Nintendo Switch Successor: Rumor Nintendo Switch 2, Rilis 2024?

games switch terbaru (6)

Baru-baru ini ada kabar mengenai Nintendo Switch Successor yang dirumorkan akan dirilis pada 2024 mendatang.

Apabila flashback tentang kesuksesan Nintendo Switch yang saat ini digandrungi masyarakat dan bisa dibilang menjadi konsol terlaris setelah PlayStation.

Memang, hingga saat ini Nintendo belum mengumumkan rencana untuk merilis konsol baru sejak perilisan Nintendo Switch di tahun 2017 lalu.

Akan tetapi kemungkinan Nintendo sedang mengerjakan sebuah sistem lainnya, seperti halnya Nintendo Switch 2 yang dirumorkan akan dirilis tahun depan.

Nah, pada artikel kali ini akan membahas mengenai Nintendo Switch Successor yaitu Nintendo Switch 2.

Baca juga: Heboh Rumor Nintendo Switch Next Gen Akan Rilis 2024

Bocoran dari Sebuah Dokumen FTC

Ilustrasi. Nintendo. Source: Techradar

Melansir dari gamerant, adanya sebuah rumor terkait Nintendo Switch Successor yang akan dirilis pada tahun 2024 nanti.

Hal ini telah bocor dari sebuah dokumen hasil perdebatan antara Federal Trade Commission (FTC) dengan Microsoft.

Seperti yang kita tahu bahwa Nintendo didebutkan pertama kali di tahun 2017 dan menjadi konsol yang cukup populer, hingga saat ini masih akan terus memperbarui sistem yang lebih mumpuni untuk menjalankan game-game Nintendo modern.

Rumor terkait Nintendo Switch Successor ini berada di sebuah dokumen yang berjudul “Defendants’ Proposed Post-Trial Findings of Fact and Conclusions of Law” dari hasil perdebatan hukum antara Federal Trade Commission (FTC) dan Microsoft.

Secara keseluruhan, dokumen tersebut yang berjumlah 153 halaman membahas berbagai fakta, definisi serta detail-detail lainnya yang mengupayakan Federal Trade Commission (FTC) untuk memblokir Microsoft dalam membeli Activision Blizzard.

Untuk pembahasan mengenai hal ini yang tercantum pada halaman 92 yang dipaparkan bahwa “Nintendo diperkirakan akan merilis Nintendo Switch Successor di awal tahun 2024 nanti”.

Kalimat tersebut menjadi sebuah kejutan karena telah memberikan informasi mengenai konsol Nintendo jenis baru yang sebelumnya hanya terdengar dari rumor yang beredar saja.

Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa rumor tersebut bukan pernyataan resmi dari Nintendo dan hingga saat ini belum adanya kejelasan tentang Nintendo Switch satu ini.

Saat ini banyak sekali penggemar Nintendo yang mengharapkan spesifikasi lebih baik dari Nintendo Switch, terutama penyelesaian masalah sistem pada saat bermain game.

Baca juga: Nintendo Switch Pro yang Ditunggu-Tunggu, Apa Kabarnya?

Tahap Pengembangan

Source: Amazon

Sempat disinggung diawal artikel ini bahwa Nintendo Switch 2 belum diumumkan secara resmi dan masih dalam tahap pengembangan.

Berdasarkan laporan dari situs VGC, ternyata sistem Nintendo Switch 2 ini masih dalam tahap pengembangan meskipun informasinya masih jarang.

President Nintendo yaitu Shuntaro Furunkawa mengatakan bahwa ia tidak bisa memberikan penjelasan yang detail terkait hal ini.

Akan tetapi masih mengerjakan berbagai project serta perencanaan yang akan dibuat mengenai konsol selanjutnya dimasa depan.

Baca juga: Tentang Nintendo Switch, Konsol Terlaris Ketiga Sepanjang Masa!

Rumor yang Beredar

Melansir dari nintendolife, rumor mengenai Model Nintendo Switch dimulai dengan rumor tentang “Nintendo Switch Mini” yang merupakan sebuah konsol genggam yang akan dirilis sebagai Switch Lite.

Pada Januari 2019, adanya prediksi terkait perilisan Nintendo Switch Lite dan Nintendo Switch Pro.

Ternyata, hal ini dibantah oleh Presiden Nintendo sendiri yaitu Shuntaro Furukawa yang menyatakan “Tidak akan merilis Nintendo Switch Successor” pada saat itu.

Tetapi ditahun yang sama, Nintendo mengganti konsol Switch asli dengan meng-upgrade Hardware yang menggunakan chip Nvidia Tegra X1 pada Nintendo Switch Lite dan Nintendo OLED.

