Dudunsparce: Evolusi Pokemon ‘Ular’ Yang Sangat Ikonik

Pokemon Dudunsparce

Dudunsparce? Enggak salah ketik? Bukannya Dunsparce ya? Eits, jangan salah ya Vicigers! Meski kedua Pokémon itu saling berkaitan, namun keduanya adalah entitas yang berbeda lho!

Yap, selama delapan generasi lamanya, para Trainer mengenal Dunsparce hanya sebagai ‘pelengkap Pokédex’ semata. Namun akhirnya di generasi terbarunya kali ini, Game Freak selaku developer-pun merilis bentuk evolusinya lho!

Lantas apa sih yang baru? Dan apakah dengan adanya evolusi ini, sang Pokémon dapat memiliki signifikansi yang berbeda? Nah, buat yang penasaran, yuk simak ulasan detailnya berikut ini! Langsung cekidot aja!

Baca juga: Semua Tentang Tipe Pokemon Ghost yang Harus Kamu Ketahui

Mengenal Dunsparce sebelum Dudunsparce

Pokemon Dunsparce
Pokemon Dunsparce. Sumber: VCGamers

Nah sebelum membahas lebih dalam tentang Dudunsparce, yuk lebih dahulu kenalan sama Dunsparce. Dengan begitu pemaham kalian jadi bisa lebih holistik dan lengkap!

Dalam universe Pokémon yang penuh dengan makhluk-makhluk fantastis dan beragam, Dunsparce merupakan salah satu Pokémon yang memiliki daya tarik khusus dan misteri tersendiri nih Vicigers.

Tampilan Dunsparce

Dengan penampilan yang cukup sederhana, Dunsparce memiliki segudang fakta menarik dan aspek yang membuatnya berbeda dari yang lain.

Dunsparce adalah Pokémon bertipe Normal yang pertama kali diperkenalkan di generasi kedua. Dunsparce memiliki tubuh panjang dan ramping, dengan warna kuning dan putih sebagai ciri khasnya.

Tubuhnya dilengkapi dengan sepasang sayap kecil dan mata besar yang melihat keluar dengan ekspresi penasaran. Salah satu ciri khasnya adalah helai bermotif biru di ujung ekornya.

Asal-Usul dan Keterkaitan Dunsparce dengan Legenda

Bentuk Hewan Mitologi Tsuchinoko Yang Menjadi Inspirasi Dunsparce
Bentuk Hewan Mitologi Tsuchinoko Yang Menjadi Inspirasi Dunsparce. Sumber: VCGamers

Dunsparce memiliki keterkaitan dengan berbagai mitos dan legenda. Beberapa fans meyakini bahwa Pokémon ini memiliki asal-usul legendaris, mungkin berasal dari legenda makhluk bawah tanah atau mitos serupa.

Namun jika dilihat dari trivia miliknya, salah satu mitos yang paling cocok dengan Dunsparce sendiri adalah kisah mahluk mitologi Jepang yang identik dengan kisah kanak-kanak bernama Tsuchinoko.

Mahluk ini menyerupai ular berbadan ‘gendut’ yang diceritakan bisa melompat hingga bahkan berbicara! Meskipun tidak ada keterkaitan resmi dengan legenda dalam cerita Pokémon, gagasan ini menunjukkan daya tarik unik yang dimiliki Dunsparce dalam pikiran para pengembangnya.

Dunsparce sebagai Pokémon pelengkap Pokédex

Di luar deskripsi tersebut, Dunsparce sendiri jarang sekali menjadi pilihan para Trainer sebagai lineup Party mereka. Acap kali Pokémon ini hanya menjadi koleksi ‘pelengkap’ semata: hanya agar Pokedex region tersebut dapat komplit.

Yap, memang terdapat kategori Pokémon yang ‘jarang digubris’ seperti ini. Dan selain Dunsparce, beberapa yang juga termasuk ke dalamnya seperti Shuckle, Luvdisc, Delibird, dsb.

Baca juga: Kenalan Sama Pokémon Imut: Togepi Sang Telur

Dudunsparce sebagai Evolusi Dunsparce

Pokemon Dudunsparce Dua Dan Tiga Segmen
Pokemon Dudunsparce Dua Dan Tiga Segmen. Sumber: VCGamers

Nah, di generasi kesembilan ini, para developers Pokémon memutuskan untuk memberikan terobosan baru khususnya bagi Dunsparce lho! Yap, bentuk evolusinya yang bernama Dudunsparce, baru saja diperkenalkan di Pokémon Scarlet dan Violet.

Sekilas Pokémon ini tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Bisa dibilang, ini merupakan Pokémon pertama yang setelah ber-evolusi tidak memiliki perubahan morfologi (bentuk) yang berarti.

Namun, tipe evolusi Dunsparce ke Dudunsparce ini memiliki sentuhan baru: memiliki bentuk langka. Yap, Game Freak selaku developer memperkenalkan dua jenis Dudunsparce.

Yang pertama adalah Dudunsparce dengan tubuh yang terbagi menjadi dua segmen (two-segment form), dan yang berbentuk tiga segmen (three segment form).

Normalnya, seekor Dunsparce akan berevolusi menjadi Dudunsparce dengan bentuk dua segmen. Hanya mereka yang beruntung sajalah yang bisa mendapatkan Dudunsparce dengan bentuk tiga segmen.

Ini karena kemungkinan mendapatkannya memiliki perbandingan 1/100. Tidak ada metode efektif yang official mengenai bagaimana cara memastikan agar mendapatkan Dudunsparce tiga segmen melalui proses evolusi.

Juga perlu dicatat bahwa Dudunsparce tiga segmen hanya bisa didapatkan melalui proses evolusi atau trade (dari mereka yang berhasil meng-evolusikannya) semata. Ia tidak akan bisa ditemukan ter-spawn secara alami di alam liar.

Selain dari pada sistem itu, Dudunsparce sendiri tidak memiliki keistimewaan lain. Bisa dibilang ini hanya sekedar ‘gimmick’ agaar para player bisa memiliki playhours lebih banyak untuk melengkapi koleksi Pokémon mereka.

Baca juga: Semua Tentang Tipe Pokemon Ghost yang Harus Kamu Ketahui

Itulah pembahasan mengenai Dudunsparce sang Pokémon unik berbentuk ular. Nantikan pembahasan mengenai Pokémon lainnya, hanya di VCGamers News!

Jangan lupa, Top Up Game Murah, Cepat dan Aman hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!