Crafting Conduit Minecraft, Buat Kalian Yang Doyan Diving!

Conduit Minecraft

Buat yang bingung sama peran dari balok (block) Conduit Minecraft, cocok banget nih berlabuh di artikel ini! Kalian jadi bisa paham mengenai detail-detail dari crafting-an yang satu ini.

Tentu tidak semua balok di Minecraft bisa akrab digunakan pada berbagai terain (medan) maupun bioma (biome). Ada beberapa balok yang lebih dominan dan identik untuk penggunaan di suatu wilayah tertentu saja. Salah satunya adalah Conduit ini.

Nah buat yang penasaran mengenai berbagai seluk Conduit Minecraft, yuk simak artikelnya sampai habis! Jadi kalian enggak asal buat saja tanpa tahu kegunaannya ya!

Baca juga: Cara Membuat Blast Furnace Minecraft yang Wajib Diketahui

Balok Conduit Minecraft

Block Conduit di Minecraft (Aktif/Non-aktif)
Block Conduit di Minecraft (Aktif/Non-aktif). Sumber: VCGamers

Nah, sekarang kita akan masuk ke pembahasan mengenai Conduit itu sendiri. Conduit adalah salah satu blok yang memiliki keunikan dan kekuatan khusus, terutama ketika berada di dalam air.

Conduit telah menjadi salah satu elemen yang menarik dalam permainan, memberikan pemain kemampuan unik dan juga memperkaya pengalaman menjelajahi dunia bawah laut.

Ketika Conduit diaktifkan, ia akan menciptakan area of effect (AOE) yang disebut “Conduit Power”. Efek ini memberikan beberapa keuntungan kepada pemain yang berada di dalam air.

Cara Mendapatkan Conduit

Bahan Crafting Conduit Minecraft
Bahan Crafting Conduit Minecraft. Sumber: VCGamers

Untuk Conduit, pemain hanya bisa mendapatkannya melalui proses crafting semata. Balok ini tidak akan bisa ter-spawn secara alami dalam bentuk apapun dan dimanapun (termasuk di dalam Chest). Dan untuk bahan-bahan crafting-nya adalah:

Heart of the Sea (HotS) – x1: Ini adalah bahan utama yang diperlukan. Dan sebagai bahan utama, HotS adalah item langka yang hanya dapat ditemukan dengan cara-cara tertentu saja.

Nautilus Shell – x8: Dan bahan lainnya adalah Nautilus Shell. Berbeda dengan HotS, item ini lebih mudah ditemukan dengan lebih banyak cara, khususnya di wilayah bioma dekat perairan (drop mob, memancing, Wandering Trader, dsb.)

Setelah Vicigers memiliki kedua bahan di atas sesuai dengan kuantitasnya, Conduit bisa kalian buat menggunakan crafting table.

Cara Mengaktifkan Conduit Minecraft

Nah, setelah membuat Conduit bukan berarti ‘PR’ kalian selesai. Selanjutnya adalah tentang cara mengaktivasikannya.

Untuk bisa membuat Conduit menjadi aktif, tidak asal di taruh dalam air saja lho! Vicigers harus membuat ‘Rangka Conduit’ (Conduit Frame) terlebih dahulu.

Frame-nya pun tidak asal sembarangan. Conduit hanya bisa aktif bila dibangun pada Frame bawah air yang terbuat dari Prismarine, Dark Prismarine, Prismarine Bricks, dan Sea Lantern (boleh menggunakan 1 jenis saja atau dikombinasikan keempatnya.

Minimal, kalian memerlukan sebanyak 42 balok. Apabila frame ini sudah berhasil dibuat dan Conduit ditaruh di posisi tengahnya, maka Conduit akan secara otomatis aktif: baloknya akan terlihat terbuka dan memperlihatkan inti Heart of the Sea-nya. Untuk jelasnya, dapat dilihat digambar ini:

Conduit Frame
Conduit Frame. Sumber: VCGamers

Kekuatan dan Efek Conduit Power

Satu yang juga perlu di catat adalah bahwa Conduit juga dapat menyerang hostile mobs yang berada di air lho Vicigers (dalam jarak AOE sejauh 8 balok)! Ini tentu melengkapi struktur Conduit: menjadikannya sebagai lokasi yang aman di dalam air.

Sedangkan untuk efek dari Conduit Power-nya adalah sebagai berikut:

  • Kecepatan renang (Haste): Pemain akan merasakan peningkatan kecepatan renang yang signifikan mendapatkan efek Conduit. Ini sangat bermanfaat ketika menjelajahi laut atau sungai dalam permainan.
  • Bernapas di bawah air (Water Breathing): Yap, ini merupakan salah satu efek yang paling berguna: kemampuan untuk bernapas di bawah air. Ini memungkinkan pemain untuk tetap di dalam air tanpa khawatir kehabisan napas.
  • Melihat dalam gelap (Night Vision): Conduit Power juga memberikan kemampuan melihat dalam gelap, sehingga dapat mempermudah pemain meski berenang kala malam sekalipun.
Baca juga: Minecraft Herobrine: Urban Legend di Komunitas Minecraft

Nah itu dia tadi pembahasan mengenai balok Conduit Minecraft. Jangan lupa, beli berbagai kebutuhan Minecraft murah, cepat dan aman di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!