Arti Roaming ML: Fungsi dan Hero yang Cocok

roaming ML artinya

Roaming ML artinya menjelajah map di Land of Dawn. Saat kamu bermain game Mobile Legends, kamu pasti pernah mendengar kata-kata yang sering diucapkan atau ditulis oleh pemain lain. 

Aa banyak kata yang mungkin belum kamu ketahui sebagai pemula atau belum pernah kamu dengar. Salah satunya adalah roaming, lalu roaming ML artinya apa yaa?

Para player Mobile Legends sering menggunakan kata roaming untuk memandu jalannya permainan. Sehingga istilah ini sangat penting untuk kamu ketahui agar kamu tidak kebingungan saat berada di dalam game.

Dengan melakukan hal ini, kamu bisa bekerja dengan tim untuk mengalahkan musuh dan memenangkan permainan. 

Baca juga: Build Chou Tersakit 2023, Khusus Buat Exp Laner!

Roaming ML Artinya

Cara Menjadi Roamer ML Rute Roaming
Rute Roaming. Sumber: YouTube/Charles Studio

Kamu tentu tahu kalau Roaming ML sendiri berasal dari kata ‘Roam’, yang artinya menjelajah.

Jadi kalau untuk bernavigasi berarti jalan-jalan. Selain itu ada juga kata ‘Roamer’ yang artinya pejalan. 

Kita bisa mengimplementasikan hal itu saat bertarung di dalam game Mobile Legends.

Roaming ML artinya adalah program untuk menjelajahi semua map yang ada di Mobile Legends. Hal ini sangat berguna untuk membantu tim melawan musuh yang berkumpul agar bisa sukses dalam pertarungan.

Saat bergerak, kamu harus memastikan bahwa pergerakan musuh kuat. Yaitu dengan push lawan. 

Role yang memiliki posisi untuk bernavigasi sebenarnya adalah seorang Midlaner. Selain itu role Offlaner atau Sidelaner juga bisa dipindahkan untuk membantu Midlaner.

Di Mobile Legends, ada gerakan yang harus digunakan oleh tank atau support. Hal ini tergantung pada situasi yang dihadapi dalam permainan.

Maka dari itu, kamu harus bisa membaca permainan dengan baik agar elemen pergerakan bisa digunakan secara efektif untuk tim.

Baca juga: Sistem Tier Mythic MLBB Terbaru di Season 28, Simak!

Fungsi Roaming di Mobile Legends 

Minimap Mobile Legends
Minimap Mobile Legends. Sumber: SPIN Esports

Saat bermain Mobile Legends, kamu akan benar-benar menjelajahi map. Kamu bisa mulai dulu dari atas, ke tengah, lalu ke bawah map, atau sebaliknya.

Roaming berarti sang hero berpindah dari satu area ke area lain. Tujuannya adalah untuk membantu para hero tim kita menghadapi dua atau lebih hero lawan. 

Setiap hero bisa berpindah-pindah di sekitar map Mobile Legends, sehingga bisa pergi dari jalan menuju hutan, atau sebaliknya. 

Tidak semua hero akan melakukan hal tersebut, sebaiknya seseorang yang sedang bekerja menjadi orang yang mobile dan orang yang bekerja tetap di satu tempat. 

Jika kamu ditugaskan menjadi seorang ranger, tugasmu adalah menjadi supporter dan menggunakan kekuatanmu untuk membantu hero lainnya. Selain itu, roamer juga bertugas melacak lokasi musuh. 

Dengan berpindah dari satu tempat ke tempat lain, para pengintai mengetahui di mana musuh berada, serta timnya, kamu dapat merencanakan cara yang tepat untuk menyerang. Rencana bagus ini akan efektif dalam memenangkan permainan.

Baca juga: Harga Skin Collector Mobile Legends 2023, Ketahui Sebelum Membeli!

Hero Roaming Mobile Legends 

Build Faramis Tersakit
Faramis MLBB. Source: VCGamers.

Biasanya hero yang tepat untuk mengisi posisi Roamer adalah hero tank atau hero support.

Bukan tanpa sebab, tapi karena kedua role tersebut memiliki keunggulan unik yang membuatnya cocok untuk posisi Roamer.

Misalnya dari segi HP power, movement speed, escape ability dan nilai defense yang tinggi, akan sulit bagi musuh Anda untuk menghabisinya. 

Seperti yang kita ketahui, Faramis merupakan salah satu hero yang mendapatkan makeover di Project Next 4 arahan sutradara Moonton.

Pada revamp tersebut, kemampuan Faramis sebagai mage/support benar-benar ditakuti, bahkan sampai membuat Faramis di-ban melalui opsi draft.

Salah satu kemampuan yang membuat Faramis bagus untuk digunakan sebagai Roamer adalah skill terbaiknya yang jika diaktifkan, tim di sekitar Faramis akan mendapatkan tambahan HP dan kemampuan untuk “bertahan hidup”, termasuk untuk Faramis sendiri. 

Jadi, tugas utama Roamer adalah membantu timnya yang sedang dikepung hero tim lawan.

Nah, seorang Roamer harus bisa membaca situasi dan tidak ‘buta map’. Karena mereka harus mampu mengetahui bagaimana kondisi teman satu tim.

Setelah itu, harus memberikan bantuan kepada teman satu tim yang sedang diserang tim lawan.

Baca juga: 7 Hero untuk Counter Kagura di Mobile Legends

Ada banyak sekali hero di dalam game Mobile Legends. Tak hanya itu, deretan hero tersebut mempunyai skin yang keren dan menarik.

Kamu bisa memiliki skin hero tersebut dengan mebeli Diamond.

Nah, tempat Top Up Diamond Mobile Legends paling murah, aman dan cepat hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!