Kenalan Sama Pokémon Imut: Togepi Sang Telur

Togepi

Mungkin banyak yang sudah pernah melihat Pokémon lucu berbentuk telur yang satu ini, khususnya mereka yang menonton Anime Pokémon region Kanto. Yap, pada anime-nya, Togepi kerap kali dimunculkan sebagai peliharaan setia karakter Misty yang sering terlihat digendong ke mana-mana.

Di dalam anime-nya, Togepi beberapa kali mengambil peran sebagai Pokémon ‘kuda hitam’: menolong crew sang protagonis ketika mengalami kesulitan. Memang apa sih kekuatannya?

Nah buat yang penasaran sama Pokémon yang satu ini, yuk simak ulasannya di artikel berikut ini! Jangan sampai kalian enggak paham dan malah mengabaikan Pokémon yang satu ini ketika bertemu di game!

Baca juga: Kumpulan Starter Pokemon Tipe Api Yang Paling Ciamik!

Mengenal Pokémon Telur Togepi

Togepi 3D
Togepi 3D. Sumber: VCGamers

Togepi, makhluk kecil berbentuk telur dengan pesona yang tak tertandingi, telah menjadi salah satu karakter yang paling ikonik dan disukai dalam waralaba Pokémon.

Dikenal dengan wujudnya yang menggemaskan dan sifatnya yang penuh kehangatan, Pokémon ini telah mencuri hati para penggemar Pokémon di seluruh dunia.

Pokémon ini pertama kali diperkenalkan dalam generasi kedua permainan Pokémon, yaitu Pokémon Gold dan Silver dengan tipe Fairy (Peri). Namun seiring perkembangan, tipenya berubah menjadi Normal kala memasuki generasi keenam.

Muncul sebagai Pokémon yang misterius dan langka, Togepi memperkenalkan elemen baru dalam evolusi Pokémon kala itu. Belum pernah diperkenalkan pada generasi sebelumnya, Pokémon ini dapat berevolusi menjadi Togetic (Normal/Flying).

Dan di generasi keempat, bentuk evolusi finalnya diperkenalkan, yakni Togekiss: dengan bentuk burung sempurna dengan tipe Fairy/Flying (menjadi Normal/Flying di generasi keenam).

Keunikannya dalam evolusi ini membuatnya menjadi salah satu Pokémon yang menarik untuk dikejar dan dipelihara oleh para Trainer.

Baca juga: Semua Tentang Tipe Pokemon Ghost yang Harus Kamu Ketahui

Wujud dan Karakteristik

Togepi-nya Misty di Anime
Togepi-nya Misty di Anime. Sumber: Official Site

Pokémon ini memiliki penampilan yang benar-benar unik dan khas dari Pokémon lainnya. Tubuhnya berbentuk seperti telur kecil yang membulat dengan bagian kepala, kaki, dan tangan yang seakan menyembul dari cangkang telur-nya.

Dengan kulit putih, serta pola-pola berbentuk bangun datar (segitiga dan kotak) berwarna biru serta merah, ini menambah kesan “kawaii” yang dimilikinya.

Selain dari segi penampilan, Togepi juga dikenal karena karakteristiknya yang penuh kasih sayang. Yak, Pokémon ini yang sangat dekat dengan emosi dan perasaan manusia.

Ia diperlihatkan mampu merasakan emosi dari orang di sekitarnya, dan jika merasa aman dan dicintai, ia akan mengembangkan sayap dan akhirnya berevolusi dengan penuh cinta.

Baca juga: Evolusi Eevee Pokemon Go, Ada Apa Saja Sih?

Kekuatan Togepi

Nah, bagian ini nih yang tentunya paling ditunggu-tunggu sama Vicigers bukan? Apasih kekuatan dari Togepi? Sebenarnya tidak ada konteks yang terlalu special bagi Pokémon ini di dalam game.

Namun peran dari ‘propaganda’ media-nya lah (anime) yang menjadikan Pokémon ini terlihat over-rated.

Sering kali digambarkan dalam anime, bahwa ketika Togepi menggerakkan kedua tangannya hingga bersinar, ia bisa mengeluarkan ‘special move’ (jurus spesial)-nya.

Sering kali jurus ini muncul ketika crew protagonis terdesak dan akhirnya membalikkan keadaan! Togepi-pun hadir menyelamatkan hari!

Namun pada dasarnya, jurus ini sendiri tidak sehebat itu di dalam game-nya. Bagi para penikmat game Pokémon, jurus yang satu ini pasti sudah sangat familiar: yap, Metronome! Ketika jurus ini digunakan, penggunanya dapat mengeluarkan berbagai jurus lain secara random.

Dan di situlah letak ketidakpastiannya: terkadang jurus yang muncul bersifat damaging dan powerful (Frenzy Plant, Blast Burn, Hydro Cannon, dst.), namun terkadang juga tidak begitu berarti (Splash, Mud Sport, dll.)

Inipun bukan signature moves dari Togepi. Benar banget, ada banyak Pokémon lainnya yang juga bisa mempelajari Metronome. So, di dalam anime, Pokémon ini mungkin overpowered.

Namun di dalam game-nya, ia merupakan Pokémon ‘mediocre’ dengan kekuatan yang tidak begitu spesial.

Baca juga: 5 Pokemon Terlucu dan Menggemaskan 2023

Cara mengevolusikan Togepi

Evolusi Togepi
Evolusi Togepi. Sumber: VCGamers

Meski begitu bukan berarti Pokémon ini tidak layak untuk dimiliki ya Vicigers! Khususnya buat kalian yang ingin “Catch ’em all” (menangkap semua Pokémon dan melengkapi Pokédex), tentu memiliki Togepi dan kedua bentuk evolusinya adalah suatu keharusan.

Untuk mengevolusikan Togepi menjadi Togetic, kalian bisa melakukannya dengan meningkatkan persahabatan.

Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan melakukan grinding leveling dengan menggunakan Togepi-nya (tanpa mengandalkan Exp. Share, Rare Candy, dll.), maupun dengan menggunakan item-item khusus panambah kebahagiaan.

Dan setelah tingkat kebahagiaannya cukup, ketika Togepi naik level, ia akan auto berevolusi menjadi Togetic. Sedangkan untuk merubahnya menjadi Togekiss sebagai bentuk finalnya, malah lebih mudah lagi.

Vicigers hanya perlu menggunakan Shiny Stone pada Togetic kalian, tanpa harus berlama-lama, maka sang Pokémon-pun akan berubah menjadi Togekiss. Mudah bukan!

Baca juga: Rekomendasi Game Pokemon untuk Switch Terbaik 2023

Buat kamu yang mau beli item, skin, voucher atau top up game murah dan cepat, langsung aja ke VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!