Pikmin 4: Gameplay Menghibur Dengan Karakter Super Imut

Pikmin 4

Bagi para pengguna konsol Nintendo Switch, jangan sampai melewatkan Pikmin 4 dalam daftar permainan yang harus dicoba!

Pikmin 4 adalah instalasi keempat dari seri game ini yang baru saja dirilis pada 21 Juli 2023 oleh Nintendo EPD dan Eighting.

Untuk kamu penyuka game lucu untuk bersantai di hari libur, yuk simak ulasan singkat tentang gameplay dan karakter Pikmin 4 dalam artikel dibawah ini!

Baca juga: 7 Karakter Stardew Valley dengan Latar Cerita Terbaik

Gameplay Pikmin 4

Gameplay Pikmin 4
Gameplay Pikmin 4. Source: Nintendo Store

Dalam game ini, pemain akan mengontrol karakter berukuran kecil yang akan mengomando grup Pikmin untuk menjelajah, melawan musuh, mengamankan peti harta karun dan menyelesaikan teka-teki.

Kamu dapat mengarahkan Pikmin untuk melakukan berbagai tugas seperti mengangkat benda. Setiap Pikmin memiliki kekuatan serta kelemahan masing-masing.

Pikmin Merah kebal terhadap api, Pikmin Biru dapat berjalan dibawah air, dan Pikmin Bersayap dapat mengangkat objek serta melayang diudara.

Saat menghadapi bahaya atau berada dalam pertarungan, kamu bisa mengganti spesies Pikmin untuk menyesuaikan dengan keadaan.

Pengambilan kamera dalam seri Pikmin 4 cukup berbeda dengan game sebelumnya. Pada game ini, pandangan diarea sekitar pemain menjadi lebih penuh dan lebih dekat dengan permukaan tanah.

Nintendo juga memperkenalkan dua spesies baru dalam Pikmin 4, mereka adalah Ice Pikmin dan Glow Pikmin.

Ice Pikmin memiliki kekebalan terhadap pembekuan. Spesies ini juga bisa membekukan lawan dan perairan didepannya.

Spesies Glow Pikmin sangat berguna untuk digunakan saat Night Time Expeditions, dimana mereka adalah Pikmin paling ideal untuk beroperasi di malam hari.

Kamu juga dapat mengendalikan mahluk seperti anjing yang disebut dengan Oatchi untuk membantu perjalananmu saat menjelajah suatu area.

Oatchi
Oatchi. Source: Nintendo Store

Tidak hanya memperkenalkan karakter, sebuah fitur baru juga ditambahkan pada mode game single player Pikmin 4.

Kamu bisa menyesuaikan karakter dengan fitur wajah dan warna seragam yang berbeda. Akses menuju basis hub untuk melakukan berbagai aktivitas juga telah ditambahkan.

Fitur lain dari Pikmin 2, Caves juga kembali dalam seri ini. Namun, pemain sekarang dapat mengganti Pikmin mereka sebelum menjelajahi gua.

Pada game Pikmin 2, waktu akan terus berjalan saat menjelajah gua. Di seri keempat ini, waktu masih akan berjalan tapi diperlambat. Sebuah fitur Rewind untuk mengulang permainan juga ditambahkan.

Dengan visual yang menggemaskan dan gameplay yang menghibur, Pikmin 4 bisa jadi salah satu pilihan game untuk bersantai.

Baca juga: Deretan Games Nintendo Switch Terbaru 2024!

Karakter Pikmin 4

Pikmin adalah mahluk misterius yang merupakan gabungan antara tanaman dan binatang. Mereka loyal, pintar, dan siap mengikuti arahanmu.

Terdapat total 9 spesies Pikmin yang ada dalam game ini. Pastikan kamu memanggil yang tepat untuk pekerjaan yang ada!

Pikmin Merah

Pikmin Merah
Pikmin Merah. Source: Nintendo Store

Pikmin Merah memiliki hidung yang mancung dengan bunga putih. Mereka kebal pada api dan memiliki kekuatan serangan yang lebih unggul dibanding tipe lain sehingga cocok digunakan dalam pertarungan.

Spesies ini adalah Pikmin yang akan pertama kali pemain temukan dan dapatkan di dalam semua seri game Pikmin.

Pikmin Biru

Pikmin 4 - Pikmin Biru
Pikmin Biru. Source: Nintendo Store

Pikmin Biru memiliki mulut yang berfungsi sebagai insang dan spesies ini bisa kamu temukan dalam semua seri game Pikmin.

