Pokemon Legends: Z-A Diumumkan! Apa Saja Yang Baru?

Pokemon Legends: Z-A

GameFreak selaku developer dari waralaba game legendaris milik Nintendo akhirnya mengumunkan lineup terbaru generasi kesembilan mereka yakni Pokemon Legends: Z-A!

Hal ini tentunya merupakan kabar menggembirakan bagi kamu yang selama ini sudah menantikannya.  Nah buat yang penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Daftar Pokemon Limited dalam Versi Scarlet, Ekslusif!

Pokemon Core Series Generasi Kesembilan

Sebelum kita masuk ke bahasan utama, ada baiknya kita sedikit mengulik mengenai fakta-fakta trivial dari lineup ini terlebih dahulu dong Vicigers! Dengan begitu pemaham kalian nantinya tidak sepotong-sepotong.

Setelah kesuksesan Nintendo serta GameFreak dalam merilis game Pokemon seri inti (core series) generasi kesembilan mereka, waralaba ini lantas berlanjut pada instalasi selanjutnya.

Pengumuman kehadiran game ini sendiri bertepatan dengan Event Pokemon Presents pada Selasa, 27 Februari 2024 lalu.

Dengan rilisnya titel tersebut, resmi sudah seri ‘Legends’ menjadi salah satu bentuk “spin-off” bagi core series game-game Pokemon kedepannya.

Yap, ini menjadi Legends: Z-A nantinya akan menjadi titel kedua, setelah pada 2022 lalu para developer tersebut merilis titel pertamanya yakni Legends: Arceus.

Baca juga: Mengenal Pokemon Dunsparce dan Evolusi Uniknya

Tradisi Baru Game Pokemon

Seri Pokemon Legends
Seri Pokemon Legends. Sumber: Official Site

Melihat pola yang ada, bisa dikatakan seri Legends nantinya digunakan untuk me-remastered game-game unggulan Pokemon dari generasi-generasi sebelumnya.

Lihat saja Legends: Arceus yang merupakan bentuk remastered dari Pokemon Diamond, Pearl, dan Platinum – hadir pertama kali sebagai core series generasi keempat pada Nintendo DS.

Sebenarnya skema yang hampir serupa pernah dicoba oleh para developer tersebut ketika merilis Pokemon Alpha Sapphire dan juga Omega Ruby.

Mereka “mencomot” salah satu titel terbaik mereka (Pokemon Ruby, Sapphire, dan Emerald) dan membubuhinya dengan beberapa unsur baru, seperi Mega Evolution, Pokemon Primal, dan lainnya.

Namun skema tersebut sepertinya dianggap tidak “cuan” oleh pihak korporat saat ini. Mereka lebih memilih untuk membubuhkan berbagai hal baru sebagai DLC dari judul-judul utama core series (seperti yang didapatkan oleh Scarlett dan Violet).

Walhasil, edisi-edisi remake (laiknya Brilliant Diamond dan Shining Pearl) akan cenderung “dilempar” ke banyak developer kecil. Sedangkan untuk edisi remastered, mereka alihkan pada seri Legends ini.

Selain itu, seri Legends juga akan mengambil tema dengan latar belakang waktu yang berbeda dengan core series asli ketika generasi tersebut rilis. Ini bisa diamati dari Pokemon Legends: Arceus yang memiliki latar belakang region Sinnoh di era masa lalu.

Baca juga: Cara Membuat Rellor Berevolusi di Pokemon Scarlet and Violet

Pokemon Legends: Z-A Akan Seperti Apa?

Region Kalon
Region Kalon. Sumber: Official Site

Nah, sekarang kita masuk ke bahasan utama yakni tentang titel Pokemon Legends: Z-A itu sendiri. Tentu sebagai bagian dari seri Legends, Z-A nantinya juga merupakan sebuah bentuk remastered.

Buat kalian Vicigers yang merupakan fanbase Pokemon, siap-siap berpetualang di region yang pertama kali diperkenalkan pada generasi keenam. Benar banger, apalagi kalau bukan Kalos!

Eits, tapi yang ini berbeda loh. Sesuai dengan tema dari seri ini, timeline yang digunakan untuk Z-A bukanlah Kalos yang ada di Pokemon X and Y, melainkan yang ada di masa depan!

Tentu saja akan ada beragam teknologi canggih yang nantinya akan diperlihatkan pada titel kali ini. Dilansir dari trailer yang sudah dirilis, cetak biru tata kota Lumiose menjadi terlihat begitu modern dan seperti fiksi ilmiah!

Ini akan sangat cocok, melihat basis inspirasi dari region ini sendiri merupakan Benua Eropa: salah satu pusat peradaban manusia saat ini. Khusus untuk Lumiose City dan monumen (landmark) andalannya: Prism Tower, sangat identik dengan Kota Paris dan Menara Eiffel.

Baca juga: Cara Membuat Bisharp Berevolusi di Pokemon Scarlet and Violet

Rilis Untuk Platform Nintendo Switch 2?

Tata Kota Futuristik Lumiose City
Tata Kota Futuristik Lumiose City. Sumber: Official Site

Namun jika Vicigers sudah terlampau ingin memainkannya, sepertinya kalian harus bersabar terlebih dahulu deh.

Pasalnya, game Pokemon yang satu ini tidak akan rilis sampai tahun 2025, itupun belum diiringi kapan tanggal pastinya.

Meski begitu banyak pihak berpendapat bahwa, kemungkinan besar perilisan game Nintendo yang satu ini akan berbarengan dengan rilisnya Nintendo Switch 2 yang juga rilis tahun depan.

Memang ada baiknya seperti itu sih, karena memang Switch saat ini sudah terlampau lemah untuk menggenjot game-game baru. Lihat saja Pokemon Scarlett dan Violet yang harus merasakan berbagai bug dan juga glitch, mending rilis di Switch 2 saja deh.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Daftar Semua Game Pokemon!

Itulah tadi pembahasan mengenai game Pokemon Legends: Z-A! Jangan lupa jika kalian ingin melakukan topup gift Nintendo Switch ataupun membernya, cari di VCGamers Marketplace yang paling murah!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!