Tutorial Cara Instal CS2 Mudah dan Cepat

Cara Instal CS2

Cara instal CS2 atau Counter Strike 2 bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Kamu bisa melakukannya hanya dengan menempuh beberapa langkah.

Sebagai game yang banyak digemari, para pemain baru tentu perlu berlatih dengan baik agar bisa bermain bersama dengan player yang telah lama bermain.

Nah Yap, game legendaris yang turut mempopulerkan genre online FPS ke berbagai belahan dunia ini bisa dengan mudah dimainkan siapa saja. Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Counter Strike 2 (CS2): Cara Download dan Spesifikasi PC

CS2 Sebagai Bagian dari Steam

Perkembangan Counter Strike
Perkembangan Counter Strike. Sumber: Official Site

Waralaba Counter Strike dapat dikatakan merupakan sesuatu yang baru di industri gaming dunia. Kiprahnya sudah dimulai bahkan sebelum abad ke-21 kick-off, yakni pada tahun 1999.

Sebagai game FPS yang muncul pada platform Windows, line-up yang lebih dikenal dengan singkatan CS ini akhirnya mampu menjadi simbol ikonik genre “tembak-tembakan” online saat itu. Namun selayaknya banyak game legenda lainnya,  awalnya terlahir hanya sebagai mod loh!

Yap, orang-orang “lama” pasti sangat familiar dan mengidentikkan CS dengan game FPS yang jauh datang lebih dulu: Half-Life! Nah, mod yang iseng diciptakan oleh Jess “Cliffe” Cliffe dan rekannya Minh “Gooseman” Le ini mahan menghasilkan embrio dari waralaba yang bahkan mampu menyaingi judul aslinya!

Melihat potensi yang dimiliki mod tersebut, tidak perlu waktu lama bagi CS untuk akhirnya menjadi game tersendiri (stand alone). Pada tahun 2000, game ini berhasil masuk pangsa pasar gaming, diikuti dengan sekuelnya Condition Zero (CZ) yang tidak kalah booming-nya pada tahun 2004.

Sejak saat itu, CS sebagai brand sudah diakuisisi oleh Valve: perusahaan yang juga cikal bakal dari platform Steam. Maka tidak heran jika pada 2012, sekuel dari CS yang bertajuk Global Offensive (CS:GO), rilis dan melakukan gebrakan bagi penggemar FPS di seluruh dunia.

Dan setelah kurang lebih 11 tahun lamanya game ini dimainkan dan banyak dipertandingkan di berbagai forum gaming internasional, pada akhir 2023 kemarin Steam merilis versi terbarunya!

Selayaknya DotA yang juga mendapatkan embel-embel ‘2’, sekuel CS yang sama-sama besutan Steam ini memiliki penamaan yang serupa.

Baca juga: Simak! Cara Mendapatkan Case Counter Strike 2 (CS2)

Tutorial Cara Instalasi CS2

Tutorial Instalasi CS2
Tutorial Instalasi CS2. Sumber: Official Site

Sekarang langsung saja masuk kebahasan utama yakni tutorial cara instalasi CS2. Sebagai bentuk lanjutan dari franchise Counter Strike, tentu lineup yang satu ini sudah mengusung trend yang berlaku di industri terkini.

Walhasil, akan sangat mudah bagi siapa saja untuk dapat mengaksesnya langsung secara gratis. So, kalian tidak perlu pusing-pusing mencari bajakannya!

Vicigers hanya perlu menyiapkan unit leptop/PC yang mumpuni untuk dapat memainkan game ini. Karena selayaknya game triple-A, CS2 memerlukan dapur pacu yang cukup agar dapat dimainkan secara optimal.

Pastikan perangkat kalian memiliki spek minimum seperti ini bila ingin memainkannya, Vicigers:

  • OS: Windows® 10
  • Prosesor: 4 hardware CPU threads – Intel® Core™ i5 750 atau lebih tinggi
  • RAM: 8 GB
  • Grafis: GPU harus berukuran 1 GB atau lebih dan harus kompatibel dengan DirectX 11 dengan dukungan untuk Model Shader 5.0
  • DirectX: Versi 11
  • HDD: 85 GB ruang tersedia

Bagaimana, apakah perangkat kalian sudah layak? Kalau iya, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kalian lakukan untuk dapat menginstal CS2:

  1. Buka situs Steam jika kalian belum mengunduh installer-nya.
  2. Jika unduhan sudah selesai, pastikan kalian terlebih dahulu melakukan instalasi aplikasi desktop Steam.
  3. Apabila sudah terpasang, buka aplikasi dekstop tersebut dan cari laman Store CS2.
  4. Klik tombol ‘Install’/’Download’
  5. Secara otomatis, client dari aplikasi dekstop akan mulai mengunduh CS2.
  6. Dan selesai! Kalian resmi bisa memainkan CS2!

Bagaimana, mudah bukan? Yap, dengan bantuan platform seperti Steam, cara instalasi CS2 bisa dilakukan tanpa harus ribet-ribet melakukannya secara manual.

Cara ini juga tidak hanya berlaku untuk CS2 saja, tetapi juga untuk semua game yang tersedia di Steam! So, kedepannya Vicigers bisa secara mandiri mencari game-game lainnya pada platform ini ya!

Tampilan CS2
Tampilan CS2. Sumber: Official Site
Baca juga: Jadwal Rilis Counter Strike 2, Yuk Simak Infonya CS:GO 2 Disini!

Nah itulah tadi pembahasan mengenai cara instlasi CS2. Simak bahasan lainnya mengenai game-game Steam, hanya di vcgamers.com!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!