Semua yang Harus Kamu Tahu Tentang Respiration Minecraft

Respiration Minecraft

Ada berbagai macam item enchantment di Minecraft, salah satunya adalah Respiration. Apa itu Respiration Minecraft? Simak dalam artikel ini.

Enchanments sendiri adalah sebuah mekanik yang dapat meningkatkan kemampuan atau memberi kemampuan penggunaan tambahan pada suatu item.

Item yang diberikan enchantments akan menunjukkan animasi kilatan khusus yang muncul pada item tersebut.

Untuk kamu yang masih belum tahu apa itu Respiration Minecraft, yuk intip ulasan singkatnya di bawah ini ya!

Baca juga: Resep TNT di Minecraft, Bagaimana Cara Membuatnya?

Apa itu Respiration Minecraft?

Apa itu Respiration Minecraft
Respiration di Minecraft. Source: JayDeeMC/Youtube

Respiration adalah sebuah helm yang sudah diberikan enchantment. Kegunaan dari helm yang satu ini adalah untuk memperpanjang waktu pemain saat bernafas dalam air.

Respiration dapat memperpanjang waktu bernafas dalam air selama 15 detik untuk setiap level enchantment yang bisa ditambahkan pada waktu default-nya yaitu 15 detik.

Selain itu, Respiration bisa mengurangi damage yang didapatkan pemain saat berada didalam air sebanyak satu detik setiap levelnya.

Level maksimal yang bisa didapatkan oleh pemain tanpa menggunakan commands adalah level 3, ini berarti total waktu dalam air yang pemain dapatkan adalah 60 detik termasuk waktu default tanpa enchantments.

Commands atau yang dikenal sebagai Console Commands adalah sebuah fitur lanjutan yang bisa diaktifkan dengan mengetik teks tertentu.

Cara Mendapatkan Respiration

 Enchantment Table
Enchantment Table. Source: JayDeeMC/Youtube

Pemain bisa mendapatkan enchantments dengan menggunakan sebuah enchanting table untuk menambah bonus spesial pada peralatan, senjata, dan armor.

Bagaimana cara membuat enchanting table? Untuk membuatnya, kamu memerlukan beberapa material yaitu 2 Diamond, 4 Obsidian, dan 1 Book. Setelah mengumpulkan semua material yang dibutuhkan, ikuti langkah berikut ini.

  • Buka menu crafting;
  • Letakkan buku di kolom kedua dari baris pertama;
  • Pada baris kedua, letakkan material dengan urutan sebuah Diamond, Obisidian, dan Diamond lagi;
  • Pada baris ketiga isilah semuanya dengan batu Obsidian.

Jika semua material sudah diletakkan dengan urutan yang benar, akan ada sebuah enchanting table muncul di kotak sebelah kanan.

Letakkan enchanting table di tempat yang kamu inginkan lalu berinteraksilah dengannya. Akan muncul sebuah menu dengan penyimpananmu dan dua slot kosong di atasnya.

Slot pertama digunakan untuk meletakkan item yang ingin kamu berikan enchanments sedangkan slot kedua untuk meletakkan lapis lazuli.

Respiration Minecraft - Item Lapis Lazuli
Item Lapis Lazuli. Source: JayDeeMC/Youtube

Untuk bisa memberikan enchanments, kamu harus menggunakan level sistem experience orbs dengan level minimal 1.Setelah meletakkan item dan lapis lazuli di slot yang tersedia, pilihlah sebuah opsi. Jika tidak ada opsi yang muncul, terus ganti itemmu.

Menggabungkan item
Opsi untuk mendapatkan Respiration. Source: JayDeeMC/Youtube
Sebagai catatan, tidak semua item bisa diberikan enchanments pada level 1. Sehingga akan lebih baik lagi jika kamu berada di level 2 keatas.

Biaya yang diperlukan untuk memberikan enchantments pada suatu item diambil dari experience saat membunuh mobs, membiakkan ternak, atau menambang sumber daya.

Level 30 adalah level maksimal yang bisa dicapai oleh Enchantments. Untuk mendapatkan level tertinggi dari enchantments, kamu membutuhkan total 15 rak buku yang diatur dengan jarak satu blok.

Untuk tinggi rak buku, kamu hanya memerlukan 1 blok dengan membentuk persegi berukuran 5 x 5. Jangan lupa membuat bukaan untuk pintu masuknya.

Baca juga: Cara Bernafas Dalam Air di Minecraft, Gampang!

Cara Lain Bernafas Dalam Air

Cara bernafas dalam air di Minecraft
Cara bernafas dalam air di Minecraft. Source: RajCraft/Youtube

Selain menggunakan Respiration enchantment, terdapat cara lain untuk bernafas dalam air. Berikut adalah daftarnya.

  • Potion of Water Breathing
  • Potion of Water Breathing (Extended)
  • Splash Potion of Water Breathing
  • Splash Potion of Water Breathing (Extended)
  • Lingering Potion of Water Breathing
  • Lingering Potion of Water Breathing (Extended)
  • Arrow of Water Breathing
  • Arrow of Water Breathing (Extended)
  • Turtle Shell
  • Conduit Power

Nah itulah semua yang harus kamu ketahui tentang Respiration Minecraft. Kalau kamu sendiri lebih sering menggunakan apa nih?

Baca juga: Resep TNT di Minecraft, Bagaimana Cara Membuatnya?

Yuk belanja kebutuhan murah dan cepat di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!