Panduan dan Penjelasan Stat Genshin Impact, Wajib Tahu!

stat genshin impact guide and explanation

Stat adalah suatu hal yang sangat penting kamu mengerti saat bermain game RPG seperti Genshin Impact.

Mengerti fungsi dan kegunaan stat akan membantu mengoptimalkan build karakter kamu lebih baik dan juga mempermudah karakter menyelesaikan musuh dalam waktu singkat.

Beberapa stat di Genshin Impact misalnya Elemental Mastery adalah stat yang cukup unik dan jarang ada di game lain. Sehingga, beberapa stat ini membuat bingung pemain baru.

Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas lengkap mengenai stat Genshin Impact agar mempermudah kamu bermain game ini.

Baca juga: Cara Mendapatkan Bocoran Genshin Impact

Stat Genshin Impact: Definisi, Kategori Stat, Jenis Stat

Kita akan mengulas mengetani Stat Genshin Impact. Hal ini perlu kamu ketahui sehingga bisa bermain lebih baik di dalam game.

Definisi Stat Genshin Impact

stat genshin impact artifact
Stat yang Ada di Artefak (source: VCGamers)

Stat atau biasa disebut juga sebagai atribut di game Genshin Impact adalah sebuah angka tertentu yang digunakan mengatur pertarungan dan eksplorasi di Genshin Impact.

Elemen dalam game ini akan mempengaruhi aspek-aspek seperti seberapa sering pemain dapat menggunakan kemampuan karakter yang kamu gunakan, seberapa kuat mereka nantinya, dan kemampuan bertahan hidup karakter.

Stat pada dasarnya dimiliki oleh karakter seperti ATK, HP, DEF, dan lainnya. Tapi ada beberapa stat tambahan juga yang harus kamu dapatkan dari set artefak atau pasif senjata.

Baca Juga: Build Baizhu Genshin Impact: Skill, Artefak, Weapon, dan Team Comps

Kategori dan Jenis Stat Genshin Impact

Base and Advance Stat genshin impact
Base dan Advanced Stat (source: VCGamers)

Pada game Genshin Impact, terdapat berapa Atribut dapat dikelompokkan menjadi 3 kategori: Basic (stat dasar), Advanced (tambahan atau lanjutan), dan Hidden (tersembunyi atau tidak tertera di menu layar).

Stat Dasar adalah stat yang dapat ditingkatkan dengan mudah oleh pemain dengan meningkatkan level dan ascension karakter atau didapatkan dari stat utama senjata atau artefak. 

Stat Lanjutan dan Stat Tersembunyi lebih jarang kamu temukan di karakter. Kedua stat tersebut umumnya hanya bisa kamu dapatkan dari eksternal karakter.

Misalnya adalah stat dari pasif senjata, bonus set artefak, atau buff/debuff tertentu seperti Ley Line Disorders di Domains, Blessings of the Abyssal Moon di Spiral Abyss, atau Elemental Resonance.

Stat Dasar dan Stat Lanjutan dapat dilihat dalam game dalam menu “Detail” karakter, sedangkan Stat Tersembunyi tidak.

Stamina yang kamu gunakan saat terbang menggunakan glider atau berlari adalah pengecualian yang tidak bisa didapatkan dari artefak, senjata, atau Ley Line.

Hal itu karena stamina hanya dapat ditingkatkan dengan menawarkan Oculi ke Statue of Seven Anemo atau Geo.

Baca juga: Build Kaveh Genshin Impact: Skill, Artefak, Weapon, dan Team Comps

Jenis Stat Genshin Impact

stat genshin impact hidden stat kamisato ayato
Contoh Stat Tersembunyi Kamisato Ayato (source: VCGamers)

Stat Dasar

Kesehatan (HP)

Kesehatan (Health Point) atau disingkat dalam game sebagai HP, adalah jumlah kerusakan yang dapat diterima karakter sebelum karakter mati.

Serang (ATK)

Serangan (Attack) atau disingkat dalam game sebagai ATK, digunakan untuk menghitung seberapa besar kerusakan (damage) yang dapat dilakukan karakter kepada musuh.

Umumnya semua bentuk perhitungan damage (Normal ATK) dihitung dari stat ATK. Ada juga beberapa reaksi elemen tertentu berskala linier dengan ATK misalnya Elemental Skill Jean.

Pertahanan (DEF)

Pertahanan atau DEF adalah perhitungan angka untuk mengurangi DMG yang diterima oleh karakter. Semakin tinggi stat DEF maka semakin sedikit kerusakan yang diterima karakter dari serangan.

