5 Game MMORPG PC Paling Populer Oktober 2022

MMORPG adalah singkatan dari Mass Multiplayer Online Role Playing Game. MMORPG merupakan genre yang fokus terhadap gameplay multiplayer dengan skala besar. Terdapat berbagai pilihan game MMORPG yang bisa kamu mainkan di PC.

Tentunya game MMORPG memerlukan player base yang cukup banyak. Bila game tersebut sepi pemain, maka pengalaman bermain MMORPG akan lebih kurang seru.

Maka dari itu, kali ini VCGamers akan membahas mengenai game MMORPG PC yang memiliki popularitas dan pemain yang paling banyak Bulan Oktober 2022.

Dengan besarnya player base, kamu bisa bermain dengan banyak pemain lain dan beragam aktivitas dalam game akan lebih mudah dengan bantuan pemain lain.

Baca Juga: 5 Game Open World MMORPG Android Terbaru

Game MMORPG PC dengan Pemain Terbanyak Oktober 2022

Berikut ini adalah daftar game MMORPG yang memiliki pemain terbanyak saat ini. Daftar di bawah ini diambil melalui data dari MMO Populations yang mencatat pemain aktif dan populasi dari setiap game MMORPG.

Old School RuneScape

Game MMORPG PC OSRS
Gameplay OSRS. Sumber: Gamereactor

Old School RuneScape atau biasa disingkat menjadi OSRS adalah salah satu game MMORPG yang paling tua. OSRS merupakan versi remastered dari game berjudul RuneScape. Jagex merilis game berjudul OSRS ini pada tahun 2013 untuk Windows PC dan pada tahun 2018, game ini tersedia untuk Android dan iOS.

Game ini memiliki latar belakang di Gielinor. OSRS menyambut semua pemain dari seluruh dunia untuk melakukan eksplorasi berbagai region yang tersedia dalam game tersebut.

Sebagai pemain, kamu bisa melawan monster atau makhluk lainnya, menjadi pahlawan atau penjahat, dan juga belajar berbagai skill layaknya di dunia asli seperti memotong kayu dan membuat makanan.

Kamu juga akan bertemu dan berinteraksi dengan pemain lainnya, seperti trading hingga melawan satu sama lain atau PvP. Menurut MMO Population, terdapat lebih dari 1,7 juta pemain yang bermain OSRS setiap harinya.

Baca Juga: OSRS Knight Waves Minigame 

World of Warcraft

Gameplay World of Warcraft
Gameplay World of Warcraft. Sumber: YouTube/igcompany

World of Warcraft atau WoW adalah game MMORPG utama dari Blizzard. Semenjak rilisnya pada tahun 2004, game ini menjadi MMORPG paling besar dan paling populer di dunia. Menurut MMO Population, total pemain dari game ini mencapai lebih dari 170 juta pemain.

Bertempat di dunia fantasi Azeroth, WoW sudah memiliki delapan ekspansi yang masing-masing ekspansinya memberikan dunia baru yang bisa para pemain jelajahi.

Ketika kamu mulai bermain, kamu akan memilih server dan memilih faksi. Terdapat dua faksi yang tersedia yakni faksi Alliance atau Horde. Satu-satunya yang harus kamu pertimbangkan adalah setiap pemain dari faksi yang berlawanan tidak bisa berkomunikasi secara terbuka.

Terdapat 12 ras yang bisa kamu pilih setelah memilih faksi. Setiap faksi memiliki enam ras dengan setiap keunikannya masing-masing. Setelah memilih ras, kamu akan memilih 13 kelas yang masing-masing juga memiliki keunikan gaya bermain dan skill set sesuai dengan selera.

Setelah itu, kamu akan mengikuti quest dan menjelajahi dunia yang sangat luas. Saat kamu menjelajahi WoW, kamu akan bertemu dengan pemain lain dan melakukan Raid bersama pemain lain untuk mendapatkan equipment atau hal-hal lain yang menjadi fokus kamu dalam bermain WoW.

Baca Juga: Overwatch 2 Baru Saja Rilis, Banyak Masalah?

FINAL FANTASY XIV: A Realm Reborn

Game MMORPG PC FFXIV
Game MMORPG PC FFXIV. Sumber: Techspot

Dikembangkan dan diterbitkan oleh Square Enix, FFXIV: A Realm Reborn adalah game MMORPG yang memiliki dasar dari franchise Final Fantasy yang sudah populer secara global.

Game ini merupakan revisi besar dan desain ulang dari game FFXIV yang rilis pada tahun 2010 karena banyaknya reaksi pemain yang menuntut bahwa adanya ketidakstabilan server dan masalah lainnya.

Meskipun game ini merupakan game revisi, namun FFXIV: A Realm Reborn sebenarnya adalah game yang sangat berbeda dari versi pertama. Terdapat berbagai ekspansi seperti WoW yang ditambakan pada game ini.

Seperti game MMORPG lainnya, game ini menyediakan kelas dan ras yang berbeda-beda. Setelah memilih ras dan kelas sesuai dengan keinginan, kamu akan menjelajahi quest di dunia FFXIV: A Realm Reborn dan berinteraksi dengan pemain lainnya.

Game MMORPG Path of Exile

Game MMORPG PC Path of Exile
Game MMORPG PC Path of Exile. Sumber: YouTube/PC Invasion

Path of Exile atau PoE adalah MMORPG dengan fitur single player dan multi player. Memiliki latar di dunia dark fantasy, PoE menyediakan berbagai pilihan kelas karakter yang bisa pemain pilih untuk berpetualang dan menjelajahi area yang sangat luas.

Game ini bisa kamu mainkan di berbagai platform yakni Microsoft Windows dan macOS untuk PC, Xbox One, dan PlayStation 4. Untuk PC, kamu bisa mengunduh PoE melalui Steam dan Epic Games.

Terdapat tujuh kelas karakter yang bisa kamu pilih. Setiap kelas memiliki keselarasan dengan salah satu dari tiga atribut dasar yang tersedia yakni Strength, Dexterity, Intelligence. Terdapat kelas Murni yakni Marauder, Ranger, dan Witch. Terkahir, kelas Hybrid yakni Duelist, Templar, Shadow, dan Scion.

Lost Ark

Lost Ark
Gameplay Lost Ark. Sumber: MMOs

Kolaborasi antara Smilegate RPG dan Tripod Studio menghasilkan game MMORPG berjudul Lost Ark. Game ini memiliki fokus terhadap action, sehingga Lost Ark bisa menjadi game yang cocok bagi para penggiat MMORPG dan game action.

Dengan 3D grafik yang menggunakan Unreal 3 Engine, Lost Ark menyediakan berbagai tantangan bagi pemainnya untuk mencari jati diri dalam dunia yang sangat luas. Tidak hanya itu, tentunya banyak pemain lain yang akan membantu petualangan dalam Lost Ark.

Terdapat lima kelas basis yang masing-masing memiliki kelas spesifik. Kelas tersebut adalah Warrior, Mage, Assassin, Martial Artist, dan Gunner. Sebagai contoh, kelas spesifik yang disebut tadi adalah Berserker, Paladin, Summoner, Bard, dan Gunlancer.

Menurut MMO Population, Lost Ark memiliki total pemain yang cukup banyak yakni 27 juta dan setiap harinya kira-kira terdapat lebih dari satu juta pemain.

Demikian pembahasan mengenai game MMORPG PC paling populer pada Bulan Oktober 2022 ini.

Untuk keperluan top up gaming, yuk kunjungi VC Market by VCGamers! Banyak promo dan harga yang lebih terjangkau lho!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!