Peringkat Game God of War Terbaik

God of War PS4

God of War adalah seri game terbaik yang telah dirilis di banyak platform selama kurun waktu 16 tahun ini 

Sejak debutnya di PlayStation 2 pada tahun 2005, God of War telah berhasil memikat banyak gamer dan mendapat banyak penggemar di seluruh dunia.

Bagi kamu penggemar seri God of War apakah sudah memainkan seluruh game ini?

Jika iya, pasti kamu sudah menjelajahi pertarungan brutal kratos dari berbagai platform. Tapi di antar seluruh game tersebut, manakah yang terbaik?

Setiap game yang dirilis untuk platform mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Lewat artikel ini kamu akan membahas peringkat game God of War tersebut dari yang terburuk sampai yang terbaik. 

Baca juga: Cerita Baru dan Jadwal Rilis Shin Megami Tensei V: Vengeance

God of War: Betrayal (2007)

Game Seluler
Sumber: YouTube Project Detonado

Di peringkat ke-10 ada God of War Betrayal yang dirilis tahun 2007 sebagai game mobile di Java. Jika dibandingkan dengan 9 seri God of War lainnya, game ini adalah yang terburuk.

Seri Betrayal tidak seperti God of War lainnya karena menggunakan side-scroller 2D. Mekanisme pertarungan dalam game ini cenderung mirip dengan game Ninja Gaiden dari Nintendo Entertainment System. 

Meskipun tidak masuk kategori terbaik, game ini tetap luar biasa. God of War: Betrayal telah melampaui ekspektasi penggemar pada zamannya. 

God of War: A Call From The Wilds (2018)

God of War A Call From The Wild
Sumber: YouTube GeorgeFontaine

Game God of War: A Call from the Wilds adalah game dengan cerita pendek berbasis web yang rilis sebagai game Facebook.

Game ini dirilis untuk mempromosikan game God of War di PlayStation 4 pada tahun 2018 kemarin. 

Petualangan dalam game ini tidak begitu menarik dan tidak mampu menyaingi seri God of War lainnya. Dalam game ini kamu juga tidak berperan sebagai Kratos melainkan sebagai Atreus, putra Kratos

Karena keanehan demi keanehan yang ada di seri ini, God of War A Call from the Wild masuk peringkat ke-9 di dalam daftar ini.

Baca juga:Gameplay dan Unit Pasukan Unicorn Overlord

God of War: Ascension (2010)

God of War Ascension
Sumber: YouTube NnT Girls Games

Game God of War: Ascension dirilis pada tahun 2010 untuk PlayStation 3 sebagai prekuel dari trilogi God of War Original. Cerita utama gae ini berfokus pada usaha Kratos untuk melepaskan ikatan dari Ares, Dewa Perang.

Cerita utama dalam game ini bisa dibilang kurang berbobot dan emosional. Berbeda dengan di seri game lainnya, dalam game ini motivasi Kratos untuk membalas dendam kepada para tidak terlalu kuat.

Agak sulit memposisikan seri game ini di urutan ke-8 pasalnya, God of War: Ascension gameplay pertempuran yang lebih dinamis serta mekanisme climbing yang ditingkatkan.

Selain itu senjata Cestus milik Kratos dalam serial gam ini semakin memperkaya variasi gameplay menjadi lebih menarik.

God of War: Ghost of Sparta (2010)

Game god of War terbaik nomor tujuh

God of War: Ghost of Sparta adalah game PSP yang dibuat sebagai seri prekuel pada tahun 2010. Latar cerita dari game ini berkisar antara peristiwa di God of War dan God of War II. 

Dalam game ini Kratos berada di Atlantis bersama ibunya untuk menemukan saudaranya yang hilang. Dalam perjalanannya tersebut, 

Kratos harus berhadapan dengan Dewa Kematian Yunani, Thanatos. Pada seri ini kita akan mengerti bagaimana latar belakang Kratos dan keluarganya. 

Cerita dalam game ini bisa dibilang cukup menarik, dari seri ini kita mengetahui lebih jauh lagi tentang karakter favorit Kratos.

Namun sayangnya, ada beberapa aspek yang memposisikan seri ini berada di posisi ke-7. 

