Semua Tentang Dragon Quest Monsters: The Dark Prince

Dragon Quest Monsters: The Dark Prince

Lineup Dragon Quest Monsters: The Dark Prince yang sudah ditunggu-tunggu penikmat lineup game ini akhirnya telah dirilis beberpa waktu lalu.

Nah buat Vicigers penikmat game-game eksklusif Nintendo, yuk simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Triangle Strategy, Game RPG Taktis Baru Garapan Square Enix

Series Dragon Quest

Dragon Quest IV
Dragon Quest IV. Sumber: Official Site

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai game tersebut, akan terasa kurang jika tidak ikut membahas mengenai franchise ini terlebih dahulu!

Yap, Dragon Quest merupakan salah satu title ekskulif dari Nintendo yang sudah sangat melegenda!

Franchise ini dimulai di Jepang sejak tahun 1986 untuk konsol Famicom. Ada tiga pihak yang men-desain game ini: Armor Project (Yuji Horii), Bird Studio (Akira Toriyama) dan Sugiyama Kobo (Koichi Sugiyama).

Ketiganya-pun lantas berinisiatif melempar karya mereka pada Square Enix sebagai publisher-nya. Dan sejak saat itu semua pihak yang terlibat memiliki hak cipta seri tersebut hingga sekarang.

Game ini sendiri baru menembus pasar barat pada tahun 1989. Karena alasan hak cipta, namanya diubah menjadi Dragon Warrior.

Buat Vicigers yang mungkin baru dengar, nyatanya franchise ini memiliki sejarah panjang dan merupakan titik kebanggaan bagi industri game Jepang. Lineup serta fanbase yang dimilikinya bahkan jauh lebih besar di sana daripada judul besar seperti Final Fantasy sekalipun!

Dragon Quest sendiri memiliki seri utama yang ditandai dengan angka 1-11. Sedangkan pada tahun 2021 kemarin, instalasi ke-12-nya sudah diumumkan dan masih dalam proses garapan.

Seri ini menampilkan petualangan epik dengan cerita yang mendalam dan karakter yang berkesan.

Setiap entri dalam seri ini menawarkan dunia yang luas untuk dijelajahi, dengan berbagai monster untuk dikalahkan dan teka-teki untuk dipecahkan.

Baca juga: Strategi untuk Bermain Game Dragon Quest 6

Dragon Quest Monsters

Seri Dragon Quest Monsters
Seri Dragon Quest Monsters. Sumber: Official Site

Tentu mereka yang doyan dengan game ini sudah pada paham kalau di dalam seri utamanya ada begitu banyak monster. Biasanya berbagai monster ini umum dijumpai sebagai mob yang harus dilawan.

Namun untuk memberikan twist inovatif pada seri Dragon Quest, sang developer-pun merilis bentuk spin-off-nya. Seri inilah yang dinamakan Dragon Quest monsters: berfokus pada pengendalian monster.

Dalam seri ini, pemain tidak bertarung melawan monster. Yap, mereka akan diminta untuk bekerja sama dengan monster lainnya untuk bertarung.

Bisa dibilang ini merupakan seperti Pokemon/Digimon/Monster Hunter dari Dragon Quest! Wajar jika banyak penikmat Dragon Quest yang akhirnya menyukai lineup ini!

Baca juga: Dragon Quest 10 Offline akan Rilis untuk Pasar Asia

Dragon Quest Monsters: The Dark Prince

Psaro Sang Karakter Utama
Psaro Sang Karakter Utama. Sumber: Official Site

Salah satu judul dalam seri ini adalah Dragon Quest Monsters: The Dark Prince. Game ini berfokus pada protagonis, Psaro, yang merupakan penjahat utama dari Dragon Quest IV.

Psaro merupakan keturunan manusia dan raja iblis (ayahnya): Randolvo sang Tiran. Ia memutuskan untuk membalas dendam pada Randolvo setelah dia dan ibunya diusir dari desa mereka.

Namun, dia mendapatkan kutukan yang menghalangi dia untuk melukai apapun dengan darah monster. Dengan bantuan Monty, seorang penengkar monster, Psaro memulai perjalanan sebagai Monster Wrangler.

Game ini menawarkan eksplorasi dengan banyak variasi. Pemain akan menjelajahi dunia manusia dan dunia iblis Nadiria yang dibagi menjadi 6 alam (realm) yang disebut ‘Lingkaran (Circles)’.

Setiap Lingkaran memiliki 3 bagian (Echelon): Bawah, Tengah dan Atas. Ada beberapa musim yang tersedia, dan setiap musim akan mengubah tampilan lansekap dari area tersebut.

Sistem musim ini dapat membuka jalan baru untuk mendapatkan harta karun, dan juga memunculkan monster langka. Ini menjadikan Dragon Quest Monster: The Dark Prince menjadi dinamis dan lebih kompleks.

Baca juga: 5 Game Nintendo Switch yang Rilis 2024, Ada Jujutsu Kaisen!

Terjual 300 Ribu Kopi di Minggu Pertama

Dragon Quest Monsters
Dragon Quest Monsters. Source: Nintendo.com

Meskipun seri ini tidak sepopuler seri utamanya, Dragon Quest Monsters tetap menawarkan gameplay yang unik dan menarik.

Dengan fokus pada penangkapan dan pertempuran monster, serta sistem progresi yang unik, seri ini menawarkan pengalaman yang berbeda dari seri utama.

Game ini pertama rilis pada bulan Desember 2023. Dan hanya dalam minggu pertama penjualannya di pangsa Jepang, game ini sudah terjual lebih dari 300 ribu kopi lho!

Jumlah tersebut menjadikan game ini sebagai judul yang paling banyak terjual di minggu tersebut. Dan terhitung hingga Januari 2024 kemarin, game ini sudah terjual sebanyak 1 juta kopi!

Metacritic sebagai salah satu acuan rating game dewasa ini memberikan skor 72/100 untuk Dragon Quest Monster: The Dark Prince. Sedangkan Famitsu memberikan skor 36/40.

So buat kalian yang penasaran dengan game ini, wajib banget buat maharin langsung ya! Dijamin enggak bakal nyesel deh!

Baca juga:Rekomendasi Game Mario Terbaik di Nintendo Swicth 2024 

Itulah tadi pembahasan mengenai game Dragon Quest Monster: The Dark Prince.

Lengkapi dan dapatkan kebutuhan game dengan harga murah dan proses yang cepat, hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!