7 Video Game Insomniac Games Terbaik dari PS1 sampai PS4

Insomniac Games

Siapa yang tidak kenal Insomniac Games? Developer video game legendaris ini telah menemani para gamer Playstation sejak era PlayStation 1 hingga PlayStation 5. 

Kiprah Insomniac Games di dunia game tak perlu diragukan lagi. Hal itu terbukti dengan deretan judul-judul game ikonik yang tak terhitung jumlahnya.

Yuk cek deretan video game dari Insomniac Games terbaik dari PlayStation 1 hingga PlayStation 5 berikut ini!

Baca juga: Game MMORPG Mobile Paling Populer 2024

Marvel’s Spider-Man: Miles Morales (2020)

Video game Insomniac Games terbaik
Sumber: PlayStation Europe

Marvel’s Spider-Man: Miles Morales adalah salah satu video game action- adventure open world yang dikembangkan oleh Insomniac Games.

Game ini diterbitkan oleh Sony Interactive Entertainment pada tahun 2020 untuk konsol PlayStation 4 dan PlayStation 5. 

Dalam game ini, karakter yang menjadi Spiderman bernama Miles Morales. Miles merupakan Spiderman kedua setelah Peter Parker. 

Perjalanan Miles menjadi Spiderman kedua sangat menarik diikuti. Game ini mempunyai cerita yang emosional sekaligus menegangkan. 

Lika-liku cerita Miles saat menjadi Spiderman kedua sangat dipengaruhi oleh peran Peter Parker, Ganke, dan Phin.

Gameplay dari Marvel’s Spider Man: Miles Morales mirip dengan Marvel’s Spider-Man (2018), tapi ada beberapa fitur baru yang belum ada sebelumnya. 

Memainkan game tentunya sangat asyik, karena pada Spider-Man versi Miles mempunyai kemampuan unik yang bernama bio-elektrik. 

Berkat kemampuan tersebut Miles bisa melakukan berbagai jenis serangan dan gerakan akrobatik.

Game ini mendapat posisi yang baik di hati para penggemar. Banyak penggemar yang menyukai karakter Miles yang humoris dan kharismatik. 

Keseruan pemain ini semakin terasa dengan iringan soundtrack game yang energik dan menegangkan dari komposer John Paesano.

Marvel’s Spider-Man (2018)

game spiderman
Marvel’s Spider-Man karya Insomniac Games

Insomniac Game memang jagonya soal meracik video game superhero. Itu sebabnya para penggemar Marvel patut mengapresiasi Insomniac atas satu lagi karyanya yang berjudul Marvel’s Spider-Man yang rilis pada September 2018. 

Insomniac berhasil menciptakan game Spiderman yang keren dan menawarkan lingkugan dengan bentuk bangunan khas kota New York. 

Meskipun game Spiderman ini masih kalah dengan yang versi Miles Morales, tetap saja Insomniac benar-benar game ini hadir dengan versi terbaiknya.

Kamu akan benar-benar dibuat kagum oleh game ini ketika memainkan sosok pahlawan super ikonik dari Marvel Universe. Gameplay dari game ini sama dengan yang versi Miles Morales. 

Dalam game ini kamu bisa merayap dinding, berayun dari gedung ke gedung dan menyetop tindakan kriminal. Game ini bisa kamu mainkan di konsol PS 4.

Baca juga: Rekomendasi 8 Game Online Gratis di MSN

Spyro Reignited Trilogy (2018)

Video game Insomniac Games PS4
Spyro Reignited Trilogy. Sumber: Sony PlayStation Europe

Spyro Reginited Trilogy adalah game remake dari tiga video game Spyro the Dragon karya Insomniac Games. 

Sebelum merilisnya kembali pada tahun 2018, Insomniac game pernah merilis video game Spyro pada tahun 1998, 1999, dan 2000. 

Game Spyro Reignited Trilogy ini dirilis untuk konsol PlayStation 4, Xbox One, dan Nintendo Switch. 

Terhadap game ini, Insomniac Games benar-benar melakukan peremajaan visual. Sehingga para penggemar video game Spyro bisa bermain dalam grafis full HD yang lebih detail dan halus.  

Sehingga meskipun gameplay dari video game Spyro ini sama akan tetap memberikan pengalaman bermain yang lebih segar dan modern. 

Dalam game ini kamu masih bisa mengumpulkan permata, menjelajah dunia yang luas, mengalahkan musuh menggunakan api, terbang, dan menggunakan kemampuan Spyro yang lainnya. 

Soundtrack ikonik dari game ini juga diaransemen ulang sehingga kualitas suaranya jadi lebih jernih. 

Game Spyro Reignited Trilogy benar-benar berhasil menghadirkan kenangan indah masa kecil. Kamu yang dulu bermain game SPyro the Dragon di PS1 wajib memainkan game ini untuk bernostalgia.

Ratchet & Clank (2016)

Ratchet & Clank
Ratchet & Clank. Sumber: Playstation Acces on Youtube

Seri video game original yang dikembangkan oleh Insomniac Games adalah Ratchet Clank. 

Petualangan Ratchet dan Clank pertama kali dimulai di PlayStation 2. Ratchet adalah seekor Lombax atau sejenis kucing yang bisa berbicara.

