Cara Gratis Buka Situs Terblokir dengan BlockAway

blockaway free proxy server en

Terdapat beberapa situs web yang diblokir di sejumlah tempat seperti sekolah, kampus, tempat kerja, atau bahkan di cafe tempat kamu hangout. Namun, saat ini sudah tersedia solusi mudah untuk mengatasi masalah pemblokiran situs di internet, yaitu dengan menggunakan situs web BlockAway.

Sebenarnya tersedia situs lainnya yang menyediakan layanan serupa seperti BlackAway, namun karena akhir-akhir ini BlockAway sedang ramai diperbincangkan di jagat maya, jadi kami akan membahas layanan Proxy Server gratis dari BlockAway.

Nyatanya, bukan hanya diblokir secara lokal di suatu tempat seperti yang kami infokan di atas, namun saat ini beberapa negara dan pemerintahan didalamnya banyak yang melakukan pemblokiran situs web yang dianggap melanggar atau tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

BlockAway banyak dicari warganet akhir-akhir ini karena dapat digunakan dengan mudah, bahkan oleh orang awam sekalipun. Situs web ini dapat membantu kamu membuka halaman-halaman yang ingin kamu buka, namun diblokir oleh ISP (Internet Service Provider) atau pun sekedar di blokir di sekolah/tempat kerja kamu.

Penasaran bagaimana cara menggunakannya? Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Browser Anti Blokir Terbaru

Apa Sih BlockAway?

blockaway logo
Logo BlockAway. Source: BlockAway

BlockAway adalah situs web proxy server gratis yang memungkinkan kamu untuk mengakses situs yang diblokir dengan mudah.

Situs web ini bekerja sebagai proxy, yang berarti BlockAway akan meneruskan permintaan kamu ke server lain dan kemudian menampilkan hasil web site yang kamu tuju.

Kamu dapat mengakses layanan ini tanpa biaya alias gratis. Sehingga, tidak perlu repot-repot membayar atau berlangganan.

Namun, jika kamu menginginkan fitur lebih seperti tampilan tanpa iklan, bisa memilih lokasi server yang lebih cepat, tambahan layanan CS, dan fitur premium lainnya, kamu bisa mencoba layanan dari CroxyProxy (Pengembang BlockAway) ini secara Premium seharga $3.50/bulan atau sekitar Rp56.000,- (belum termasuk pajak dan biaya lainnya) jika saat ini 1$ sama dengan Rp16.000,-.

Beberapa sumber di luar sana menyebutkan bahwa BlockAway tersedia dalam aplikasi untuk Android dan iOS, namun saat kami mencari informasinya di halaman situs resminya, kami tidak menemukan informasi atau link untuk mengunduh aplikasinya.

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, situs web ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi pengguna yang ingin menjelajahi internet dengan bebas dan tanpa batasan, namun tetap harus hati-hati dan bertanggung jawab.

Baca juga: 5 Rekomendasi VPN Gratis untuk PC Terbaik 2023!

Cara Menggunakan Proxy Server Gratis

ilustrasi proxy server
Ilustrasi browsing menggunakan Proxy Server. Source: Freepik

Saat memilih proxy server baik yang gratis atau pun berbayar, pastikan kamu memperhatikan beberapa poin seperti:

  • Mampu melakukan transfer data dengan kecepatan tinggi, dan pemrosesan yang cepat;
  • Anonimitas dan kemampuan untuk menjelajahi situs web yang diblokir;
  • Dapat membuka situs tanpa merusak konten didalamnya.

BlockAway juga memberikan kamu beberapa keuntungan yang tidak semuanya dimiliki oleh layanan proxy server gratis lainnya, seperti akses video tanpa batas di YouTube, situs video lainnya atau jejaring sosial; pilihan server proxy Eropa dan AS; tidak perlu konfigurasi browser atau sistem operasi yang ribet; memiliki fitur berbagi tautan proxy dengan teman.

Sudah tidak sabar mengetahui bagaimana cara menggunakan layanan proxy server gratis ini? Berikut adalah beberapa langkah mudah menggunakan BlockAway untuk membuka situs web yang terblokir.

Langkah 1: Matikan Antivirus

Jika kamu tidak menggunakan antivirus tambahan di perangkat kamu, sebenarnya situs web ini tetap dapat terbuka dengan baik. Namun jika kamu menggunakan antivirus tambahan apalagi yang langsung terintegrasi dengan browser, sebaiknya matikan dahulu fungsi antivirus tersebut, karena beberapa diantaranya membaca situs web BlockAway sebagai halaman berbahaya.

Tapi, berbahaya atau tidaknya, tergantung bagaimana kamu bijak dalam membuka situs web yang terblokir di layanan ini.

