Roguelike: Penjelasan dan Rekomendasi Game, Dijamin Seru!

Game Roguelike

Vicigers mungkin menyadari bagaimana kepopuleran game roguelike mencuat akhir-akhir ini, di kalangan forum para gamer dunia.

Kendati demikan, masih banyak yang salah menafsirkan tipe game roguelike, karena gamenya yang banyak memadukan genre lain menjadi satu.

Secara sederhana, game roguelike adalah sub genre dari tipe game RPG atau role playing games. Namun, ada banyak perbedaan di antara keduanya. Apa sajakah itu?

Melalui artikel ini, penulis akan memberikanmu sebuah pencerahan, tentang asal usul game roguelike. Simak baik-baik, agar informasi yang tersedia dapat kamu terima secara menyeluruh.

Baca juga: Gameplay Night Crows, Game RPG Bermata Uang Crypto!

Apa itu Game Roguelike?

Roguelike
Roguelike. (Source: The New York Times/Google)

Dilansir dari Make us of, game dengan tipe roguelike, mulanya berasal dari game PC yang muncul di akhir era 90an, tepatnya pada tahun 1980an, bernama “Rogue”,

Game ini masih mengusung konsep pixel 2 dimensi, atau yang biasa disebut dengan ASCII (American Standard Code for Information Interchange) dengan latar belakang cerita, dungeon crawler.

Di mana kamu harus masuk kedalam labirin dungeron yang gelap dan berbahaya untuk menyelesaikan misi, dan mengalahkan berbagai macam musuh yang ada di dalamnya.

Lalu, apa definisi sesungguhnya dari tipe game tersebut?

Pada tahun 2008 silam, sebuah konferensi bertajuk “International Roguelike Development Confrence” diadakan di Berlin, Jerman, yang dihadiri oleh para pelaku di industri game.

Mulai dari developer, pihak penerbit, serta perwakilan gamers turut hadir kala itu. Tujuan diadakannya konferensi tersebut adalah, untuk mendefinisikan tipe game rogulike secara resmi.

Konferensi kala itu menghadirkan beberapa hasil untuk menginterpretasikannya. Di antaranya adalah:

Random Realm/Environment

Kamu akan banyak bertemu dunia atau realm yang selalu berganti-ganti, kala memainkannya. Tujuan dari dibuat standar pakem ini adalah mencegah pemain untuk memenangkan game, dan mempersulit langkahnya

Tak ada Penghidupan Kembali, Mati Permanen

Mati permanen, berarti, ketika kamu sudah kehabisan nyawa, tak ada lagi jalan kembali untuk mendapatkan item ataupun barang-barang yang kamu miliki sebelumnya. Semua akan kembali ke default.

Non Modal Gameplay

Dalam artian, tak akan ada perubahan screen ketika kamu menghadapi bos, serta cutscene untuk menceritakannya. Semua akan ada di satu screen yang sama.

Permainan Kompleks dengan Resource Terbatas

Game ini sengaja dedesign untuk memutar otak para pemainnya. Dengan kesulitan tingkat tinggi, kini kamu juga harus memanfaatkan resource yang terbatas, dalam rangka menyambung hidup.

Berfokus pada Story dan Misi

Game roguelike rata-rata mengangkat tema monster dan dungeon, serta konsep “hack and slash” yang memiliki arti, Vicigers harus bisa mengalahkan seluruh musuh untuk dapat melanjutkan perjalanan ke stage berikutnya.

Wajib Eksplorasi

Kamu diwajibkan untuk mengkesplorasi secara keseluruhan, dunia yang kamu kunjungi. Pasalnya, ketika kamu mati, letak dari item yang kamu temukan pertama kali, akan berbeda dengan yang kali ini. Tak hanya itu, monster yang keluarpun akan sangat berbeda dari sebelumnya.

Baca juga: 7 Rekomendasi Game RPG Viral di 2024!

Tak hanya ketentuan dan spesifikasi dari tipe game anyar ini, pada konferensi itu pula, terbit juga beberapa game kenamaan, seperti ADOM, Angband, Linley’s Dungeon Crawl, dan juga Nethack.

Perbedaannya dengan Roguelite

Roguelike Characters
Roguelike Characters. (Source: Gamerant/Google)

Karena kerumitan dari game roguelike, akhirnya banyak rumah pengembangan game yang memproduksi game tipe serupa, namun dengan tingkat kesulitan yang lebih mudah.

Tipe game ini disebut dengan “Roguelite”. Walaupun tetap membutuhkan skill yang mumpuni, para pemain tak perlu harus menghabiskan puluhan hingga ratusan jam untuk menyelesaikan satu realm, seperti di roguelike.

Rekomendasi Game Roguelike

Roguelike Hades
Roguelike Hades. (Source: Gamerant/Google)

Jika Vicigers berminat untuk memainkannya, kamu mungkin harus mempertimbangkan game Hades, Dead Cells, Darkest Dungeon, The Binding of Isaac, serta Enter The Dungeon yang dinilai banyak orang sebagai “The Og’s” atau game original dengan tingkat kesulitan yang sangat tinggi.

Baca juga: 6 Game RPG Terbaik untuk Pemula, Mulai Petualanganmu!

Top up game kesayanganmu hanya di VCGamers Marketplace dan dapatkan promo menarik di setiap transaksinya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!