Semua Fitur dan Gameplay Rise of the Ronin

Rise of the Ronin

Rise of the Ronin merupakan game open world action RPG dengan latar belakang Jepang era Bakumatsu (1853-1867) yang dikembangkan oleh Team Ninja.

Team Ninja sendiri juga merupakan pengembang dari gam Nioh dan Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin.

Rise of The Ronin mempunyai adegan pertarungan yang intens. Selain itu, game ini juga termasuk open world sehingga kamu bisa mengeksplorasi dunia yang luas.

Game Samurai ini merupakan permainan ekslusif yang dibuat Team Ninja untuk PlayStation 5 dan akan dirilis hari ini 22 Maret 2024.

Baca juga: 7 Video Game Insomniac Games Terbaik dari PS1 sampai PS4

Alur Cerita Game Rise of the Ronin 

Alur Cerita Rise of the Ronin
Alur Cerita Rise of the Ronin. Sumber: sonyplaystation.com

Rise of the Ronin berlatar belakang pada periode Bakumatsu. Periode tersebut adalah tahun-tahun terakhir dari era Shogun Tokugawa dan periode menjelang restorasi kaisar Meiji. 

Alur waktu yang digunakan Rise of the Ronin sama dengan yang digunakan pada anime samurai Gintama. Bahkan beberapa karakter seperti Katsura dan Sakamoto muncul dalam game ini sebagai pembangkang Shogun. 

Namun saat permainan dimulai, kamu akan mengambil kendali dua karakter yang dijuluki “Blade Twins”. Mereka merupakan sepasang anak kembar yang dilatih secara khusus oleh klan Kurosu untuk menjadi pendekar pedang dan pembunuh yang melawan Keshogunan Tokugawa. 

Suatu hari ketika menjalankan misi dengan pasangannya, “Blade Twins” dipisahkan dan desa mereka dibantai habis oleh mata-mata keshogunan.

Karena tidak ada rumah untuk pulang akhirnya kamu akan bermain sebagai ronin dan menjelajah seluruh negeri untuk mencari “Blade Twins” yang hilang.

Dalam perjalanan tersebut kamu akan bertemu dengan para tokoh sejarah Jepang seperti Ryoma Sakamoto dan Marcus Samuel yang masing-masing punya kepentingan sendiri di Jepang. 

Selama masa itu, kedua bocah dibekali ilmu pedang oleh Bladesmith, yang mana menjadi “Sang Tuan” hingga mereka beranjak dewasa. Kemampuan mereka inilah yang akhirnya dijuluki sebagai “Blade Twin” atau partner berpedang.

Peristiwa sejarah dan kemunculan para tokoh sejarah Jepang asli dalam game ini sangat menjadi daya tarik tersendiri. 

Daya tarik lain dari game ini adalah multi-choice system di mana kamu akan disuguhi berbagai pilihan percakapan. Pilihan jawaban kamu sangat berpengaruh dengan akhir dari cerita dalam game.

Baca juga: Dragon's Dogma 2, Game RPG Terbaru dari Capcom Rilis Hari Ini!

Gameplay Rise of The Ronin

Rise of the Ronin akan membawa kamu ke era Edo yang penuh gejolak di Jepang. Sebagai samurai tanpa tuan, kamu akan menjelajahi dunia yang luas, menghadapi musuh tangghuh, dan menentukan jalan cerita sendiri.

Dalam game ini kamu bisa melakukan beberapa hal yang diantaranya sebagai berikut: 

Membuat Karakter dan Gaya Bermain

Kustomisasi Tampilan Karakter
Kustomisasi Tampilan Karakter. Sumber: playstation.com

Tingkat kesulitan dalam game ini terbagi menjadi tiga: Dusk (Easy), Dawn (Medium), dan Twilight (Hard).

Saat baru memulai game, kamu akan diminta untuk membuat karakter. Kamu bisa dengan bebas menentukan desain karakter sesuai keinginan.

Aspek-aspek dalam karakter yang bisa kamu tentukan antara lain rupa wajah, tinggi badan, gaya sigap, warna kulit, suara, dan pakaian default yang digunakan oleh kedua karakter. 

Menariknya lagi, kamu bisa menentukan gaya berpedang karakter Blade Twin. Pilihan gaya berpedang yang tersedia antara lain Killer, Breaker, Seducer, dan Sapper.

Baca juga: 5 Rekomendasi Game PC Samurai Paling Seru di 2023!

Pertarungan dan Fitur Gameplay

Adegan pertarungan di Rise of the Ronin
Rise of the Ronin fight scene. Sumber: playstation.com

Pada fase awal permainan, kamu akan berperan sebagai Blade Twin. Sehingga kamu bisa secara bergantian menggunakan karakter Samurai tersebut.

Namun, ada kalanya kamu harus bertarung mengalahkan musuh sendirian. Karakter yang kamu gunakan di Rise of the Ronin akan dibekali pedang dan senjata untuk bertahan. 