Langkah 2: Buka Situs

Langkah pertama, buka situs web BlockAway di https://www.blockaway.net/. Situs web ini setidaknya menyediakan 16 bahasa yang dapat kamu pilih, namun default bahasa yang digunakan tetaplah bahasa Inggris.

Jika kamu ingin menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa lainnya, kamu tinggal klik toggle bahasa lainnya di bagian tengah atas.

Langkah 3: Masukkan URL Situs Web yang Ingin Kamu Akses

Pada halaman utama, terdapat kolom teks di mana kamu dapat memasukkan alamat situs web yang ingin kamu akses. Masukkan alamat situs web yang diblokir dan tekan tombol “Enter” atau klik Go!/Pergi!.

Sebagai catatan, sebenarnya BlockAway sudah dapat secara otomatis membaca situs tujuan kamu, tanpa harus kamu memasukkan URL secara lengkap, namun beberapa kasus “timed out” terjadi saat URL yang dimasukkan tidak komplit, seperti reddit.com tanpa http:// atau https:// dan www.

Langkah 4: Pilih Server (Layanan Premium)

Blockaway menyediakan beberapa server yang dapat kamu pilih untuk mengakses situs web yang diblokir. Pilih server yang paling cepat dan stabil untuk kamu. Tapi, fitur pilih server saat ini hanya tersedia untuk kamu yang berlangganan Premium.

Buat kamu yang mengaksesnya secara gratis, BlockAway akan langsung memilihkan server terbaik yang dapat diakses gratis oleh kamu.

Langkah 5: Akses Situs Web

Setelah beberapa step di atas, kamu akan diarahkan ke situs web yang ingin kamu akses. Kamu dapat menjelajahi situs web tersebut dengan bebas tanpa khawatir terblokir.

Kamu dapat menggunakan bookmark pada browser untuk mengakses situs web yang diblokir dengan lebih mudah.

Kerennya lagi, kamu bisa membagikan permalink milik kamu ke orang lain, jadi teman/saudara kamu tidak perlu repot-repot membuka BlockAway, cukup membuka link yang kamu bagikan. Namun, permalink yang kamu bagikan hanya akan aktif selama tiga jam, selebihnya kamu harus generate ulang URL kamu.

Risiko Penggunaan

Blockaway
Situs terlarang. Source: YouTube.

Meskipun BlockAway menawarkan solusi untuk mengakses situs web yang diblokir, terdapat beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya.

Keamanan dan Privasi

Blockaway menggunakan proxy server untuk mengalihkan traffic internet kamu. Hal ini memungkinkan pihak ketiga untuk melihat dan memanipulasi data kamu, termasuk informasi pribadi dan sensitif.

Malware dan Virus

Situs web yang diblokir sering kali mengandung malware dan virus yang dapat membahayakan perangkat kamu.

BlockAway tidak dapat mendeteksi dan mencegah hal tersebut, sehingga perangkat kamu berisiko terinfeksi.

Sebaiknya, kamu tetap memperhatikan keamanan selama berselancar di internet menggunakan BlockAway, karena hari sial tidak ada yang tau kapan akan terjadi.

Namun untuk antisipasinya, kamu dapat menggunakan profile browser baru atau profil incognito agar data-data kamu setidaknya lebih aman. Hindari web yang menanyakan izin akses mencurigakan, seperti akses ke file, lokasi, audio, dan lainnya.

Baca juga: Rekomendasi VPN PC Terbaik di Tahun 2024

Legalitas

Penggunaan BlockAway untuk mengakses situs web yang diblokir dapat melanggar kebijakan internet di beberapa negara.

Hal ini dapat mengakibatkan sanksi hukum, seperti denda atau pemblokiran internet. Pastikan kamu menggunakan layanan ini hanya untuk hal-hal yang bermanfaat, seperti mencari informasi leak tentang berbagai game di forum luar seperti Reddit atau sebagainya.

Ketergantungan

Penggunaan BlockAway secara terus-menerus dapat membuat kamu terbiasa mengakses situs web yang diblokir, yang dapat berdampak negatif pada produktivitas dan kesehatan mental.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan tentang cara menggunakan BlockAway atau ingin mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, kamu dapat mengunjungi situs web BlockAway atau menghubungi tim dukungan mereka.

Baca juga: Cara Download VPN untuk PC dengan Mudah dan Cepat

Sebagai disclaimer, kami tidak menganjurkan kamu untuk mengakses situs yang diblokir, namun hanya sekedar menginformasikannya jika kamu memang membutuhkannya. Tetaplah menggunakan internet dengan bijak.

Buat kamu yang ingin membeli produk digital dan top up game murah dan cepat, yuk langsung saja ke VCGamers Marketplace.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!