Cara Hitung Pendapatan di Kalkulator Tiktok

Kalkulator Tiktok

Saat ini kamu bisa mengambil dan menghitung penghasilan di kalkulator tiktok. Cara menarik uang di kalkulator tiktok tidak sesulit yang kamu bayangkan. 

Ada beberapa situs kalkulator tiktok yang bisa digunakan untuk mengetahui berapa estimasi pendapatan yang didapat content creator.

TikTok adalah aplikasi jejaring sosial yang disukai banyak orang. Tidak hanya digunakan untuk hiburan, jejaring sosial berbasis video ini juga dijadikan sebagai sumber penghasilan bagi sebagian orang.

Karena platform ini memiliki fitur kalkulator tiktok. Fitur ini dirancang untuk mengetahui perkiraan pendapatan yang akan diterima pembuat konten TikTok. Fitur ini bisa menganalisa statistik, jumlah like, engagement bahkan tabel rate akun pengguna TikTok lho!

Dengan cara ini, pembuat konten dapat menetapkan harga yang tepat untuk sponsor atau kemitraan berdasarkan statistik akun mereka.

Berbeda dengan aplikasi YouTube, yang dapat dimonetisasi melalui penggunaan Google Adsense, pendapatan TikTok berasal dari mempromosikan produk komersial, sponsor, atau lainnya.

Jika kamu pengguna TikTok, kamu perlu menyimak sampai selesai cara mendapatkan uang dari kalkulator tiktok pada artikel berikut ini.

Baca juga: Mengenal Aplikasi TikTok Music, Cara Asik Streaming Lagu Viral!

Cara Menarik Uang di Kalkulator Tiktok

Tiktok
Logo Tik Tok. Source: VCGamers

Seperti disebutkan di atas, situs kalkulator tiktok dapat membantu penggunanya mengetahui berapa perkiraan pendapatan yang bisa mereka peroleh. Pengguna TikTok bisa mendapatkan uang dari dua sisi, yaitu aplikasi dan sponsor.

Untuk mengetahui estimasi penghasilan para content creator TikTok, situs TikTok Money Calculator yang bisa digunakan antara lain Likigram, Feedpixel, dan Exolyt. Berikut cara menarik uang di TikTok Money Calculator melalui Likigram.

Menurut situs resminya, Likigram memiliki fitur analitik media sosial TikTok yang dapat membantu memperkirakan jumlah pendapatan dari sebuah akun TikTok. Berikut langkah-langkahnya: 

  • Kunjungi website Likigram di HP atau laptop kamu 
  • Kunjungi likigram.com di ponsel atau laptop melalui browser yang tersedia. Kemudian pilih menu “Kalkulator Uang TikTok”. Atau bisa langsung ketik https://likigram.com/tiktok-money-calculator/ di kolom pencarian.
  • Masukkan nama pengguna atau tautan akun TikTok
  • Selanjutnya, masukkan nama pengguna atau tautan akun TikTok yang ingin kamu verifikasi. Kemudian tunggu hingga proses scanning selesai.

Cara penggunaan kalkulator TikTok cukup sederhana, kamu hanya perlu memasukkan nama pengguna di kalkulator TikTok dan kemudian mendengarkan dengan cepat, sistem akan membaca semua aktivitas di profil, mengekstrak semua konten, dan memperkirakan keterlibatan rata-rata. Kemudian, dalam hitungan detik, algoritma akan mengevaluasi setiap parameter secara terpisah. 

Jumlah suka dan komentar di TikTok akan dibandingkan dengan profil lain di niche tersebut untuk meminimalkan bias. Jumlah ini kemudian dibagi dengan jumlah total penayangan semua video terbaru. Hal berikutnya adalah mengalikan dengan 100 untuk memberikan perkiraan persentase.

Baca juga: 6 Cara Salin Tautan Tiktok, Anti Ribet!

Manfaat Kalkulator TikTok

Manfaat Kalkulator TikTok
Manfaat Kalkulator TikTok. Source: Le Blog Du Herisson

Selain menghitung estimasi pundi-pundi yang bisa kamu dapatkan, kalkulator TikTok juga memiliki manfaat lainnya, yaitu:

Menentukan Harga Endorse

Jika kamu ingin serius menekuni pembuatan konten di TikTok, dengan adanya kalkulator ini akan membantumu dalam menghitung biaya endorse.

