Fitur Cross Progression Apex Legends, Apakah Ada?

Fitur Cross Progression Apex Legends

Fitur Cross Progression Apex Legends sering kali dipertanyakan. Yap, para pemainnya sering kali bingung apakah game dengan genre battle royale yang satu ini dilengkapi fitur tersebut atau tidak.

Dengan semakin canggihnya perkembangan teknologi jaringan dan komunikasi dewasa ini, berbagai platform gaming lantas dilengkapi kemampuan online dan menyimpan data pada jaringan Cloud. Tak heran bila akhirnya fitur Cross Progression menjadi sebuah keharusan.

Nah, buat kalian para pemain Apex Legends yang masih bingung apakah fitur Cross Progression sudah dibenamkan atau belum, yuk simak ulasannya berikut ini! Langsung aja di pejawan deh!

Baca juga: Urutan Rank Apex Legends dari Terendah hingga Teratas

Apex Legends dan Kiprahnya di Industri Gaming Modern

Apex Legends
Apex Legends. Sumber: Official Site

Apex Legends telah menjadi fenomena dalam dunia game Battle Royale sejak diluncurkan pada Februari 2019.

Dikembangkan oleh Respawn Entertainment dan diterbitkan oleh Electronic Arts (EA), permainan ini memasukkan banyak unsur segar nan unik dalam genre yang populer.

Bisa dikatakan juga ini merupakan upaya EA untuk mengimbangi tren game Battle Royale: merilis merek eksklusif miliknya sendiri. Wajar bila akhirnya EA ‘mati-matian’ memberikan support terbaiknya.

Ini dilakukan agar Apex Legends bisa tetap keep-up dan bertahan di tengah gampuran berbagai tajuk game dengan genre serupa.

Meski sebenarnya EA juga punya game Battle Royale andalan lainnya yakni Battlefield 2042, namun judul tersebut lebih difokuskan untuk menyaingi titel Warzone dari line up Call of Duty (Activision).

Sedangkan kehadiran Apex Legends tetap dibutuhkan untuk menyaingi pangsa pasar Fornite.

Untuk tetap dapat bersaing, Apex Legend memperkenalkan fitur-fitur inovatif dalam pertempuran royale. Secara tidak langsung, ini semua mempengaruhi perkembangan genre tersebut secara keseluruhan.

Pasca peluncurannya, banyak permainan pertempuran royale lainnya mulai mengadopsi beberapa elemen yang ditemukan dalam Apex Legends, seperti sistem komunikasi tim yang lebih user-friendly dan kehadiran special ability dari setia karakter.

Baca juga: 10 Karakter Apex Legends dan Kemampuannya

Skema Cross Platform Apex Legends

Gameplay Apex Legends
Gameplay Apex Legends. Sumber: Official Site

Dengan berbagai keunggulan tersebut, tidak heran jika akhirnya EA memutuskan untuk mempenetrasi semua lini industri gaming. Ini dilakukan dengan menghadirkan skema lintas (Cross) platform bagi Apex Legends.

Yap, Vicigers bisa memainkan game ini di berbagai ‘wadah’, baik PlayStation (4 dan 5), Xbox (One, dan Series X/S), Windows, hingga bahkan Nintendo Switch. Uniknya lagi, EA bahkan hingga berani merambah ke pasar mobile dengan menghadirkan Apex Legends untuk platform Android dan iOS.

Meski pada akhirnya versi mobile dari Apex Legends harus ditutup dikarenakan minim pemain, namun setidaknya ini menjadi catatan tersendiri: betapa luasnya pengaruh game yang satu ini di industri gaming modern.

Baca juga: Update Rotasi Map Apex Legends Season 17

Fitur Cross Platform Apex Legends

Nah, jika sudah diberlakukan skema Cross Platform, biasanya pasti juga diiringi dengan keberadaan fitur Cross Progression kan?

Eits, enggak selalu begitu loh! Faktanya, Respawn dan EA tidak menyertakan fitur tersebut pada Apex Legends.

Yap, keberadaan fitur Cross Progression mengandalkan penyimpanan berbasis Cloud online yang dapat diakses di manapun. Ini tentu memudahkan players dalam melakukan grinding melalu berbagai platform yang mereka miliki.

Umumnya, gamers dewasa ini memiliki lebih dari satu platform gaming yang bisa mereka mainkan. Dan dengan adanya fitur Cross Progression, itu dapat memberikan keleluasaan bagi para penikmat Apex Legends seluas-luasnya. Bukan hal aneh bila akhirnya banyak fans yang menantikan fitur itu.

Baca juga: Tier List Apex Legends di Season 17

Kapan Fitur Cross Progression Apex Legends Rilis?

Update Season 18 Apex Legends
Update Season 18 Apex Legends. Sumber: Official Site

Namun bukan berarti pihak developer tidak mendengarkan permintaan para fans tersebut. Sudah ada wacana bahwa fitur Cross Progression Apex Legends akan segera dirilis.

Dilansir dari laman charlieintel.com, bulan Desember 2022 lalu, salah seorang petinggi dari dari pihak developer menyatakan bahwa fitur idaman tersebut akan segera dibakukan pada Apex Legends. Namun ia tidak menambahkan tanggal pastinya.

Dan hingga terhitung pada update Season 18 pada 8 Agustus 2023 kemarin fitur tersebut masih belum saja dibenamkan.

Ya, kita tunggu saja deh Vicigers. Harapannya fitur Cross Progression tersebut akan dapat segera rilis deh!

Baca juga: Tips Menggunakan Nemesis Apex Legends

Nah itulah tadi pembahasan mengenai fitur Cross Progressions Apex Legends.

Jangan lupa, Top Up Apex Coins Murah da Cepat di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!