Dengan menggunakan chip ini akan memberikan efisiensi daya dan pemakaian baterai yang lebih awet.

Sepanjang tahun 2020 & 2021, beredar tentang Nintendo Switch Pro dan Nintendo Switch OLED yang menawarkan peningkatan kinerja yang lebih optimal.

Pada September 2021, Bloomberg melaporkan bahwa beberapa Developer sedang mengembangkan Software 4K untuk Nintendo Switch yang menggunakan sarana dari Nintendo.

Namun, Nintendo membantah hal tersebut. Lalu, adanya rumor lagi dari sebuah paten yang dipublikasikan bahwa Nintendo sedang mengembangkan Nintendo Switch Pro.

Pada September 2022, seorang karyawan Nvidia mengonfirmasi adanya system-on-a-chip T239 merupakan pelopor silikon yang akan digunakan untuk Nintendo Switch 2.

Pada Desember 2022, Digital Foundry mengonfirmasi bahwa Nintendo Switch Pro pernah hadir akan tetapi hal ini dibatalkan oleh Nintendo dan lebih fokus untuk menggunakan model Switch untuk seterusnya.

Lalu bulan Mei 2023, CEO Sharp Robert Wu telah mengonfirmasi bahwa sebuah perusahaan akan memproduksi LCD untuk konsol terbaru Nintendo, terutama untuk Switch 2 dan Project Q Sony PS5.

Juni 2023, CEO Ubisoft Yves Guillemot mengatakan bahwa akan upgrade game untuk sistem dan fitur terbaru dimasa depan dan hal ini ditujukan untuk Nintendo.

Juli 2023, konsol ini akan menggunakan layar LCD untuk bisa dimainkan pada mode portable dan bisa menggunakan kartrid.

Nintendo dilaporkan sempat mempromosikan hardware dari Nintendo Switch 2 di Gamescom untuk memilih developer game dan media game.

Hingga pada akhirnya, rumor ini berada pada kasus Federal Trade Commission (FTC) dan Microsoft yang membahas Nintendo Switch 2.

Dan hal ini merupakan sebuah clue bahwa konsol Nintendo akan segera dirilis dengan sistem yang sebanding dengan PlayStation 4 dan Xbox One.

Baca juga: Subreddit Emulator dan Pembajakan Nintendo Switch Ditutup

Fitur Nintendo Switch 2

Pada postingan Reddit, adanya beberapa rumor tentang fungsi kamera yang lebih bagus dari sebelumnya.

Selain itu juga, menyatakan bahwa kamera Nintendo Switch 2 akan diaplikasikan pada Virtual Reality (VR).

Pada Nintendo Switch 2 ini juga memiliki Compatibility Backwards yang telah diuji sebelumnya pada beberapa game sehingga para pemain tidak perlu upgrade untuk mempertahankan akses mereka.

Tentunya, fitur dan sistemnya akan lebih bagus dari Nintendo Switch OLED untuk bisa memainkan game modern.

Sempat disinggung sebelumnya bahwa Nintendo Switch 2 akan menggunakan kartrid serta game digital.

Baca juga: Inilah 5 Game Nintendo Switch Terbaik 2023, Mana Pilihanmu?

Harga Nintendo Switch 2

Walaupun Nintendo Switch 2 dirilis, namun diluar itu sudah ada rumor terkait harga mengenai Nintendo Switch Pro yang seharga $400 yaitu Rp. 6.142.820.

Pada Nintendo Switch OLED yang mungkin diperkirakan seharga $450 atau Rp. 6.910.672.

Akan tetapi, pada Nintendo Switch 2 yang menggunakan layar LCD akan dirilis berkisar kurang dari $400 yaitu $399 atau seharga Rp. 6.127.462.

Baca juga: 5 Game Nintendo Switch Lite Terbaik di 2023

Spekulasi Jadwal Rilis Nintendo Switch 2

Nintendo Switch diluncurkan pada Maret 2017 lalu dan seiring berjalannua waktu, Presiden Nintendo yaitu Shuntaro Furukawa membahas terkait Nintendo Switch Successor pada tahun 2022 dengan konsep yang baru.

Hingga saat ini, Nintendo Switch 2 sudah berada ditangan “Key Partner Studios” sejak Agustus 2023.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Nintendo Switch 2 akan dirilis pada 2024 mendatang.

Baca juga: Cara Buat Akun Nintendo Switch, Cocok Bagi Pemula

Jangan lupa untuk baca terus berita tentang Nintendo hanya di VCGamers News ya!

Yuk top up game favoritmu dengan mudah, cepat, aman, dan harga termurah hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!