Kapan Mobile Legends Ditutup? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Kapan Mobile Legends Ditutup

Kapan Mobile Legends ditutup adalah sebuah rumor, gosip dan isu yang pernah viral di tahun 2022. Rumor ini menjangkiti semua pemain Mobile Legends dan menimbulkan banyak kontra.

Lalu, bagaimana kejadian sebenarnya?

Baca juga: Apa Itu M4 Mobile Legends? Simak Penjelasannya!

Kabar Tentang Kapan Mobile Legends Ditutup

Kenapa Game Mobile Legends Mau Ditutup
Game Mobile Legends sempat akan dihapus.

Pertanyaan kapan Mobile Legends ditutup pernah menyebar dengan jawaban berupa tanggal kepastiannya, yaitu pada tanggal 5 Juni 2022. Namun, kabar tersebut nyatanya hanyalah isapan jempol belaka.

Bermula dari sebuah tangkapan layar di media sosial yang diyakini berasal dari media resmi Mobile Legends. Tangkapan layar itu berisi sebuah postingan dengan kesimpulan bahwa game Mobile Legends akan ditutup pada tanggal 5 Juni 2022.

Alasannya adalah karena Moonton dituding telah merampas Hak Kekayaan Intelektual milik game MOBA serupa milik Riot Games, yaitu LoL atau League of Legends. Moonton dinilai pernah “mencontek” penampilan atau skill dari beberapa hero yang ada di game LoL untuk hero di game Mobile Legends.

Walaupun kabar penutupan itu tidak pernah terjadi hingga sekarang, kasus peniruan atau plagiarisme hero yang dilakukan oleh Moonton memang benar adanya. Riot Games juga pernah melayangkan tuntutan atau gugatan pada Moonton untuk tidak melakukan hal seperti demikian.

Baca juga: 5 Game MOBA Keren Dan Gratis Terbaik 2022

Penyebab Mobile Legends Ditutup

Kapan ML Ditutup
Gugatan dari Riot Games.

Terdapat beberapa perselisihan yang terjadi antara Moonton dan Riot Games. Bermula pada tahun 2017 di mana gugatan pertama terjadi. Riot Games menuduh Moonton telah melakukan pelanggaran hak cipta pada judul game Mobile Legends.

Riot Games mulanya melayangkan gugatan pada Federal AS untuk meminta pertanggungjawaban dari Moonton, tetapi gugatan itu ditolak. Tidak berhenti sampai di situ, pada tahun 2018 Riot Games bersama perusahaan induknya Tencent Holding meneruskan gugatan kepada pemerintah China.

Gugatan yang dilayangkan pada pemerintah China pada akhirnya berhasil. Tencent Holding berhasil memenangkan akhir persidangan dengan membawa 2,9 juta dollar.

Tidak berhenti sampai di situ saja, gugatan lain berlanjut pada tanggal 9 Mei 2022. Riot Games kali ini menuding bahwa Moonton telah melakukan pencurian konten dan strategi marketing dari game LoL dan game Wild Rift.

Pencuian konten itu berisi plagiarisme hero-hero ciptaan LoL yang dilakukan oleh Moonton. Tindakan plagiarisme Moonton tersebut ternyata juga telah menjadi perhatian Riot Games sejak lama. Diketahui terdapat 15 hero beserta skin hero yang ditiru oleh Mobile Legends dari game besutan Riot Games.

Daftar Hero yang Disalin Mobile Legends dari Game LoL

Kapan Mobile Legends ditutup mungkin adalah pertanyaan yang penyebabnya datang dari daftar hero-hero yang disalin dari game LoL dan Wild Rift berikut ini.

Skin Pool Party Fanny, Nana, Clint dan Zilong

Skin Pool Party Mobile Legends
Komparasi skin tema pantai game MOBA.

Ingat dengan skin bertema suasana pesta pantai yang dimiliki oleh hero Nana, Fanny, Clint dan Zilong? Ternyata, tema skin itu adalah hasil saduran dari skin tema pantai dari game LoL bernama Pool Party. Berikut nama lengkapnya.

  • LoL’s Party Jarvan IV dengan MLBB’s Summer Waves Zilong.
  • LoL’s Pool Party Zoe dengan MLBB’s Sundress Nana.
  • LoL’s Pool Party Graves dengan MLBB’s Sun n Sand Clint.
  • LoL’s Pool Party Viora dengan MLBB’s Lifeguard Fanny.
Baca juga: Cara Mendapatkan Skin Prime M4 Beatrix Gratis

Skin Alucard

Alucard Lightborn Skin
Skin Alucard Lightborn.

Hero fenomenal Alucard dalam Mobile Legends juga memiliki skin yang diyakini telah menjiplak penampilan hero dari LoL bernama Garen. Skin yang ditiru Alucard adalah skin “Lightborn Striker”.

Seperti yang diketahui bahwa skin Alucard tersebut rilis pada Desember 2019 sedangkan hero LoL bernama Garen sudah ada terlebih dahulu sejak Juni 2018.

Skin Baxia

Skin ML Baxia
Baxia – Batender.

Terdapat hal lucu yang ada pada skin Baxia “Ba-Tender”. Skin tersebut dinilai sangat mirip dari model pakaian, rambut, kumis, perawakan dan bahkan warna baju skin dengan skin hero Braum “Crime City” dari LoL.

Sebenarnya masih ada banyak hero dan skin dari Mobile Legends yang menampilkan kemiripan dengan hero-hero serta skin-skin dari game LoL dan Wild Rift. Namun, daftar di ataslah yang dinilai sangat mirip sejauh ini.

Opini Marsha Tentang Kabar Kapan Mobile Legends Ditutup

Marsha atau nama asli Steven Kurniawan adalah nama mantan pemain profesional Mobile Legends yang kini merupakan pendiri dari tim Geng Kapak. Dulunya ia mengawali karir sebagai pro-player MLBB dengan bergabung di tim RRQ.

Marsha sempat memberikan opini dan pendapatnya terkait isu kapan Mobile Legends ditutup yang sempat viral.

Menurut Marsha, kemungkinan ditutupnya game MLBB sangatlah kecil karena game tersebut memiliki banyak penggemar. Lebih jelas, dia memberikan kesimpulan bahwa hero dan skin MLBB yang terlihat mirip dengan game LoL pada akhirnya hanya akan di-revamp agar menjadi unik.

Terlepas dari beredarnya info tersebut, kapan Mobile Legends ditutup adalah sebuah info hoax yang tidak bisa ditelan mentah-mentah.

Baca juga: Marsha Owara! Saingan Donkey Di Role Tank Pada Masanya!

Demikianlah pembahasan mengenai kabar tentang Mobile Legends yang akan ditutup pada tanggal 5 Juni 2022. Semoga artikel kali ini bermanfaat!

Selalu ada promo diamond Mobile Legends yang menarik untuk kamu di VCGamers Marketplace! Langsung kunjungi lamannya sekarang juga untuk melakukan top-up secara berkala, ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!