Meskipun demikian Ghost of Sparta adalah versi God of War yang diterima dengan baik di kalangan penggemar. Apalagi kehadirannya untuk konsol game genggam kala itu.

Baca juga: 7 Cara Memperbaiki Kecepatan Download Steam Lambat

God of War: Chains of Olympus (2008)

Game PSP
Sumber: YouTube Project Longplay

God of War: Chains of Olympus menjadi game pertama yang hadir untuk konsol genggam di zaman itu. 

Seri game ini bercerita tentang Kratos yang mencari Dewa Matahari, Helios. Dalam perjalanannya itu Kratos bertemu dengan putrinya di Elysium (Surga dalam Mitologi Yunani). 

Terlepas dari keterbatasan gameplay yang ditawarkan, God of War Chains of Olympus menjadi video game PSP terlaris ke-7 sepanjang masa. 

Kesuksesan game ini hanya terbatas pada konsol genggam saja. Sehingga game ini harus rela berada di urutan nomor 6 di daftar ini. 

Meskipun demikian, game ini memberikan suguhan fantastis saat Kratos bertempur melawan para dewa di Olympian. 

Dari sisi visual, Gunung Olympus yang ada di game ini juga tergambar dengan sangat indah. 

Banyak penggemar memuji gameplay dan alur cerita dari God of War: Chains of Olympus. 

Kekurangan dari game ini adalah cerita yang terlalu pendek sehingga pemain tidak merasakan pemecahan teka-teki seperti pada seri yang lainnya di daftar ini.

God of War 3 (2010) 

Game God of War terbaik nomor 5
Sumber:YouTube MichaelXboxEvolved

Pada game God of War 3 (2010), Kratos harus mengalahkan Zeus saat melakukan perjalanan untuk mencari Api Olympus dan kotak Pandora.

Secara grafis dan mekanisme pertarungan, game ini jauh lebih baik daripada game God of War di versi tahun sebelumnya. Penggunaan Sayap Icarus, menjadi daya tarik tersendiri karena menambah elemen gameplay. 

Pertarungan Kratos melawan Cronos, Poseidon, dan Zeus membuat seri God of war ini menjadi yang terbaik dibanding seri yang lain. 

Game God of War 3 adalah video game dengan penjualan terbaik di PlayStation 3. Grafisnya sangat menawan apalagi jika kamu memainkan versi remaknya di PlayStation 4. 

Mengingat gameplay, alur cerita, dan grafiknya, game ini masuk peringkat lima dalam daftar ini.

Baca juga: 10 Rekomendasi Action Game Terbaik yang Mirip God of War

God of War 2 (2007)

Game God of War terbaik nomor 4
Sumber: YouTube theGamerKratos

God of War 2 adalah sekuel dari God of War pertama yang dirilis tahun 2007 untuk konsol PlayStation 2. Dalam game ini Kratos menjadi Dewa Perang yang baru saja membunuh Ares. 

Dibandingkan dengan game pertama, game God of War 2 menawarkan pertarungan yang lebih cepat, brutal, dan dinamis. 

Ada senjat baru Kratos, Blades of Exile menjadi daya tarik tersendiri karena menambah variasi serangan sang karakter utama.

Di game ini kita bisa melihat kepribadian Kratos yang sangat haus akan kekuasaan dan dipenuhi oleh amarah. 

Game God of War 2 (2007) benar-benar menampilkan cerita yang penuh dengan kejuatan, pengkhianatan, dan momen-momen epik. 

Meskipun dalam game ini ditemukan jenis musuh baru secara umum variasi musuh yang ada masih kurang variatif dibandingkan game pertama. 

Oleh karena itu, God of War 2 hanya berhasil menduduki peringkat ke-4 dalam daftar ini. 

God of War (2005)

Game PlayStation 2
Sumber: YouTube Themes & Intros

Game God of War (2005) yang dirilis di PlayStation 2 menjadi awal mula perjalanan Kratos san hantu Sparta yang haus akan dendam. 

Kesan saat memainkan God of War (2005), game ini memperkenalkan betap brutalnya dunia mitologi Yunani. 

Gameplay hack and slash dalam God of War (2005) menawarkan pertarungan yang cepat dan penuh kepuasan. Di game ini Kratos menggunakan Blades of Chaos sebuah rantai yang digunakan untuk membantai musuh secara sadis.

