Cara Membuat Dedicated Server ARK Xbox One 2022

ARK: Survival Evolved adalah game open-world, survival, dan action yang lebih seru jika bermain bersama teman. Maka dari itu, terdapat fitur dedicated server ARK yang tersedia untuk para pemain Xbox One.

Kali ini, VCGamers akan membahas tentang dedicated server ARK untuk para pemain Xbox One dan cara membuatnya. Penasaran bagaimana? Simak pembahasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Game FPS Paling Seru untuk Android dengan Mode Multiplayer

Dedicated Server ARK

Gameplay ARK
Gameplay ARK Multiplayer. Sumber: YouTube/Typical Gamer

Dedicated server adalah jenis hosting Internet untuk klien yang menyewa seluruh server khusus untuk client tersebut dan tidak dibagi dengan orang lain.

Dengan adanya penyewaan dedicated server, kamu bisa menikmati berbagai keuntungan tersendiri. Keuntungan tersebut adalah meningkatnya performa, keamanan, dan kekuasaan atas server tersebut.

ARK: Survival Evolved tersedia untuk berbagai platform, yakni Microsoft Windows, Nintendo Switch, macOS, Linux, PlayStation 4, Android, iOS, Stadia, dan tentunya Xbox One.

Bagi para pemain ARK dengan konsol Xbox One, mereka bisa menikmati dedicated server dengan pemain dari platform lainnya.

Hal tersebut karena ARK: Survival Evolved adalah salah satu game yang mendukung fitur cross-play. Fitur cross-play ini sangat berguna, khususnya untuk game dengan ketersediaan platfrom yang cukup banyak.

Fitur cross-play juga mendukung para pemain Xbox One yang ingin bermain di dedicated server lain penuh dengan pemain dari platform lain.

Sayangnya, terdapat satu kelemahan dari fitur cross-play ini yakni tipe platform. Pemain Android hanya bisa cross-play dengan iOS, dan Xbox bisa bermain dengan pemain dari PlayStation, Microsoft Windows, dan lain-lain.

Setelahj membahas singkat mengenai dedicated server, yuk kita simak pembahasan cara pembuatan dedicated server ARK untuk para pemain Xbox One di bawah ini!

Baca Juga: 5 Game MMORPG PC Paling Populer Oktober 2022

Cara Membuat Dedicated Server ARK Xbox

Multiplayer Dedicated Server ARK
Multiplayer Dedicated Server ARK. Sumber: YouTube/OP Multiplayer & Coop Games

Dedicated host adalah server yang dipergunakan untuk menyediakan tempat bagi para pemain. Dalam game ARK, dedicated server bukan berupa server fisik, namun server virtual yang bisa pemain buat secara gratis atau berbayar.

Sayangnya, pembuatan dedicated server di Xbox One mengharuskan pemain untuk membayar jasa dedicated server. Berbeda dengan Xbox One, para pemain Microsoft Windows, Linux, dan OS X bisa membuat dedicated server secara gratis.

Untuk membuat dedicated server untuk ARK: Survival Evolved in Xbox One, kamu harus membeli server dari hosting provider.

Menurut Alibaba Cloud, kamu harus melakukan set up software dedicated server dalam ARK Survival Evolved setelah mendapatkan server dari hosting provider.

Setelah melakukan set up, kamu bisa mengatur opsi yang tersedia di pilihan server settings dan buatlah map baru. Tahap terakhir adalah menambahkan pemain baru agar server terpenuhi dan bisa bermain bersama teman-teman.

Baca Juga: 5 Game RPG Offline Terbaik Sepanjang Masa

Tentang ARK: Survival Evolved

ARK: Survival Evolved
ARK: Survival Evolved. Sumber: YouTube/ARK: Survival Evolved

ARK: Survival Evolved adalah video game dengan genre bertahan hidup, action, dan petualangan yang rilis pada tahun 2017. Dikembangkan oleh Studio Wildcard, game ini cukup populer karena keunikan dan fitur multiplayer.

Dalam game tersebut, para pemain harus bertahan hidup karena terdampat di sebuah map yang cukup luas. Map ini berisikan dengan berbagai monster yang berkeliaran seperti dinosaurus, hewan prasejarah, dan pemain lain yang mungkin akan bermusuhan.

Game ini bisa kamu mainkan dari sudut pandang orang ketiga (TPS) atau orang pertama (FPS) di dunia terbuka atau open-world. Para pemain menjelajahi dunia terbuka dengan berjalan kaki atau menunggangi hewan prasejarah yang tersedia.

Pemain bisa menggunakan berbagai macam senjata api yang dibuat dari sumber daya yang tersedia untuk bertahan hidup dari makhluk berbahaya hingga pemain lain sebagai manusia yang bermusuhan.

ARK: Survival Evolved akan lebih seru ketika kamu bermain multiplayer melalui dedicated server. Tentunya dalam dedicated server tersebut memiliki fitur yang tidak ada dalam singleplayer yakni pembuatan suku pemain.

Demikian pembahasan mengenai dedicated server dalam game ARK: Survival Evolved, semoga bermanfaat!

Penuhi berbagai kebutuhan top up transaksi game hanya di VCGamers Marketplace dan dapatkan promo yang masih tersedia!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!