Mengulas Game Puzzle-Platforming Seru: Pikmin 4!

Pikmin 4 di Nintendo Switch

Penikmat platform Nintendo, khususnya Switch pasti sudah tidak asing lagi dengan game Pikmin 4 yang rilis 2023 lalu.

Yap, game yang satu ini bisa dibilang mendapatkan eksposure yang cukup besar dari pihak Nintendo. So, buat yang penasaran seperti apa gamenya, yuk simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Pikmin 4: Gameplay Menghibur Dengan Karakter Super Imut

Pikmin

Pikmin 1
Pikmin 1. Sumber: Official Site

Sebelum kita masuk dan bahas game-nya, yuk kita ulas dahulu waralaba Pikmin milik Nintendo ini! Yakin deh penyuka genre puzzle action platforming udah familiar banget.

Jangan heran kenapa game ini sendiri cukup melegenda. Pasalnya, Pikmin merupakan “saudara kandung” dari judul-judul besar layaknya Mario dan juga Zelda!

Yap, Pikmin yang dilahirkan dari “rahim” Nintendo ini merupakan salah satu mahakarya dari Shigeru Miyamoto lho! Sang produser gaming kawakan ini terbukti mampu memberikan sentuhan maestro-nya pada salah satu waralaba kekinian Nintendo ini.

Walhasil, Pikmin menawarkan sebuah gameplay yang lebih segar dengan konsep yang sama matangnya dengan judul-judul andalan Nintendo lainnya! Tidak heran bila Pikmin sendiri selalu laris dipasaran!

Baca juga: 5 Game Nintendo Switch yang Rilis 2024, Ada Jujutsu Kaisen!

Pikmin 1 Sampai 3

Pikmin 2
Pikmin 2. Sumber: Official Site

Jika dibandingkan dengan judul besar milik Nintendo, waralaba pikmin sendiri bisa terbilang sebagai “anak kemarin sore”. Pertama kali rilis pada tahun 2001, game ini dimaksudkan untuk platform Gamecube.

Mendapatkan resepsi yang cukup sukses, sang developer-pun akhirnya membuat sekuel dari game ini (Pikmin 2) dan dirilis pada tahun 2004. Tidak perlu waktu lama bagi Nintendo untuk yakin bahwa game ini dapat menjadi waralaba andalan.

Pada 2008 dan 2009, kedua instalasi itupun mendapatkan kesempatan untuk masuk ke platform Wii yang kala itu sedang teramat hype. Dirasa belum cukup, Nintendo juga merilis sekuelnya yang ke-3 pada Platform Wii U pada tahun 2013.

Meski sudah lebih dari 1 dekade lamanya, game ini ternyata masih melekat erat di hati para fansnya. Melihat potensi tersebut, Nintendo akhirnya melakukan remaster dan re-release ketiga sekuelnya itu di platform terbaru mereka: Switch.

Ini merupakan keputusan tepat, melihat angka penjualan ketiganya yang terbilang cukup fantastis meski merupakan game remaster/re-release. Maka tidak heran jika pada 2023 kemarin, Nintendo merilis sekuel terbarunya yakni Pikmin 4!

Baca juga: Rekomendasi Game Mario Terbaik di Nintendo Swicth 2024

Gameplay dan Plot Pikmin 4

Pikmin 3
Pikmin 3. Sumber: Official Site

Meski sejatinya game ini merupakan main entry ke-4 dari Pikmin, namun jika dihitung secara jumlah rilis keseluruhan, ini merupakan game ke-6 dari waralaba ini! Rilis eksklusif di plaform Nintendo Switch, Pikmin 4 mendapatkan resepsi yang sangat baik.

Pemain masih akan berkutat dengan para Pikmin: mahluk humanoid setengah tumbuhan yang dapat disuruh-suruh layaknya serdadu.

Inti dari gameplay-nya-pun masih dipertahankan, yakni menggunakan para Pikmin untuk bermanuver diantara halangan dan menyelesaikan berbagai puzzle yang tersedia.

Cerita yang diusung sekuel ini juga “dikembalikan” ke asalnya yang berkisar pada protagonis utama: Captain Olimar. Ia merupakan seorang cosmonot dari planet Hocotate yang terdampar di planet asing dan berusaha memperbaiki kapalnya dengan bantuan para Pikmin.

Di sini, pemain akan berkesempatan memainkan Captain Olimar sekali lagi pada bagian ‘tutorial’ di awal game! Selepas itu barulah nantinya gameplay akan beralih ke plot utamanya.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada yang baru di dalam sekuel ini lho! Berbeda dengan Pikmin 3 dimana terdapat 3 playable karakter, Pikmin 4 malah memberikan kesempatan bagi pemain untuk membuat karakter mereka sendiri (custom)!

Tak hanya itu, grafis yang lebih menonjol, keberadaan Pikmin jenis baru (Pikmin Es dan Terang), serta keberadaan piaraan serupa anjing (Oatchi dan Moss) yang siap membantu pemain dari awal permainan, juga akan dapat kalian temukan di Pikmin 4!

Baca juga: Cuphead Nintendo Switch: Game Unik dengan Unsur Kartun Klasik

Nah itulah tadi pembahasan mengenai game Pikmin 4 dan waralaba-nya. Yuk beli voucher atau membership Nintendo eShop di VCGamers Marketplacedijamin murah dan cepat!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!