Cara Bernafas Dalam Air di Minecraft, Gampang!

Cara bernafas dalam air di Minecraft

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Minecraft, salah satunya bernafas dalam air. Bagaimana cara bernafas dalam air di Minecraft?

Sama seperti di dunia nyata, tidak hanya ada daratan saja di Minecraft tapi juga ada wilayah perairan dimana pemain bisa memancing dan membangun kapal.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara bernafas dalam air di Minecraft.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Cauldron di Minecraft

Cara Bernafas Dalam Air di Minecraft

Cara bernafas dalam air di Minecraft
Cara bernafas dalam air di Minecraft. Source: Udisen/Youtube

Untuk bisa bernafas dalam air di Minecraft, terdapat tiga cara yang bisa kamu lakukan yaitu menggunakan Potion, Turtle Shell, dan Conduit Power.

Menggunakan Potion

Cara bernafas dalam air di Minecraft - Potion of Water Breathing
Potion of Water Breathing. Source: Udisen/Youtube

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk bisa bernafas dalam air adalah membuat Potion Water Breathing. Dengan membuat Potion yang satu ini, kamu bisa bertahan di dalam air selama 3 menit.

Pertama, kamu harus mengumpulkan beberapa material dan equipment untuk bisa membuat ramuan ini. Kamu membutuhkan Brewing Stand, Glass Bottle, Nether Wart, Pufferfish, dan sebuah sumber air seperti seember air atau kolam terdekat.

Setelah mengumpulkan semua item, pergilah mengisi Glass Bottle dengan air dari sumber terdekat. Pegang Glass Bottle di tangan, lalu klik kanan untuk mengambil air dari sumber yang ada di depanmu.

Letakkan Water Bottle di tengah slot ramuan yang ada di Brewing Stand. Klik kanan di Brewing Stand untuk mengakses menu brewing.

Selanjutnya, letakkan Nether Wart di slot bagian atas dari Brewing Stand. Kamu akan mendapatkan Awkward Potion, yaitu ramuan dasar yang nantinya akan digunakan untuk ramuan bernafas dalam air.

Letakkan Awkward Potion di tengah slot yang ada pada Brewing Stand. Terakhir, letakkan Pufferfish di slot atas Brewing Stand. Sekarang kamu sudah mendapatkan Potion of Water Breathing.

Memakai Turtle Shell

Cara bernafas dalam air di Minecraft - Turtle Shell
Turtle Shell. Source: Udisen/Youtube

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan Turtle Shell. Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah memberi makan rumput laut kepada dua kura-kura.

Dengan melakukan ini, mereka berdua akan masuk ke mode love. Seorang kura-kura akan bertelur dan pergi ke titik pemijahannya di sebuah pantai.

Tunggulah telur kura-kura untuk menetas. Biasanya akan ada satu hingga empat telur di pantai. Telur-telur ini akan menetas dalam waktu empat hingga lima hari.

Untuk mendapatkan helm Turtle Shell, kamu harus mengumpulkan lima sisik. Sisik ini akan dijatuhkan oleh para bayi kura-kura saat mereka berubah menjadi dewasa.

Waktu yang dibutuhkan untuk bertransformasi menjadi dewasa biasanya hanya satu hari. Terus ulangi langkah ini sampai kamu mendapatkan jumlah sisik yang diperlukan.

Setelah mendapatkan bahan yang dibutuhkan, sekarang kamu sudah bisa membuat helm Turtle Shell. Letakkan sisik dalam 5 lokasi yang ada di menu crafting 3 x 3. Lokasi-lokasi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tengah kiri
  • Tengah bawah
  • Tengah kanan
  • Bawah kanan
  • Bawah kiri

Kamu akan mendapatkan helm Turtle Shell. Langkah terakhir adalah meletakkan Turtle Shell di slot helmet yang ada di menu equipment. Dengan menggunakan item ini, kamu akan mendapat tambahan waktu 10 detik untuk bernafas dalam air.

Baca juga: Cara Menghilangkan Air di Minecraft Terbaru 2023

Menggunakan Conduit Power

Conduit Power
Conduit Power. Source: Udisen/Youtube

Cara yang terakhir untuk bernafas dalam air di Minecraft adalah menggunakan Conduit Power. Sama seperti cara yang pertama, kamu perlu mengumpulkan beberapa material.

Material yang perlu kamu kumpulkan adalah Eight Nautilus Shells, One Heart of the Sea, 42 blocks for the frame, dan air. Berikut adalah tempat mendapatkan material ini:

  • Eight Nautilus Shells – Didapatkan dari harta karun saat memancing, mobs yang tenggelam, dan pedagang keliling.
  • One Heart of the Sea – Didapatkan dari harta karun yang ada dalam reruntuhan lautan dan kapal yang tenggelam.
  • 42 blocks for the frame – Frame yang bisa digunakan adalah prismarine, prismarine hitam atau lentera laut.
  • Air – Didapatkan dari air bervolume 3 x 3 x 3 dari suatu kerangka aktif. Kamu bisa membangun kerangka ini dalam air atau menggunakan ember air untuk mengisi kerangka tersebut.

Setelah mengumpulkan material diatas, buatlah conduit (saluran/kanal) dengan meletakkan 8 Nautilus Shells dan 1 Heart of the Sea. Letakkan material tersebut di menu crafting 3 x 3.

Letakkan Heart of the Sea di slot tengah dan letakkan Nautilus Shells di slot yang tersisa dari tengah.

Setelah itu, aktifkanlah sebuah kerangka dengan menggunakan balok 5 x 5 x 5 dimana setiap sisinya adalah plus (+) yang terbuat dari dark prismane, prismane, batu bata prismane, atau lentera laut.Isilah kerangka yang sudah dibuat dengan air dengan volume 3 x 3 x 3.

Kamu bisa mengisi air dengan menggunakan ember atau membuat kerangka tersebut dibawah air.Letakkan conduit (saluran/kanal) di tengah kerangka.

Kamu akan melihat conduit tersebut aktif dan menampilkan Heart of the Sea berwarna biru.Selesai! sekarang kamu sudah mendapatkan efek Conduit Power yang bisa digunakan untuk membuatmu bernafas dalam air di Minecraft.

Nah, itulah cara untuk bernafas dalam air di Minecraft. Mudah, bukan? Semoga panduan kali ini bisa membuat permainanmu terasa lebih menyenangkan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Air di Minecraft Terbaru 2023

Yuk Top Up Game Murah dan Cepat di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!