Meta Ranked Mobile Legends Terlengkap: Epic Sampai Mythic!

meta ranked mlbb season 31

Pembahasan mengenai meta ranked Mobile Legends pasti akan selalu menjadi bahasan yang banyak dicari oleh para punggawa Land of Dawn!

Pasalnya, dengan dinamika permainan ini yang akan selalu berubah seiring dengan update yang terjadi, maka meta-nya-pun juga akan terus berkembang. Nah, berikut ini ulasan lengkapnya sesuai dengan ranked tier-nya!

Baca juga: 8 Hero Terkuat di Mobile Legends Meta Season 31 2024

Meta Ranked Mobile Legends Original Server (1.8.47)

Meta Ranked MLBB Season 31
Source: Mobile Legends

Sebelum kita masuk ke pembahasan detailnya pada masing-masing tier ranked, penulis akan memaparkan dulu meta yang berlaku secara universal di Original Server. Ini terhitung pada Season 31 patch note 1.8.47 yang sedang berlangsung sekarang ya!

Seperti yang sudah banyak diketahui, meta yang saat ini sedang berlaku mengutamakan hero dengan kapasitas durabilitas yang tinggi dan mampu sustain. Walhasil, hero-hero dengan kategori fighter dan tank masih cocok memegang kendali sebagai core.

Tak heran bila role assassin sekarang sedikit banyak ditinggalkan, khususnya mereka yang tidak memiliki kemampuan blink tinggi.

Para assassin yang umumnya mampu memberikan ledakan damage yang besar tersebut tidak mampu memberikan banyak perubahan ketika game beranjak ke fase late game.

Walhasil, para pengguna assassin sekalipun berupaya membuat hero-hero signature-nya agar lebih tanky.

Ini dilakukan dengan cara merubah build assassin mereka menjadi semi atau pure defense! Maka jangan heran bila Vicigers melihat assassin sekarang malah menggunakan item-item seperti Antique Cuirass ataupun Dominance Ice!

Baca juga: 3 Penyesuaian Mobile Legends Item pada Patch 1.8.44

Meta Ranked Mobile Legends Masing-Masing Tier

Nah sekarang kita masuk saja ke pembahasan utama, yakni meta ranked Mobile Legends yang sering digunakan pada masing-masing tier.

Ini mempertimbangkan tingkat kapabilitas mikro khususnya makro dari ekosistem di masing-masing tier.

Perlu dicatat, bahwa kami hanya menekankan pada tier Epic sampai Mythic semata. Karena pada tier inilah makro dan mikro sudah mulai diterapkan (di bawah Epic umumnya tidak paham konsep meta, kecuali para akun smurf). Berikut ulasan lengkapnya:

Meta Ranked Tier Epic

Ranked Mobile Legends: Tier Epic
Ranked Mobile Legends: Tier Epic. Sumber: VCGamers

Kita mulai dari Tier Badak Hijau: Epic. Meta ini seringkali disebut sebagai ekosistem “mediocre” (sedang-sedang saja): titik tengah tempat bertemunya para pemain MLBB dari tier tinggi dan rendah.

Maka tidak heran bila para punggawa Land of Dawn yang sudah terbiasa berkutat di Habitat Naga (Mythic Romawi – Immortal), tidak tahan jika harus berlama-lama di tier ini.

Bukan hanya kapasitas mikro (hero pool yang sedikit, rendahnya skill penggunaan hero, dsb.) yang masih minim, tapi amat banyak player di tier ini yang tidak paham makro sama sekali.

Karena itu hero-hero dengan kapabilitas burst dan “gratisan” akan banyak ditemui dengan mudah. Vicigers bisa dengan mudah keluar dari tier ini jika menggunakan: Lesley, Layla, Zilong, Hayabusa, Saber, Eudora, Odette, Alucard, Tigreal dan Johnson.

Meta Ranked Tier Legend

Ranked Mobile Legends: Tier Legend
Ranked Mobile Legends: Tier Legend. Sumber: VCGamers

Masuk ke meta Tier Singa Emas, segala sesuatunya sudah sedikit lebih normal dan mendingan. Khususnya di paruh awal pergantian season, tier ini terbilang layak untuk dihuni, meski juga jangan berlama-lama.

Pada tier ini, Vicigers sudah bisa banget menerapkan mikro dan makro yang tepat. Ini termasuk hero-hero apa saja yang mendapatkan buff serta nerf, item-item yang di adjust, fitur-fitur baru yang ditetarapkan, dan berbagai penyesuaian lainnya.

Karena itu para punggawa Mythic akan lebih nyaman di tier ini. Untuk hero pool, yang banyak digunakan seperti Balmond, Joy, Aamon, Fanny, Lancelot, Angela, Estes, Floryn, Nana, Vexana, Martis, Arlott, Alpha, Edith, Hanabi, Karrie, dan Franco.

Meta Ranked Tier Mythic

Ranked Mobile Legends: Tier Mythic
Ranked Mobile Legends: Tier Mythic. Sumber: VCGamers

Dan terakhir adalah meta habitat para naga yakni Mythic. Ini mencakup tiga tingkatan: dari yang paling rendah biasa disebut dengan “Romawi” (bintang 1-24), Honor (bintang 25-49), Glory (50-99), dan Immortal (100+).

Jika kalian sudah sampai pada tier ini, apalagi di awal season, siap-siap saja bertemu para penjoki!

Pasalnya orang-orang yang ada di sini bukanlah mereka yang kaleng-kaleng! Dengan kemampuan mikro dan makro yang mumpunim yakin dalam waktu belasan menit game bisa akan langsung diakhiri.

Untuk meta yang berlangsung terkadang akan berada di luar apa yang sudah coba dibakukan Moonton selaku developer.

Para punggawa Mythic kerap kali bereksperimen: menghasilkan meta-meta yang tidak muncul di patch note.

Hero pool-nya seperti: Barats, Alice, Lunox, Yu Zhong, Dyrroth, Cici, Wanwan, Minotaur, Terizla, Nolan, Diggie, dan juga Claude.

Baca juga: Skill Novaria MLBB, Mage Baru yang Siap Mengguncang Land Of Dawn

Nah itulah tadi meta ranked Mobile Legends di Original Server Season 31 saat ini (patch 1.8.47). Buat kamu yang ingin top up diamond MLBB termurah dan tercepat, langsung saja ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]