Saat menghadapi musuh, kamu akan diminta untuk maju, menghindar, atau mundur supaya tidak terkena serangan musuh.

Karakter yang kamu gunakan mempunyai Health Bar dan Ki, begitu juga dengan musuh. Selain itu karakter yang kamu gunakan juga mempunyai parry.

Saat bar berwarna biru tersebut habis, lawan akan mudah untuk melukai karakter mu. Begitu pula sebaliknya, saat parry lawan turun drastis, kamu bisa menyerangnya dengan lebih mudah. 

Salah satu fitur keren lainnya yang ada pada game Rise of the Ronin adalah mekanik Counterspark

Dengan fitur ini karakter bisa memberikan serangan alternatif atau menangkis serangan lawan hingga membuatnya kehilangan keseimbangan. 

Saat musuh kehilangan keseimbangan, itu menjadi momen yang tepat untuk melancarkan serangan fatal bertubi-tubi. 

Melalui serangan yang bertubi-tubi tersebut lawan akan kehabisan Ki, itu memungkinkan kamu untuk melancarkan serangan yang lebih dahsyat dan mematikan.

Fitur Skill Point dan Longhouse

Longhouse
Longhouse. Sumber: gamepressure.com

Setiap kamu barus menyelesaikan misi, maka kamu akan mendapat Skill Point. Kamu bisa memanfaatkan Skill Point tersebut untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan berpedang karakter. 

Peningkatan kemampuan bertarung yang dimaksud mencakup kemampuan bertarung 1v1, ketebalan HP, ketahanan Ki, dan masih banyak aspek lainnya. 

Saat menjalankan misi, kamu akan melakukan perjalan jauh yang memakan waktu dan membuat karakter mu lelah. 

Untuk memulihkan stamina karakter, dalam game ini tersedia fitur “Longhouse” di setiap kota yang kamu kunjungi. Selain berguna untuk istirahat, fitur ini juga berguna untuk mengobrol dengan sekutu.

Fitur Longhouses memungkinkan kamu untuk memperkuat hubungan dengan sekutu yang ada di setiap kota. 

Untuk mempererat hubungan dengan sekutu kamu perlu melakukan misi guna meningkatkan level, mengumpulkan item atau bertarung bersama sekutu. 

Sekutu atau allies yang dimaksud dalam game ini bisa berasal dari 1 hingga 3 orang teman online yang kamu invite untuk menyelesaikan misi bersama.

Baca juga: Fakta-fakta Kenshin Himura, Sang Legenda dari Samurai X

Fitur Lain dalam Game 

main character with allies
main character with allies. Sumber: gamerwk.com

Untuk mempermudah mobilitas karakter, Team Ninja membekali karakter Rise of The Ronin Grappling Hook. Dengan alat tersebut pemain bisa menggerakan player dari bangunan ke bangunan. Namun, tidak semua bangunan mempunyai titik Grappling Hook.

Karena game ini termasuk genre open-world action RPG, tentu saat menjalankan misi kamu harus melakukan perjalanan dari lokasi satu ke lokasi lainnya. Sehingga untuk mempercepat perjalanan kamu bisa menggunakan kuda sebagai kendaraan.

Sebagai game open-world Rise of the Ronin benar mempunyai lokasi sangat luas dan menarik untuk dieksplorasi.

Ketika kamu telah menyelesaikan misi, akan muncul mark berupa Veiled Edge Banner yang menandakan titik checkpoint. 

Di titik checkpoint kamu dan para allies bisa mengisi HP yang terkuras di pertarungan sebelumnya. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengisi ulang perlengkapan yang dibawa oleh para sekutu juga.

Titik checkpoint juga berguna sebagai sarana teleportasi karakter dari tempat satu ke tempat yang lain. 

Hal menarik lain dari game ini adalah kamu bisa mengumpulkan dan memelihara kucing liar. 

Baca juga: Game MMORPG Mobile Paling Populer 2024

Cara Beli dan Harga Game Rise of the Ronin

Rise of the Ronin-Deluxe Edition
Rise of the Ronin: Deluxe Edition. Sumber: NeoGAF

Mengutip dari situs resmi playstation.com untuk mendapatkan game Rise of the Ronin, kamu harus melakukan pre-order terlebih dahulu. 

Di situs resmi tersebut, kaset game Rise of the Ronin tersedia dalam dua pilihan yaitu Standard Edition dan Digital Deluxe Edition.

Untuk Rise of the Ronin: Standard Edition sendiri dibandrol dengan harga Rp1.029.000. Sedangkan Digital Deluxe Edition harganya Rp1.169.000. 

Tentunya dengan membeli Rise of the Ronin: Digital Deluxe Edition kamu akan mendapat exclusive in-game items yaitu Bando warrior set & Japanese formal wear set, Iga Ninja, Toyokuni Paired Sword, Digital soundtrack serta Digital art book.

Itu tadi ulasan singkat seputar game Rise of the Ronin yang hanya bisa kamu mainkan secara ekslusif di PlayStation 5 saja.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!