Elemental Mastery (EM)

Elemental Mastery (EM) adalah stat yang dapat meningkatkan kemungkinan besar elemen satu dan lainnya berinteraksi. Hasilnya beragam misalnya akan menimbulkan reaksi elemental dan sebagainya. 

Elemental Mastery akan sangat penting terutama untuk jenis Elemental Reaction. Hal itu karena besar Elemental Mastery akan memberikan efek yang berbeda.

Stamina

Stamina adalah ukuran seberapa banyak aktivitas fisik yang dapat dikeluarkan karakter sebelum perlu istirahat. Itu dikonsumsi dengan melakukan Charged Attacks, menghindar, berenang, berlari, memanjat, dan lainnya.

Statistik Lanjutan atau Tambahan

Crit Rate

Critical Rate (CRIT Rate) ada stat yang menentukan persentase seberapa besar kemungkinan serangan akan mengenai secara kritis dan memberikan bonus Crit DMG.

Crit DMG

Critical Damage (CRIT DMG) adalah stat persentase yang menentukan berapa banyak bonus damage yang dilakukan karakter saat serangan mengenai kritis musuh.

Healing Bonus

Healing Bonus adalah stat dalam persentase yang menentukan bonus penyembuhan keluar oleh karakter yang dapat menyembuhkan dirinya sendiri atau anggota party lainnya.

Incoming Healing Bonus

Incoming Healing Bonus adalah stat persentase yang menentukan bonus untuk penyembuhan masuk yang diarahkan pada karakter.

Energy Recharge (ER)

Energy Recharge stat yang digunakan untuk peningkatan energi yang dihasilkan oleh setiap partikel elemental dan elemental orb yang diserap. Sumber yang secara langsung memberikan energi seperti set artefak atau pasif dari senjata tidak terpengaruh oleh stat ER ini..

Cooldown Reduction (Reduce CD)

Reduce CD atau cooldown reduction adalah persentase penurunan cooldown setelah menggunakan Elemental Skill atau Elemental Burst karakter sebelum dapat digunakan kembali. Durasi ini tergantung dari setiap karakter.

Shield Strength 

Shield Strength adalah stat yang berfungsi mengurangi kerusakan yang diterima oleh perisai apa pun yang melindungi karakter, secara efektif meningkatkan daya tahan perisai dengan persentase tertentu.

Bonus DMG

Bonus damage atau Bonus DMG, termasuk Bonus DMG Physical dan Elemental (Hydro, Pyro, Dendro, dan lainnya). yang tercantum di layar Detail meningkatkan damage yang diberikan berdasarkan persentase.

RES

Resistensi RES, menggambarkan persentase penurunan kerusakan yang masuk dari jenis yang sesuai. Perhatikan bahwa resistensi memiliki tutup lunak di bawah 0% dan di atas 75%.

Baca juga: Battery Genshin Impact: Definisi, Fungsi, dan Karakter

Statistik Tersembunyi

SPD (Kecepatan Gerakan)

Kecepatan gerakan, disingkat Gerakan SPD dalam game, menentukan seberapa cepat karakter bergerak dalam kaitannya dengan kecepatan gerakan normalnya.

Kecepatan serangan (ATK SPD)

Kecepatan Serangan, disingkat ATK SPD dalam game, menentukan seberapa cepat karakter dapat menyerang dibandingkan dengan kecepatan normal serangan tersebut. ATK SPD hanya mempengaruhi Serangan Normal ATK karakter.

Stamina Consumption

Konsumsi Stamina menggambarkan persentase peningkatan stamina yang digunakan oleh tindakan yang membutuhkan stamina.

Interruption Resistance

Interruption Resistance adalah stat yang mempengaruhi seberapa sulit karakter untuk terhuyung-huyung atau terpental saat terkena serangan musuh.

Damage Reduction

Stat ini adalah stat tersembunyi yang dapat mengurangi damage dari serangan yang mengenai karakter. Biasanya, stat ini bekerja secara simultan bersama shield.

Baca Juga: Panduan Gauge Unit Theory Genshin Impact, Definisi dan Cara Menghitungnya!

Stat Genshin Impact sangat penting terutama saat kamu build karakter agar kekuatan menyerangnya semakin optimal.

Saat ini, karakter Baizhu dan Kaveh telah dirilis pada bagian kedua update 3.6 ini.

Bila kamu menginginkan kedua karakter, jangan lupa untuk top up Genesis Crystal di tempat terpercaya seperti di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!