Cara Membuat Blast Furnace Minecraft yang Wajib Diketahui

Resep Blast Furnace

Bermain Minecraft bukan cuma tentang gathering dan mining doang loh, tapi juga termasuk di dalamnya crafting. Dan salah satu aspek yang tak boleh dilewatkan dalam crafting adalah cara membuat blast furnace.

Yap, mengolah bahan baku menggunakan furnace memiliki kerumitannya sendiri dikarenakan perlu adanya pemahaman mengenai mekanikan dunia Minecraft yang begitu kompleks.

Karena itulah, pada bahasan kali ini kita akan memberikan cara membuat Blast Furnace yang wajib banget diketahui oleh para Vicigers penikmat Minecraft. So, buat yang penasaran sama detail-detailnya, yuk disimak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Semua yang Harus Kamu Tahu Tentang Respiration Minecraft

Blast Furnace Minecraft

Tampilan Blast Furnace
Tampilan Blast Furnace. Sumber: VCGamers

Dalam universe open-world milik Minecraft, Blast Furnace adalah salah satu alat penting yang memainkan peran utama dalam proses pengecoran (smelting) dan pemrosesan logam.

Alat ini menghadirkan dimensi baru dalam permainan, memberikan pemain kemampuan untuk menciptakan blok-blok logam dengan efisiensi yang tinggi.

Blast Furnace adalah salah satu alat kerajinan (crafting tool) yang diperkenalkan dalam versi Minecraft 1.14. Alat ini digunakan untuk memproses logam dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan Furnace biasa.

Proses smelting dengan Blast Furnace memerlukan waktu yang lebih singkat dibandingkan Furnace biasa.

Sebagai contoh, dalam Furnace biasa, bijih besi (iron ore) memerlukan waktu 10 detik untuk diproses menjadi blok besi (iron ingot).

Sedangkan dalam Blast Furnace, proses ini hanya memerlukan waktu 5 detik. Hal ini membuat pemain dapat menghasilkan logam dalam jumlah yang lebih banyak dengan cepat.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Grindstone di Minecraft

Cara Membuat Blast Furnace Minecraft

Cara Membuat Blast Furnace
Cara Membuat Blast Furnace. Sumber: VCGamers

Tentu saja untuk memiliki dan menggunakan Blast Furnace, pemain harus mendapatkannya terlebih dahulu.

Ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, Vicigers bisa mengikuti cara manapun yang kalian anggap lebih mudah.

Yang pertama adalah dengan mencarinya di rumah Villager, khususnya mereka yang perprofesi sebagai Armorer.

Apabila kamu sempat menjumpai sebuah desa dan di dalamnya termasuk spawn rumah Armorer, kamu bisa mengambilnya secara cuma-cuma!

Namun tentu saja tidak setiap desa mendapatkan spawn Armorer. Dengan begitu metode ini bisa dibilang untung-untungan dikarenakan jarak antara satu desa dengan desa lainnya selalu terpaut jarak yang cukup jauh. Jika tidak memiliki kemujuran tinggi, cara ini akan dirasa kurang efektif.

Dan jika memang begitu yang Vicigers alami, jangan khawatir, ada cara yang kedua. Dan ini juga terbilang mudah, dengan tingkat kepastian mendapatkan Blast Furnace hingga 100%: membuatnya sendiri!

Yap, bisa dibilang Blast Furnace merupakan crafting block yang tidak terlalu rumit dan bisa dibuat pada fase early game.

Untuk membuat Blast Furnace, pemain hanya memerlukan tiga bahan utama dan kesemuanya merupakan item-item yang mudah ditemukan.

Pada dasarnya, Blast Furnace merupakan bentuk upgrade dari Furnace. Karena itu pastikan Vicigers sudah memiliki Furnace terlebih dahulu.

Jika sudah, bahan-bahan tambahan untuk merubahnya menjad Blast hanyalah lima Iron Ingot, dan tiga Smooth Stone. Rangkailah menggunakan Crafting Table, dan Vicigers auto punya Blast Furnace deh!

Baca juga: Rekomendasi Server Minecraft Tower Defense Tahun 2023

Bahan Baku atau Resep Blast Furnace Minecraft

Blast Furnace
Blast Furnace. Sumber: VCGamers

Nah, tanpa berpanjang lebar lagi, berikut adalah semua bahan baku Blast Furnace yang tersedia di Minecraft. Berbagai item ini bisa di-smelt menggunakan Blast Furnace untuk menghasilkan:

  • Copper Raw/Ore > Copper Ingot
  • Iron Raw/Ore > Iron Ingot
  • Gold Raw/Ore > Gold Ingot
  • Nether Gold Ore > Gold Ingot
  • Ancient Debris > Netherite Scrap
  • Ore Diamond > Diamond
  • Ore Lapis Lazuli > Lapis Lazuli
  • Ore Redstsone > Redstone
  • Ore Coal > Coal
  • Ore Emerald > Emerald
  • Ore Nether Quartz > Nether Quartz
  • Semua Tools/Armor berbahan Iron > Iron Nugget
  • Semua Tools/Armor berbahan Gold > Gold Nugget
Baca juga: Resep Ender Chest dan Kegunaannya di Minecraft

Nah itulah tadi pembahasan mengenai resep Blast Furnace Minecraft. Pastikan selalu membaca seluk belum mengenai Minecraft lainnya, hanya di VCGamers News!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!