Hal ini sama seperti rate card yang biasa dimiliki para artis atau influencer.

Menentukan Harga Akun TikTok

Kamu bisa menjual akun TikTokmu  yang sudah berkembang kepada orang lain. Dan dengan adanya kalkulator TikTok ini bisa menjadi acuan untuk menentukan kisaran harga akun TikTokmu.

Lihat estimasi pendapatan per video, lalu jual dengan harga lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan.

Melihat Engagement Akun TikTok

Kalkulato ini juga bisa melihat engagement dari setiap akun TikTok yang ada.

Engagement sendiri merupakan besarnya tanggapan audiens terhadap suatu pesan atau konten. Sederhananya, engagement merupakan feedback dari penonton terhadap suatu konten.

Jadi, semakin tinggi engagement akunmu, maka akan semakin tinggi pula rate card yang bisa kamu tawarkan.

Baca juga: Jam yang Bagus untuk Upload Video TikTok, Bisa Masuk FYP!

Tips Menaikan Followers Tiktok

TikTok adalah salah satu platform media sosial terbaru dan meskipun dimulai pada tahun 2016 (lebih dari lima tahun yang lalu), 2021 adalah tahun spanduk untuk platform tersebut. Ketika pandemi global membuat orang-orang di dalam ruangan dan jauh dari teman-teman mereka, Tiktok meroket popularitasnya. 

Dan tampaknya kebaruan platform belum memudar. Faktanya, seiring dengan pertumbuhan platform, basis pengguna terus mencakup pengguna di luar target demografi Gen Z platform, pertama berkembang ke Milenial dan kemudian menjadi semakin populer di kalangan Gen X dan Boomer.

Identifikasi Target Audiens

Save Video
Fitur TikTok. Source: VCGamers

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan jika kamu ingin menumbuhkan pengikut TikTok adalah mengidentifikasi audiens target kamu sendiri.

Seperti platform media sosial lainnya, pengguna TikTok mencakup banyak demografi, lokasi, dan niche. Jenis konten yang berfungsi dengan baik untuk satu grup mungkin tidak sesuai dengan grup lain.

Jadi, sebelum kamu mulai membuat strategi pemasaran TikTok atau influencer TikTok, penting untuk mengetahui apa yang dilakukan audiens target di platform.

Baca juga: Cara Download Video TikTok FF Tanpa Watermark Menggunakan Snaptik!

Tren Leverage

Mobile Legends
Tiktok dan Mobile Legends. Source: VCGamers

TikTok adalah semua tentang tren dan kamu dapat secara drastis meningkatkan pengikut TikTok dengan melompat pada tren yang muncul. Tentu saja, hanya karena sesuatu sedang tren tidak berarti kamu harus berpartisipasi. Cermati tren yang kamu ikuti untuk memastikan bahwa tren tersebut juga diikuti oleh audiens target.

Tren TikTok adalah cara yang bagus untuk membedakan merek dari pesaing dan berbagi sedikit lebih banyak tentang kepribadian merekmu. Lihat saja akun TikTok para selebgram untuk mempelajari cara melakukannya.

Baca juga: TikTok Video Download Mudah Dengan Berbagai Cara Ini!

Edukasi Followers

Kalkulator Tiktok
Aplikasi TikTok. Source: VCGamers

Konten TikTok terbaik untuk merek dan influencer bersifat mendidik dan menghibur. Gunakan TikTok untuk membuat konten yang menarik dan mendidik yang memberikan nilai bagi pengikut.

Merupakan ide bagus untuk menggunakan konten TikTok yang cerdas untuk berbagi informasi tentang produk dan layanan yang dapat melayani audiens dengan lebih baik dan membuat hidup mereka lebih mudah.

Kamu juga bisa menggunakan hastag. Hastag populer di sebagian besar platform media sosial karena membuatnya sangat mudah untuk menemukan koleksi konten yang kamu minati.

Baca juga: Download Lagu TikTok dengan Berbagai Cara Ini!

Menggunakan tagar di TikTok dapat membantu menumbuhkan audiens TikTok, terutama ketika kamu menggunakan kombinasi tagar bermerek, tagar yang sedang tren, tagar khusus bisnis, dan tagar umum.

Yuk top up game favoritmu dengan penawaran harga termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!