Siap-siap, Call of Duty: Warzone Mobile Dirilis Global Bulan Ini!

Call of Duty: Warzone Mobile rilis

Akhirnya penantian menahun para penikmat genre first person shooter (FPS), Call of Duty, berbuah manis. Karena, Activision Blizzard resmi mengumumkan Call of Duty: Warzone Mobile rilis global!

Dengan rilis global maka seluruh player yang ada di berbagai belahan dunia sudah dapat mengakses dan memainkan game ini dengan mudah.

Baca juga: Cara Mengajukan Banding Akun Call of Duty yang Dibanned

Pangsa Pasar Call of Duty

Waralaba Call of Duty
Waralaba Call of Duty. Sumber: Official Site

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Call of Duty (CoD) merupakan salah satu waralaba genre FPS paling termahsyur  di dunia saat ini.

Fanbase yang dimiliki seiring dengan fleksibilitas platform tempatnya bernaung menjadi kunci kesuksesannya.

Sudah diketahui secara luas bahwasanya Call of Duty merupakan judul yang sangat anti dengan konsep platform eksklusif. Lineup-nya tersebar pada banyak jenis sistem dari lintas generasi.

Mulai dari yang sifatnya on-desk setup seperti PC, home-based system layaknya konsol, maupun yang portable/handheld device – semuanya pasti pasti pernah mencicipi judul-judul CoD.

Maka wajar bila akhirnya penikmat CoD sendiri bisa saling merangkul satu sama lain. Tidak ada diantaranya yang saling hujat: merasa platform mereka tampil lebih superior daripada yang lain.

Iklim komunitas seperti inilah yang juga membuat fondasi dari waralaba CoD menjadi sangat solid! So, Vicigers tidak akan sampai menemukan fenomena-fenomena seperti “tragedi” Wyatt Cheng & Diablo Immortal di BlizzCon 2018.

Baca juga: Apa yang Kamu Tahu Tentang Call of Duty: Warzone Mobile?

Call of Duty Merambah ke Platform Mobile

CoD terjun ke pangsa mobile
CoD terjun ke pangsa mobile. Sumber: Official Site

Bukan rahasia lagi, sebagai salah satu “anak bungsu” di industri gaming dewasa ini, platform mobile kerap kali menerima diskriminasi. Ini dilayangkan khususnya oleh para gamers yang datang dari platform “kolot nan superior”, baik seperti PC ataupun konsol.

Namun isu tersebut tidak terlihat signifikan pada konteks CoD! Seiring dengan dinamika yang ada pada fanbase-nya, tidak sulit bagi Activision (selaku developer game ini) kala mengumumkan salah satu lineup tersuksesnya akan beranjak ke platform mobile.

Alih-alih mendapatkan hujatan, akses pada platform mobile ini sendiri malah mendapatkan resepsi yang cukup baik.

Banyak yang berpendapat bahwa Activision bahkan menghadirkan keajaiban: mampu mengemas game triple-A pada platform yang terbilang ringkas!

Anggapan ini terkonfirmasi dari jumlah pre-registrasi global pada platform unduh aplikasi mobile (Play Store dan Apps Store) yang menyentuh lebih dari 50 juta. Angka tersebut terhitung hingga update terakhir pada Februari 2024 lalu.

Baca juga: Urutan Game Call of Duty dari Terlama Sampai Terbaru

Pengumuman Call of Duty: Warzone Mobile Rilis Global

WZM resmi rilis global
WZM resmi rilis global. Sumber: Official Site

Sebenarnya game yang dikenal dengan sebutan Warzone Mobile (WZM) ini sendiri sudah dapat dimainkan sejak quartal akhir 2022.

Namun sebagai salah satu game unggulannya, tampak Activision tidak ingin terburu-buru memberi akses ke semua belahan dunia.

Mereka mencoba menyempurnakan game ini  dengan pelan-pelan merilisnya pada beberapah wilayah berbeda secara bertahap.

Tentu sang developer mampu berkaca dari keberhasilan game CoD: Mobile yang sudah lebih dahulu merajai pangsa smartphone.

Australia menjadi wilayah pertama yang dapat memainkan game tersebut dari layar gadget mereka.

Dalam kurun waktu setahun, memasuki quartal akhir 2023, cakupannya diperluas ke beberapa wilayah: Chile, Norwegia, Swedia, Jerman, hingga negara tetangga, Malaysia.

Meskipun awalnya pihak Activision menjanjikan bahwa rilis global akan dilakukan pada tahun 2023, faktanya jadwal ini mengalami kemunduran.

Banyak yang percaya ini terjadi dikarenakan sang developer enggan melibatkan pihak ketiga untuk pendistribusian judul yang satu ini: semuanya dipegang oleh pihak Activision.

Imbasnya, penikmat CoD di luar keenam negara tersebut lagi-lagi harus menunggu lebih lama untuk dapat mencicipi WZM.

Dan barulah pada Kamis, 28 Februari 2024 lalu, pihak dev. akhirnya merilis kabar resmi bahwa game ini dapat dimainkan secara global pada 21 Maret 2024 mendatang!

Nah buat Vicigers yang penasaran dan tertarik untuk memainkannya, pastikan perangkat kalian memiliki dukungan spesifikasi yang support ya.

Untuk Android, spek menimum yang direkomendasikan Activision berkisar pada RAM 3 GB RAM dan Adreno 618, sedangkan untuk Apple membutuhkan iOS/iPadOS 15.0 dengan minimum dapur pacu A12 Bionic.

Baca juga: 5 Karakter Call of Duty yang Sangat Ikonik

Nah itulah tadi ulasan Call of Duty: Warzone Mobile rilis global! Dan pastikan jika kalian ingin topup game, VCGamers Marketplace tempatnya ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!