Trik Menang Main Mobile Legends Saat Teman AFK

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan saat teman sedang AFK di game Mobile Legends adalah menyerang turret musuh lebih awal.
AFK
AFK. Sumber: SPIN.

Apakah kamu sering bermain dengan satu tim yang sering AFK? Tentu saja hal ini sangat menyebalkan bagi para pemain. Karena player yang keluar akan mengurangi performa dalam tim Mobile Legends.

Bagi kamu yang bermain game multiplayer online di perangkat Android atau iOS khususnya Mobile Legends: Bang Bang pasti pernah mendengar tentang AFK. 

Ya, kata ini diberikan kepada pemain yang keluar dari game secara tiba-tiba di tengah permainan. Pemain AFK sendiri memang menyebalkan karena membuat rekan satu tim canggung dan sulit untuk menang melawan musuh dimana permainan multiplayer membutuhkan kerjasama tim.

Namun, jika Vicigers mendengar kata AFK, apakah kamu sudah tahu arti sebenarnya dari AFK? Lantas bagaimana cara mengatasinya jika ada pemain yang AFK? Bagi kamu yang tidak tahu, silahkan baca artikel lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Arti AFK dalam Game 

AFK
AFK dalam game MLBB. Sumber: Youtube.

AFK berarti “Away From Keyboard“. Dalam bahasa Indonesia, arti dari kata ini adalah “Go/Exit the keyboard”. Secara umum kata AFK juga bisa merujuk pada karakter yang sedang online dan tidak bergerak. 

Namun, jika berbicara tentang game online seperti PUBG Mobile atau Mobile Legends, “Away From Keyboard” juga dapat didefinisikan sebagai pemain yang berpartisipasi dalam suatu game, tetapi tiba-tiba menghentikan game tersebut karena berbagai alasan terpisah.

Sering kali karakter mereka menjadi AFK karena koneksi internet yang tidak stabil. Oleh karena itu, pemain tidak dapat mengontrol karakternya. Karena itu, karakter pemain akan diam. 

Bahkan, di banyak game online di perangkat seluler, semua pemain harus bisa terus bekerja keras untuk mengontrol karakternya agar tidak mudah bertanggung jawab atas musuh selama permainan ini. 

Nah, para “pemain AFK” seperti ini sering kali menyakiti rekan setimnya karena ini bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan mereka gagal saat bermain.

Cara Menang Meski Teman Sedang AFK

Tidak bisa dipungkiri, jika ada pemain yang AFK di tengah permainan memang menyebalkan. Tapi bukan berarti kita bisa langsung menyerah, seperti perang, berjuang sampai titik darah penghabisan. 

Bahkan ada situasi yang membuat kamu bisa menang. Jadi jika ada pemain yang AFK, kamu bisa melakukan beberapa trik yang sudah kami rangkum berikut ini.

Jangan Memaksa untuk Menyerang

Trik Mobile Legends
War dalam game MLBB. Sumber: VCGamers.

Salah satu kesalahan terbesar saat memainkan game multiplayer adalah menjadi individu. Jika ada teman satu tim yang AFK seperti di game Mobile Legends, usahakan jangan berada di sekitar temanmu.

Ketika tim kalah jumlah, cobalah untuk mati paling sedikit. Dengan cara ini, musuh tidak akan cepat kaya dan menyebarkan keuntungannya. 

Di sisi lain, tim akan menggunakan kekayaan bersih untuk menutup pemain minor. Ya, triknya adalah membunuh musuh sebanyak mungkin.

Jangan Farming Sendirian

farming monster seasonn 1
Farming di game MLBB. Sumber: VCGamers.

Ada baiknya kamu dan tim tetap berjalan bersama saat sedang farming. Karena saat teman AFK, musuh akan berusaha menyerang dengan cepat agar bisa menang dengan cepat. 

Padahal, saat itu, kita bisa mengumpulkan musuh sendirian. Bermain di hutan sendiri bisa dianggap sebagai cara yang baik untuk menghindari terlibat dalam pertempuran acak. 

Hal ini adalah satu-satunya cara bagi tim kamu untuk memenangkan emas. Jika tim tertinggal, jangan terpecah, 4 pemain sudah lebih dari cukup untuk mencuri lawan satu per satu. Atau kamu bisa menyisakan 1 orang untuk farming, sementara yang lain berburu hero.

Targetkan Serangan pada Turret Musuh

Turret musuh di MLBB. Sumber: VCGamers.

Cara ini cocok jika kamu sering bermain Mobile Legends, AOV dan game sejenisnya. Dengan turret yang kecil, tentunya kenyamanan musuh saat menyerang akan berkurang. 

Tanpa peringatan, tidak mungkin memenangkan permainan hanya dengan 4 pemain, tim kamu harus bersatu untuk mendorong dan mempertahankan menara. Turret sangat sensitif di Mobile Legends, jika turret terkena maka tim lawan akan langsung datang. 

Oleh karena itu, push tower saja sudah beresiko besar mati. Jadi hanya dengan 3 orang teman kalian akan kesulitan mempertahankan turret melawan 5 hero.

Baca juga: 5 Hero Yang Bisa Push Turret ML Musuh, Auto Hancur!

Perhatikan Situasi Selama War

War Mobile Legends. Sumber: VCGamers.

Seperti yang kalian tahu, hero ML memiliki role masing-masing. Di barisan depan adalah fighter dan tank, sedangkan mm dan assasin berada di belakang. 

Nah, situasi ini akan dijaga agar lebih mudah memenangkan perang. Jika para hero di tahap pertama dikalahkan, lebih baik yang lain mundur.

Idealnya, ketika ada kekurangan pemain tim, kamu wajib berlindung di balik turret atau di base saat kamu bertahan. Dengan cara ini, kemungkinan kematian akan berkurang. 

Namun situasi tidak akan berubah jika tim Anda tidak pandai mengambil risiko. Saat ada satu atau tiga lawan yang mati, lebih baik segera kejar balik atau kejar hero lawan yang masih hidup. 

Jika berhasil, jaringan grup akan meluas, dan mungkin tim kamu akan memiliki kesempatan untuk membunuh Lord.

Nah, seperti itulah tadi beberapa trik atau cara mudah untuk tetap menang dalam game Mobile Legends meskipun tim sedang AFK. Gimana, apakah kamu punya trik sendiri? Silahkan bagikan di kolom komentar!

Baca juga: 5 Hero Mobile Legends Paling Jago Curi Turret Musuh

Untuk top up diamond murah dan instan, silahkan top up hanya di VCGamers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!