Urutan Main Game Soulsborne Rilisan FromSoftware

FromSoftware

Jika mendengar kata FromSoftware, tentu benak semua orang akan langsung merujuk pada genre Soulsborne. Yap, sang developer berhasil mencetuskan standar baru di industri ini melalui genre “hardcore”-nya tersebut.

Menghasilkan suatu rumusan yang menjadi suatu standar pangsa pasar pastinya memerlukan portofolio ekstensif. Dan begitu pulalah FromSoftware membangun “kerajaannya”.

Pengalaman yang terbentang selama puluhan tahun membuat mereka memiliki cukup kompetensi untuk menciptakan genre-nya sendiri. Mau tak mau, para pesaing-pun hanya bisa mengekor pencapaian tersebut.

Nah, buat yang belum pernah mencicipi atau mungkin lagi penasaran tentang “kebengisan” sang genre, pas banget VCGamers akan membahasnya dalam artikel kali ini.

Siapa tahu setelah membaca bakal semakin tertarik, makanya disimak ya!

Baca juga: Tips Elden Ring Malenia, Boss Game Tersulit Sepanjang Masa

FromSoftware dan genre Soulsborne

Genre Soulsborne FromSoftware
Genre Soulsborne FromSoftware. Sumber: Bandai Official Site

FromSoftware merupakan pengembang game asal Jepang. Pada awalnya permainan yang mereka rilis tidak semerta-merta dikategorikan ke dalam genre ‘soulsborne’ oleh para penggemar.

Genre ini mendapat namanya dari permainan Souls pertama yang dirilis pada tahun 2009 dan diikuti oleh beberapa game lain yang memiliki gameplay, cerita, dan atmosfir yang mirip.

Gameplay soulsborne biasanya menawarkan tingkat kesulitan yang tinggi, di mana pemain harus menghadapi musuh yang kuat, jebakan, dan jalan buntu.

Pemain akan sering mati dalam permainan dan harus kembali ke checkpoint terakhir untuk mencoba lagi. Namun, pemain juga dapat mengumpulkan sumber daya seperti uang, senjata, dan barang lainnya selama permainan.

Pada dasarnya, judul-judul ini memang lebih cenderung diarahkan pada genre RPG. Karena itu meningkatkan karakter dan kemampuan melalui latihan serta mengumpulkan item juga menjadi fokus dalam permainan.

Baca juga: 4 Spirit Ash Elden Ring Paling Kuat

Urutan Soulsborne FromSoftware

Urutan Genre Soulsborne FromSoftware
Urutan Genre Soulsborne FromSoftware. Sumber: FromSoftware Official Site

Meski genre tersebut sudah sangat identik dengan sang developer, namun bukan berarti semua lineup mereka termasuk ke dalam genre tersebut. Bisa dikatakan, hanya mahakarya mereka sajalah yang termasuk di dalamnya.

Hanya ada tujuh game besutan sang pengembang yang termasuk ke dalam genre ini. Lantas sisanya bagaimana? Yah, anggap saja itu bagian dari eksperimen mereka dalam memetakan industri.

Nah, supaya bisa lebih paham yang mana-mana aja sih yang termasuk di dalamnya, berikut VCGamers akan sajikan dalam bentuk daftar.

Demon’s Souls

Judul ini digadang-gadang sebagai Soulsborne pertama yang dirilis tahun 2009 pada konsol Playstation 3.

Game ini merupakan cikal bakal dari bangkitnya sang genre. Meski grafisnya terlihat kuno, namun gameplay-nya masih sangat menantang dan memuaskan gamers dari banyak kalangan.

Dark Souls

Judul ini hadir sebagai permainan Soulsborne kedua yang dirilis pada tahun 2011 di Playstation 3, Xbox 360, dan PC.

Permainan ini mengambil setting yang lebih luas dan kompleks dari judul sebelumnya. Dark Souls dikenal sebagai permainan Soulsborne yang paling terkenal dan kerap di-“kultus”-kan oleh para penggemar genre ini.

Dark Souls II

Judul ini merupakan sekuel dan game Soulsborne ketiga, dirilis pada tahun 2014 dengan konsep cross-platform yang sama.

Meski dianggap memiliki gameplay yang lebih mudah daripada instalasi sebelumnya, namun setting dan ceritanya tetap menarik.

Bloodborne

Bloodborne merupakan permainan Soulsborne keempat yang dirilis pada tahun 2015 di Playstation 4.

Game ini hadir dengan setting yang lebih suram, mengerikan, cepat serta agresif daripada berbagai lineup Soulsborne sebelumnya.

Dark Souls III

Dark Souls III adalah permainan Soulsborne kelima dan seri Souls terakhir yang dirilis pada tahun 2016 pada Playstation 4, Xbox One, dan PC.

Game ini mengambil setting yang lebih epik dengan narasi yang lebih berat dibandingkan seri Soulsborne sebelumnya.

Sekiro: Shadows Die

Merupakan permainan Soulsborne terbaru sebelum Elden Ring yang dirilis pada tahun 2019 di Playstation 4, Xbox One, dan PC.

Permainan ini memiliki gameplay yang unik karena menggabungkan elemen stealth dan aksi yang cepat.

Sekiro: Shadows Die Twice juga memiliki setting dan cerita yang cenderung “ke-Jepang-an” layaknya asal region sang pengembang.

Elden Ring

Elden Ring besutan FromSoftware
Elden Ring besutan FromSoftware. Sumber: Bandai Official Site

Elden Ring merupakan instalasi terbaru sekaligus mahakarya Soulsborne yang berhasil dinisbahkan oleh sang pengembang.

Disutradarai oleh Hidetaka Miyazaki dengan dunia yang dibangun oleh penulis fantasi George R.R. Martin (pencipta Game of Thrones), game ini dirilis pada tanggal 25 Februari 2022 untuk konsol nextgen generasi ke-8 dan 9.

Baca juga: Cara Main Elden Ring Multiplayer, Simak Penjelasannya!

Gimana? Yakin deh, setelah baca paparan di atas pasti Vicigers langsung pengen coba sesulit apa genre Soulsborne ini.

Jangan lupa, Top Up Games dan Produk Digital seperti Steam Wallet, PSN dan lainnya dengan harga murah dan cepat hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!