Mondstadt Genshin Impact: Sejarah, Ekspansi, Lore

Mondstadt adalah region pertama yang didatangi pemain Genshin Impact di awal permainan game.

Wilayah yang dianggap sebagai kota kebebasan ini selain indah ternyata juga menyimpan banyak misteri yang tersimpan di wilayah kepemimpinan Anemo Archon ini.

Dengan segudang misteri yang ada, kami kali ini akan membahas lengkap terkait Mondstadt!

Baca juga: Skyward Blade Genshin Impact: Stat, Material, Rekomendasi Karakter

Mondstadt: Sejarah, Hubungan dengan Khaenri’ah, dan Ekspansi

Sejarah Mondstadt

stormterror lair mondstadt genshin impact
Stormterror’s lair, Kota Mondstadt Lama (source: VCGamers)

Mondstadt adalah wilayah yang terinspirasi dari negara Jerman. Nama Mondstadt sendiri diambil dari bahasa Jerman “Mond” yang berarti bulan dan “Stadt” atau kota sehingga mempunyai nama kota bulan.

Nama kota kebebasan yang dimiliki Mondstadt bukan tanpa alasan. Mondstadt yang sekarang dikenal oleh pemain bukan merupakan kota Monsdtadt yang dulu.

Kota Mondstadt yang asli terletak di Stormterror’s Lair dengan nama Decarabian City. Dahulu kala terjadi perang antar Dewa untuk memperoleh daerah kekuasaan yang disebut sebagai Archon War.

Perang antara Andrius yang ingin mengambil daerah kekuasaan Decarabian menyebabkan badai salju yang sangat parah.

Decarabia yang ingin melindungi masyarakatnya pada akhirnya membuat dinding yang terdiri dari badai angin dengan harapan melindungi masyarakat dari badai salju.

Hal ini menyebabkan Decarabian City memiliki akses tertutup ke dunia luar dan sebagian masyarakat menganggap perlindungan dari Decarabia merupakan sebuah bentuk tirani.

Klan Gunnhildr melakukan ekspedisi keluar dari Decarabian City. Namun, mereka justru akhirnya harus bertahan hidup dalam badai salju yang ada di luar Decarabian City.

Doa masyarakat untuk bebas dan sejahtera dikabulkan oleh God of Time dengan mengirim spirit angin yang menjadi Barbatos, Anemo Archon yang pemain kenal selama ini. 

Barulah setelah Barbatos, Gunnhildr, Amos (mantan kekasih dari Decarabian), dan prajurit berambut merah yang disinyalir adalah Ragnvindr melakukan perlawanan Decarabia mati akhirnya kota Mondstadt sekarang dibangun.

Kebebasan Mondstadt juga sempat terganggu akibat adanya tirani yang dilakukan oleh golongan bangsawan Mondstadt terutama klan Lawrence. 

Barbatos yang takut menjadi tiran, pergi meninggalkan Mondstadt yang menyebabkan adanya ketidakseimbangan kekuasaan. 

Akhirnya Barbatos membentuk Four Winds untuk yang berfungsi untuk melindungi Mondstadt untuk mendapatkan kebebasan yang murni.

Baca juga: Bocoran Fontaine Genshin Impact: Wilayah, Karakter, dan Lainnya

Hubungan dengan Khaenri’ah dan Celestia

khaenriah genshin impact
Khaenri’ah (source: Genshin Impact)

Meskipun nama kota ini jika diartikan memiliki arti Kota Bulan. Belum diketahui secara pasti hubungan nama kota ini dengan bulan. 

Mengingat bulan menjadi salah satu aspek penting dalam game Genshin Impact seperti legenda Moon Sisters dan bulan palsu (langit palsu) di Teyvat, kota Mondstadt diperkirakan menjadi tempat penting dalam cerita utama Genshin Impact.

Ada perkiraan yang menjadi lore di antara para pemain terkait Mondstadt akan menjadi wilayah terakhir game Genshin Impact. Hal ini karena adanya hubungan erat Mondstadt dengan Khaenri’ah dan juga Celestia.

