Cara Minecraft Menghapus Air Menggunakan Command

Minecraft Menghapus Air

Air adalah barang yang berguna dalam game Minecraft, tapi permainan tidak akan bagus saat berada di air. Sehingga cara menghapus air minecraft banyak dicari para pemain dengan menggunakan Command.

Ada banyak alasan mengapa pemain Minecraft ingin membuang air dari area tertentu. Misalnya, saat kamu sedang mencoba membuat pangkalan bawah air dan harus mengeluarkan air untuk membuat pangkalan itu sendiri.

Salah satu cara untuk menghapus air dalam Minecraft adalah menggunakan Spons. Sayangnya, spons susah didapat dan dibutuhkan lebih banyak untuk bisa menghapus air. Daripada menggunakan spons, kamu dapat menggunakan command untuk minecraft menghapus air secara massal.

Command sendiri adalah fitur lanjutan yang digunakan dengan mengetikkan teks tertentu di jendela obrolan di edisi Java dan Bedrock. Cheat harus diaktifkan, dan garis miring (/) diperlukan sebagai awalan agar perintah dapat bekerja di dalam game.

Trik Minecraft Menghapus Air dengan Command

Menghilangkan Air di Minecraft.
Minecraft Menghapus Air. Sumber: VCGamers.

Untuk mengeluarkan air, kamu harus menggunakan perintah ‘/fill’. ‘/ isi’ adalah perintah yang digunakan pemain untuk mengganti blok atau mengisi area dengan blok apapun yang kamu inginkan.

Untuk mengeluarkan air, kamu membutuhkan dua set koordinat (X, Y, dan Z). Koordinat pertama harus dari salah satu sudut area dari mana air perlu dihilangkan. Kemudian Vicigers harus pergi ke sudut berlawanan secara diagonal dan mencatat koordinatnya.

Ganti Blok Air di Bedrock

Setelah keduanya memiliki koordinat, pemain edisi bedrock harus mengetik “/fill < koordinat pertama> <koordinat kedua> air 0 ganti air” di jendela obrolan. Ini hanya akan menggantikan blok air yang ada di koordinat.

Ganti Air di Java Edition

Kamu harus mengetik “/fill <x1> <y1> <z1> <x2> <y2> <z2> air ganti air.” Satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah bahwa kamu tidak perlu menulis 0 setelah mengudara pada perintah.

Cara Mengeringkan Air dalam Game Minecraft

Masalah yang paling umum saat membuat bangunan atau struktur bawah air dengan air sebagai bagiannya adalah ketika masuk ke tempat yang tidak diinginkan. Kamu bisa ikut beberapa cara di bawah ini untuk mengeringkan air.

Ganti Sumber Air

Menghilangkan Air di Minecraft.
Ganti sumber air. Sumber: VCGamers.

Air akan selalu mulai menyebar ke berbagai arah dari blok sumber air. Blok sumber air ini seringkali dapat ditemukan dengan sangat mudah, dan untuk menghentikan penyebaran air, pemain dapat menggunakan blok padat untuk mengganti sumber air dengan menempatkan blok di atasnya.

Menempatkannya di dalam air dalam jumlah besar akan menghancurkan blok sumber, menonaktifkan air untuk mengisinya begitu blok rusak.

Namun, ini membutuhkan sedikit waktu untuk melakukannya, dan Vicigers pasti akan melewati beberapa sekop dalam prosesnya. Belum lagi, ini juga bisa sedikit rumit, tergantung pada ukuran dan kedalaman air yang kamu keluarkan.

Untuk melakukan ini coba blokir suatu daerah, sebaiknya dengan Kerikil atau Pasir karena ini jatuh ke dasar karena gravitasi.

Menggunakan Ember Kosong

Minecraft Menghapus Air
Menggunakan ember dalam game Minecraft. Sumber: Youtube.

Ember dapat dibuat dari tiga batang besi dengan menempatkannya dalam bentuk V di meja kerajinan. Untuk mengeluarkan air menggunakan ember kosong, kamu harus mencari sumber air lalu klik kanan di atasnya sambil memegang ember di tangan mereka.

Gunakan Spons

Minecraft Menghapus Air
Spons. Sumber: Youtube.

Spons adalah balok yang hanya dihasilkan di ruang spons di monumen samudra. Spons dapat menyerap air dalam radius tujuh blok dari dirinya sendiri dan langsung menjadi spons basah. Peleburan spons basah di tungku akan mengembalikannya ke spons kering.

Di monumen laut, spons dapat ditemukan di ruangan spons yang biasanya kosong dari air dan berisi spons basah di sepanjang langit-langit dan dinding. Mereka dapat ditambang dengan alat apapun, tetapi cangkul biasa akan mematahkannya paling cepat.

Sekarang, spons basah tidak dapat digunakan lagi untuk menampung air. Pertimbangkan spons basah sebagai spons dengan kapasitas penuh.

Untuk mendapatkan spons kering, kamu perlu mengeringkan spons yang sudah basah. Untuk mengeringkan spons basah, kamu harus memasukkannya ke dalam tungku dengan bahan yang mudah terbakar, seperti saat kamu mencoba memasaknya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Air di Minecraft, 100% Berhasil!

Menggunakan Pasir

Golden Apple
Pasir di Minecraft. Sumber: IGN

Tidak seperti kebanyakan balok di Minecraft, pasir dan kerikil dipengaruhi oleh gravitasi dan akan mulai jatuh jika balok di bawahnya dilepas. Fitur ini dapat digunakan untuk menghilangkan genangan air di area yang dalam.

Sambil menahan pasir, pemain bisa spam tombol klik kanan hingga lubang atau area yang dalam berisi pasir. Kemudian mereka dapat dengan mudah membuang pasir menggunakan sekop. Dengan cara minecraft menghapus air ini, kamu akan lebih mudah bermain.

Menggunakan Lahar

Minecraft Skyblock
Lahar. Sumber: VCGamers

Saat lava menyentuh balok air, ia mengubahnya menjadi batu, dan jika bersentuhan dengan sumber air, maka sumber air tersebut menjadi obsidian.

Metode ini mungkin terlihat tidak praktis, tetapi akan berguna bagi pemain yang ingin membuang air dan menambang batu.

Baca juga: Minecraft: Pocket Edition, Gameplay, dan Cara Download Gratis!

Jangan lupa untuk top up gaming murah dan cepat hanya di VCGamers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!