seperti Pillager, ataupun Piglins; menemukan peti rampasan (chest loot); ataupun membelinya (trading) di Fletcher.
  • Membuatnya sendiri: Jika membuatnya, bahan-bahan yang diperlukan adalah Stick (x3), Iron Ingot (x1), String (x2), dan Tripwire Hook (x1). Vicigers bisa membuatnya menggunakan Crafting Table.
Bahan Membuat Crossbow Minecraft
Bahan Membuat Crossbow Minecraft. Sumber: VCGamers

Mekanisme dan Fungsi Crossbow Minecraft

Tampilan Crossbow Ketika Siap Menembak
Tampilan Crossbow Ketika Siap Menembak. Sumber: VCGamers

Berbeda dengan panah yang penggunaannya harus sambil menekan tombol “guna” (Use) sembari membidik target (ketika tombol dilepas maka anak panah akan meluncur), Crossbow perlu untuk dikokang terlebih dahulu sebelum digunakan.

Pertama, pemain harus menahan/menekan tombol pemicu (Use) dengan panah yang diinginkan hingga Crossbow terkokang.

Jika sudah, pemain cukup mengarahkan Crosshair/Reticle ke arah target, dan sekali lagi menekan tombol pemicu dan anak panah akan langsung melesat. Mudah bukan?

Baca juga: Rekomendasi Server Minecraft Tower Defense Tahun 2023

Nah itulah tadi pembahasan mengenai Crossbow Minecraft. Jangan lupa, beli skin, item dan top up kebutuhan game kamu hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!