Khaenri’ah adalah sebuah wilayah di luar kekuasaan Celestia dan Heavenly Principle yang hancur karena kataklisme 500 tahun lalu. 

Bencana ini diduga menjadi penyebab utama terjadi banyak perubahan yang terjadi di Teyvat.

Misalnya, Raiden Shogun yang menutup akses Inazuma dan mengumpulkan Vision untuk mempertahankan keabadian dikarenakan kematian Raiden Makoto pada kehancuran Khaenriah.

Morax yang kehilangan rekan sesama Adepti terutama Guizhong akibat berkorban pada saat bencana tersebut.

Penyebab Tsaritsa, Cryo Archon, mengumpulkan semua Gnosis Archon yang lain juga diperkirakan karena ingin menyelesaikan sesuatu yang terjadi akibat kataklisme tersebut.

Diduga kota Mondstadt yang berdiri sekarang ini merupakan tepat di atas Khaenriah. Bukti yang paling berpengaruh adalah adanya Spiral Abyss yang dianggap merupakan tangga menuju Khaenri’ah berada di wilayah Mondstadt.

Selain itu, banyaknya tanda dan peninggalan bahwa akses menuju Celestia berada di Mondstadt juga menyebabkan Mondstadt diduga akan menjadi destinasi terakhir Traveler.

Baca juga: Celestia Genshin Impact, Tempat Tinggal Para Tuhan Teyvat

Ekspansi Wilayah

dorman port mentioned genshin impact npc
Dornman Port Disebutkan Oleh NPC (source: VCGamers)

Pada saat penulis membuat artikel ini, masih banyak misteri yang belum selesai dibahas dari kota yang ada di pinggir Cider Lake ini. Bahkan, beberapa wilayah Mondstadt belum semua terbuka.

Bagian utara Mondstadt yang berkemungkinan besar berbatasan dengan Snezhnaya dirumorkan akan dirilis dalam waktu dekat.

Terdapat 3 area utama yang dirumorkan akan dirilis yaitu Mare Jivari, Sea of Dandelion, dan Dornman Port.

Dornman Port adalah pelabuhan utama Mondstadt yang belum muncul. Jika kamu perhatikan, Mondstadt menjadi satu-satunya wilayah Teyvat yang belum memiliki pelabuhan.

Pelabuhan ini sebenarnya sudah sering disebutkan oleh beberapa voiceline seperti Venti dan Eula pada event Weinlesefest.

NPC bernama Jones juga menyebutkan bahwa ia berasal dari Mondstadt namun tidak bisa kembali karena adanya Sakoku Decree yang menutup jalur keluar masuk ke Inazuma.

Selanjutnya daerah yang disebutkan adalah Mare Jivari dimana diprediksi terletak di daerah paling utara Mondstadt yang dikatakan menjadi legenda para petualang di Mondstadt.

Dikatakan Mare Jivari merupakan daerah tanpa angin dan tidak banyak petualang bisa melewati daerah itu. Bennett pada saat bayi dikatakan ditemukan oleh seorang petualang disana sebelum akhirnya dibawa ke Mondstadt.

Sea of Dandelions atau Dandelion Sea menjadi daerah yang bisa dibilang paling misterius di antara ketiga area yang akan dirilis.

Pertama kali disebutkan dalam buku yang berjudul The Fox in Dandelion Sea, dikatakan Dandelion Sea seperti padang bunga Dandelion yang besar.

Kamu bisa mengantisipasi beberapa area ini dirilis setelah perilisan Fontaine pada update 4.0.

Demikian berbagai hal terkait Mondstadt Genshin Impact. Dikabarkan juga selain ekspansi area, akan ada karakter dirilis bernama Dahlia yang merupakan pendeta di Mondstadt sebagai karakter dalam banner selanjutnya.

Baca juga: Prediksi dan Jadwal Banner Genshin Impact Selanjutnya

Dapatkan berbagai karakter Genshin Impact yang kamu dambakan dengan top up Genesis Crystal di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!