Tak hanya gameplay, cerita yang disajikan dalam game ini juga tak kalah menarik. 

Kekerasan demi kekerasan yang dilakukan Kratos didasari amarah terhadap Ares yang telah menipu dan membunuh keluarganya. Hingga akhirnya Kratos berhasil mengalahkan Ares dan menjadi Dewa Perang. 

Sebagai game PS2 yang dirilis tahun 2005, God of War seri pertama ini mempunyai visual yang terbaik di zamannya. 

Dalam game ini kamu bisa merasakan kemegahan Olympus, kuburan gelap, serta berbagai tempat khas Yunani lengkap dengan para dewa dan monster legendaris.

Meskipun masuk kedalam jajaran game terbaik di daftar ini, kekurangan God of War pertama adalah permainannya yang lumayan sulit. 

Bagi anak berusia 6 tahun, kala itu menyelesaikan tahap pertama game benar-benar sulit. Selain itu, jarak checkpoint yang terlalu jauh juga menjadi penambah kesulitan dari game ini. 

Tentu kedua hal tersebut menjadi kekurangan dari game God of War di mata anak berusia 6 tahun yang saat itu memainkannya. 

Meskipun begitu, God of War adalah game action-adventure terbaik. Baik dari sisi cerita, grafis hingga gameplay dia layak masuk kategori terbaik. 

Dengan ini game God of War (2005) masuk kedalam peringkat tiga dalam daftar. 

Baca juga:5 Game Steam Murah, Bisa Tetap Main Walau Bokek!

God of War (2018) 

God of War 2018
Sumber: Steam

Meskipun berjudul sama dengan game yang rilis di konsol PS2, Kratos dalam God of War (2018) ini menjalani kehidupan damai, dia membesarkan Atreus putranya.

Dalam game ini God of War (2018) masih dipenuhi kebrutalan dan kekerasan, sebab itu memang ciri khas dari game ini. 

Kini Kratos dapat mengendalikan kapak Leviathan sehingga menambah variasi pertarungan di game ini. 

Dari segi alur cerita game God of War (2018) menawarkan alur cerita paling emosional di daftar ini. 

God of War (2018) adalah sebuah mahakarya, game ini menawarkan rangkain aksi menegangkan, visual memukau, desain level adiktif, dan pengembangan karakter kratos yang mengesankan. 

Tak heran jika video game PS4 ini menghasilkan angka penjualan tertinggi sepanjang masa. Beruntung alur cerita game ini tidak jadi menghapus Kratos sepenuhnya dari game. 

Dengan demikian God of War (2018) mendapatkan peringkat terbaik ke-2 dalam daftar ini.

God of War Ragnarök (2022)

Game God of War Terbaik
Sumber: Steam

God of War Ragnarök menjadi game pertama yang hadir di lebih dari satu konsol game. 

Game ini melanjutkan kisah Kratos dan Atreus yang ada di God of War (2018). Tujuan utama Kratos dalam misi ini adalah menghindari konsekuensi ramalan saat menghadapi Baldur. 

God of War Ragnarök hadir dengan gameplay yang jauh lebih dinamis dari pendahulunya. Pertarungannya sama-sama brutal dan menantang akan tetapi Kratos sekarang menguasai lebih banyak senjata.

Karena game ini hadir di konsol PlayStation 5 sudah jelas bahwa developer memaksimalkan sisi visual dari God of War Ragnarök.  Tampilan visual game ini benar-benar memukau dan animasinya halus. 

Ada beberapa fitur menarik yang membuatnya menggeser kedudukan game pendahulunya. Dalam gem ini Kratos mempunyai kemampuan berenang, grappling hook, dan sistem crafting yang lebih kompleks. 

God of War Ragnarök adalah game terbaik tahun 2022. Game ini terbilang sukses dengan angka penjualan yang menyentuh 19 juta kopi. Dengan demikian game ini berhasil masuk peringkat ke-1 dalam daftar ini.

Baca juga: Rekomendasi 10 Game yang Mirip Civilization di Xbox

Mau top up game, isi saldo Steam atau langganan live stream App tapi bingung cari tempat yang murah dan cepat? Sekarang gak perlu bingung lagi, selalu beli kebutuhan game mu di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!