Mereka kebal terhadap air dan menjadi satu-satunya spesies yang bisa mengakses area khusus dimana Pikmin lainnya akan tenggelam.

Pikmin Kuning

Pikmin 4 - Pikmin Kuning
Pikmin Kuning. Source: Nintendo Store

Pikmin Kuning memiliki telinga besar dengan bunga putih diatasnya. Sama seperti Pikmin sebelumnya, spesies satu ini juga muncul dalam semua seri game.

Mereka dapat dilempar lebih tinggi dibanding dengan tipe Pikmin lainnya, namun kemampuan unik lainnya akan bervariasi di setiap permainan.

Pikmin Kuning adalah satu-satunya tipe yang bisa membawa bom batu. Pada seri Pikmin 3 dan 4, mereka dapat menggali lebih cepat dari tipe lainnya.

Pikmin Ungu

Pikmin 4 - Pikmin Ungu
Pikmin Ungu. Source: Nintendo Store

Pikmin Ungu memiliki rambut pendek, bunga merah muda, dan tubuh lebih besar dari tipe Pikmin yang lainnya. Mereka pertama kali muncul pada Pikmin 2.

Pikmin yang satu ini memiliki badan 10 kali lebih berat dari tipe lainnya dan merupakan tipe yang paling lambat. Mereka juga dapat mengangkat benda yang 10 kali lipat lebih berat dari Pikmin lainnya.

Pikmin Putih

Pikmin 4 - Pikmin Putih
Pikmin Putih. Source: Nintendo Store

Pikmin Putih memiliki mata berwarna merah, bunga merah mudah, bertubuh kecil dan langsing. Spesies ini kebal terhadap racun dan merupakan Pikmin tercepat.

Pikmin Putih dapat meracuni musuh saat mereka sedang dimakan. Pada seri game kedua, mereka dapat menggali peti harta karun tersembunyi yang tak dapat dilihat tipe lainnya.

Pikmin Batu

Pikmin 4 - Pikmin Batu
Pikmin Batu. Source: Nintendo Store

Seperti namanya, Pikmin yang satu ini memiliki bentuk seperti batu berwarna abu-abu gelap dengan bunga berwarna ungu.

Dengan tingkat kekerasan tubuhnya memungkinkan tipe ini untuk menghancurkan kristal, menyerang lawan dengan serangan langsung yang kuat, dan kebal terhadap penghancuran atau tusukan.

Pikmin Bersayap

Pikmin 4 - Pikmin Bersayap
Pikmin Bersayap. Source: Nintendo Store

Spesies Pikmin yang satu ini memiliki sepasang sayang dengan mata biru besar, bertubuh merah muda, dan memiliki bunga berwarna ungu.

Pikmin Bersayap dapat terbang diatas air dan penghalang rendah yang memungkinkan mereka sulit untuk diserang oleh lawan. Namun, kekuatan serangan dari tipe ini adalah yang terendah.

Pikmin Es

Karakter yang Berbentuk Es
Pikmin Es. Source: Nintendo Store

Pikmin Es memiliki warna cyan dengan tubuh es dan bunga berwarna kuning. Spesies yang satu ini baru muncul dalam seri game Pikmin 4.

Pikmin yang satu ini dapat membekukan lawan dengan mengisi bar meter yang ada di lawan dengan menyerang atau dimakan oleh mereka.

Pemain juga dapat melemparkan Pikmin Es kedalam air untuk membekukannya, sehingga Pikmin lain dapat berjalan melewatinya.

Pikmin Bercahaya

Karakter yang Bercahaya
Pikmin Cahaya. Source: Nintendo Store

Pikmin yang satu ini memiliki tubuh mirip hantu yang bercahaya dengan bunga berbentuk bintang berwarna kuning. Seperti Pikmin Es, spesies ini juga baru diperkenalkan dalam Pikmin 4.

Mereka kebal terhadap banyak elemen berbahaya seperti tidak dapat dikontrol, dikubur, atau melambat saat berada dalam lumpur.

Spesies ini akan berteleportasi pada pemimpin aktif apabila mereka tidak sedang bertarung atau mengerjakan tugas.

Pikmin Bercahaya adalah satu-satunya Pikmin yang tersedia dalam Night Expeditions dan dapat dimunculkan dalam gua dengan menggunakan Glow Seed.

Baca juga: Rekomendasi 5 Games Mahjong Android

Nah, itulah uraian singkat tentang gameplay dan karakter-karakter dalam game Pikmin 4. Bagaimana, tertarik memainkan game ini?

Untuk kamu yang sedang mencari tempat top up game kesayangan yang aman dan terpercaya, yuk segera kunjungi VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]