Mengenal Chi Yu, Pokemon Mirip Ikan yang Unik!

Pokemon Chi Yu

Tidak semua Pokemon memiliki bentuk evolusi atau terbentuk dari evolusi Pokemon lainnya, salah satunya adalah Chi Yu.

Pokemon ini pertama kali diperkenalkan dalam game generasi IX yaitu Pokemon Scarlet and Violet. Dia adalah Pokemon dengan dua tipe yaitu Dark dan Fire.

Artikel kali ini akan membahas semua yang perlu kamu ketahui tentang Pokemon Chi Yu. Tertarik? Yuk simak bersama artikelnya sampai habis!

Baca juga: Eeveelution: Evolusi Eevee Sang Pokemon Menggemaskan

Profil Chi Yu

Profil Pokemon Chi Yu
Profil Chi Yu. Source: TheGamer/Youtube

Chi Yu terdaftar dengan nomer uretan 1004 di Pokedex. Dia diketahui memiliki tinggi 0.4 meter dengan berat 4.9 kilogram.

Jika biasanya suatu Pokemon memiliki bentuk lain, maka Chi Yu adalah Pokemon unik yang tidak berevolusi ataupun merupakan hasil dari sebuah evolusi.

Bersama dengan Wo Chien, Chien Pao, dan Ting Lu, Chi Yu termasuk ke dalam anggota Treasures of Ruin atau yang juga dikenal sebagai Ruinous Legends.

Keempat Pokemon legendaris tersebut tinggal di wilayah Paldea dan semuanya memiliki tipe elemen utama Dark dengan move spesial yaitu Ruination.

Pokemon Chi Yu
Lokasi Pokemon Chi Yu. Source: TheGamer/Youtube

Chi Yu sendiri adalah Pokemon berbentuk ikan dengan dua pasang manik-manik melingkari kedua matanya. Dipercaya, mereka sering digunakan untuk ritual keagamaan.

Seluruh tubuh dari Pokemon yang mirip ikan ini memiliki kombinasi warna merak tua dan api berwarna orange dibagian atas kepala, sirip, dan ekornya.

Api yang dikeluarkan olehnya dapat menembus suhu 3000 ℃ yang memungkinkannya untuk melelehkan batu dan pair menjadi lava. Chi Yu sendiri dapat berenang di lava buatannya tersebut.

Baca juga: Perbedaan Pokemon Scarlet and Violet Versi Exclusive!

Statistik Dasar Chi Yu

Statistik dasar Chi Yu
Statistik dasar Chi Yu. Source: TheGamer/Youtube

Statistik dasar adalah kumpulan informasi mengenai HP, Attack, dan lain sebagainya yang akan kamu dapatkan saat pertama kali memiliki sebuah Pokemon.

Kamu dapat memperkuat Pokemon yang kamu miliki dengan menaikkan statistik dasar mereka. Salah satu caranya adalah dengan memberikan makanan atau bertarung dengan Pokemon lain.

Untuk kamu yang tartarik untuk menangkap Chi Yu, berikut adalah statistik dasar dari Pokemon berbentuk ikan yang satu ini:

  • HP: 55
  • Attack: 80
  • Defense: 80
  • Special Attack: 145
  • Special Defense: 120
  • Speed: 100

Total dari seluruh statistik dasar Chiyu adalah 580. Terdapat total 26 Pokemon lain yang juga memiliki jumlah statistik dasar yang sama, diantaranya adalah Articuno dan Raikou.

Untuk memaksimalkan potensi kemenanganmu dalam pertandingan melawan trainer lain dan Pokemon mereka, kamu perlu memastikan kelemahan dan kekuatan dari Pokemon yang akan kamu gunakan.

Pokemon Chi Yu
Chi Yu menggunakan move Lava Plume. Source: TheGamer/Youtube

Berikut adalah data efektivitas pertarungan dari Chi Yu saat menghadapi Pokemon lainnya dalam kendisi normal di Scarlet and Violet:

  • Menerima Damage normal dari Pokemon tipe Normal, Flying, Poison, Dragon, Electric, Bug, dan Fairy.
  • Lemah terhadap Pokemon tipe Rock, Ground, Fighting, dan Water.
  • Kebal terhadap Pokemon tipe Psychic.
  • Tahan terhadap Pokemon tipe Fire, Steel, Ghost, Dark, Ice dan Grass.
Baca juga: Keunikan Whimsicott: Pokemon Unik dengan Kecepatan Tinggi

Trivia Chi Yu

Pokemon Chi Yu
Chi Yu dan anggota Treasures of Ruin. Source: Jimothy Cool/Youtube

Setelah menyimak profil, statistik dasar, dan efektivitas pertarungan dari Chi Yu, sekarang waktunya untuk mengetahui beberapa trivia unik dari Pokemon ini. Berikut adalah trivianya:

  • Chi Yu dan anggota Treasures of Ruin lainnya adalah Pokemon pertama yang statistik dasarnya mengalami peningkatan setelah ada update patch dalam game.
  • Pokemon ini memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan tiga anggota Treasure of Ruin lainnya. Hal ini dikarenakan tubuhnya yang hampir tak memiliki berat karena terbuat dari api.
  • Satu-satunya tipe Pokemon Fire yang memiliki penampilan dengan sirip.
Baca juga: Cara Membuat Rellor Berevolusi di Pokemon Scarlet and Violet

Nah, itulah semua yang harus kamu ketahui tentang Pokemon Chi Yu di Scarlet and Violet. Bagaimana menurutmu?

Untuk kamu yang sedang mencari tempat top up game aman dan terpercaya dengan pelayanan super cepat, yuk segera kunjungi VCGamers Marketplace!

 

 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!