Dalam ceritanya dia bertemu dengan robot gagal produksi yang bernama Chlank. 

Duo legendaris ini berjuang bersama-sama untuk menyelamatkan alam semesta dari kekuatan gelap yang mengancamnya. Game ini menghadirkan tampilan futuristik, unsur fiksi sains yang kental. 

Ratchet & Clank yang rilis pada tahun 2016 masih menggunakan alur cerita yang sama dengan game versi PS2 nya.

Game ini akan memanfaatkan kekuata PlayStation 4 sehingga grafis yang ditampilkan akan jauh lebih fantastis.

Game ini memberikan warna yang sangat detail, karakter Ratchet juga tampak lebih realistis dalam game ini.

Dalam versi PS4 ini Ratchet anda Clank akan mengalahkan Dr.Nefarious dan berusaha untuk mengambil alih Galaxy Solana kembali.

Aksi Ratched dan Clank penuh dengan humor, perjalanan kedua karakter ini sangat menarik untuk diikuti.

Resistance: Fall of Man (2006)

Video Game Insomniac Games PS3
Resistance- Fall of Man. Sumber: Clarkade

Resistance: Fall of Man adalah game first person shooter (FPS) karya Insomniac Games dan diterbitkan oleh Sony Interactive Entertainment. Game ini dirilis pada tahun 2006 untuk konsol PlaysStation 3.

Game ini berlatar tahun 1951 yang diserang oleh ras alien Chimera. Dalam game ini kamu akan berperan sebagai Sersan Angkatan Darat Amerika Nathan Hale.

Video game karya Insomniac Games ini mempunyai gameplay tradisional yang fokus pada pertempuran senjata. Kamu akan bisa menggunakan senjata api, granat, dan senjata khusus untuk melawan alien.

Resistance: Fall of Man juga menampilkan sentuhan elemen survival horor seperti resident evil. Sehingga kamu harus memperhatikan tingkat kesehatan karakter dan jumlah amunisi yang dibawa. 

baca juga: 5 Rekomendasi Game Strategi Perang Abad Pertengahan, Seru!

Ratchet & Clank: Up Your Arsenal (2004)

Ratchet & Clank: Up Your Arsenal. Sumber: Internet Archive

Ratchet & Clank: Up Your Arsenal yang dirilis pada tahun 2004 merupakan game bergenre action-adventure platformer. Insomniac Games menciptakan video game ini untuk konsol Sony PlayStation 2. 

Game ini merupakan seri keempat dalam seri Ratchet & Clank dan merupakan sekuel dari Ratchet & Clank: Going Commando. 

Grafis game ini jelas kalah jauh dari Ratchet & Clank tahun 2016 yang rilis untuk PS4. Tapi gameplay versi Up Your Arsenal tahun 2004 di PS2 tak kalah seru. 

Dalam game ini akan bermain sebagai Ratchet dan menggunakan berbagai jenis senjata untuk melawan musuh. 

Video game karya Insomniac Games ini mempunyai grafik yang menakjubkan untuk game yang rilis pada masanya. 

Ratchet & Clank: Up Your Arsenal menggunakan cel-shading yang membuatnya mempunyai efek visual unik dan menarik. 

Game ini sangat menarik untuk dimainkan kembali, duo karakter utama dalam game ini sangat menarik dan penuh humor. 

Tujuan utama dari permainan ini adalah menghentikan Dr. Nefarious, seorang penjahat antar galaksi yang berusaha merusak Solona Galaxy.

Baca juga: Rekomendasi Game Gamecube Terbaik Bisa Main Pakai Emulator

Spyro The Dragon (1998)

Spyro The Dragon
Spyro The Dragon. Sumber: Youtube Tough Gaming Guy

Video game karya Insomniac Games terbaik yang terakhir adalah Spyro The Dragon yang rilis tahun 1998. 

Meskipun dari segi visual dia jelas kalah jauh dari Spyro Reignited Trilogy yang rilis untuk PS4. Akan tetapi, game legendaris ini sangat asik untuk dimainkan. 

Spyro The Dragon dirilis untuk PS1, bercerita tentang petualangan seekor naga ungu bernama Spyro yang berjuang menyelamatkan naga lainnya ari penyihir jahat bernama Gnasty Gnorc. 

Permainan ini mempunyai gameplay yang sangat menghibur. Kamu bisa mengendalikan Spyro untuk berlari, melompat, terbang, dan menyemburkan api untuk mengalahkan musuh. 

Gameplay-nya sederhana, hal itu membuat game ini mudah diakses siapapun.  Dalam game ini kamu juga harus menyelesaikan misi untuk menyelesaikan level.

Kalian yang waktu kecil punya PS1 pasti pernah memainkan Spyro the Dragon. Spyro the Dragon adalah karaya Insomniac games yang patut untuk dikenang.

Hingga saat ini game Spyro the Dragon masih mempunyai banyak sekali penggemar. Itu terbukti dari dirilisnya Spyro Reignited Trilogy pada tahun 2018.

Itu tadi daftar video game karya Insomniac Games terbaik mulai dari PlayStation 1 hingga PlayStation 5. Kalau kamu ingin bernostalgia dengan memainkan game PS1 Spyro the Dragon, kamu bisa memainkannya menggunakan emulator PS 1.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!