Arti Good Game dan Asal Usulnya

Team Liquid TI 11, arti kata gg,

Ungkapan dan arti Good Game atau “Good Game, Well Played”, yang terkadang disingkat menjadi GG atau GGWP, pasti sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar dari kamu. Apalagi seiring populernya game online atau esport.

Budaya esports dan permainan kompetitif pada akhirnya menciptakan banyak interaksi baru selain popularitas yang semakin meningkat.  

Sejumlah event dikatakan memiliki momen-momen penting yang membuatnya memberikan dampak besar dalam sejarah games, selain banyaknya profil pemain yang semakin terkenal.

Menurut kamu apa arti GG sebenarnya? Langkah apa yang harus diambil agar frasa ini menjadi terkenal? Lalu, bagaimana kamu bisa menggunakannya dengan benar?

Baca juga: Game US Paling Terkenal di Dunia, Inilah Daftar Lengkapnya!

Apa Arti Good Game dan Dari Mana Asalnya?

Arti Good Game
Marathon. Source: YouTube

Banyak orang mungkin tidak menyadari sudah berapa lama frasa “Good Game” telah digunakan. Sebenarnya, para gamer Marathon telah menggunakan frasa ini sejak tahun 1994, ketika tidak banyak pilihan internet yang tersedia bagi mereka.

Salah satu video game pertama yang mendukung LAN dan WAN adalah game ini. Meskipun DOOM pada saat itu sangat populer di platform IBM dan Windows PC, banyak pemain di Amerika menggunakan komputer Macintosh dan memiliki akses ke first-person shooter Bung ie’s Marathon.

Frasa ini digunakan untuk menunjukkan sikap sportif di akhir permainan, seperti arti Good Game secara harfiah. Ini adalah cara untuk mengatakan bahwa tim kamu dan lawan telah mengembangkan permainan yang bagus.

Selain GG, ditemukan bahwa pemain juga mengungkapkan GL, yang berarti keberuntungan, di awal permainan sebagai tanda sportivitas.

Baca juga: Rekomendasi Game Gratis di Epic Games, Mainkan Sekarang!

Perkembangan Penggunaan Kata Good Game

Arti Good Game
Dota 2. Source: detik.com

Seiring berjalannya waktu, penggunaan GG meningkat. Defense of the Ancient yang pada saat itu masih merupakan mod Warcraft III ikut andil dalam munculnya istilah “good game” sebagai salah satu game kompetitif yang mulai populer di awal tahun 2000-an.

Kemajuan signifikan mengikuti Dota 2, dan fitur ini berkembang menjadi langkah akhir permainan. Anggota tim secara otomatis dianggap menyerah ketika mereka mengetik “GG” ke semua.

Di Dota 2, ada banyak kisah menarik tentang “Good Game”. Salah satunya adalah kontroversi seputar GG yang diketik oleh Team Secret di kompetisi Frankfurt Major.

Saat w33 mengetik GG lebih dulu, Puppey dan kawan-kawan yang saat itu bermain melawan OG kehilangan keunggulan. OG diberi kemenangan di game tersebut, tetapi Team Secret mengajukan banding, memenangkan pertandingan, dan dihukum di game berikutnya.

Baca juga: Persamaan dan Perbedaan 5 Pos dengan Role Hero di Dota 2!

Penggunaan yang Benar dan Arti Frasa Good Game

Free Fire Scouting
Ilustrasi

Arti dari frasa “Good Game” telah berkembang dari waktu ke waktu. Pemain yang frustasi biasanya akan mengetik “GG” terlebih dahulu. Khususnya pada game Dota 2, mengetikkan GG ke setiap pemain tidak berpengaruh selama pertandingan biasa.

Menyatakan bahwa permainan telah selesai padahal belum dimulai terdengar sarkastik. Sepertinya musuh semakin kuat dan tidak bisa lagi dihentikan.

Kamu sekarang dapat memahami frasa “sesuatu yang GG” yang berarti bahwa sebuah game atau metagame menjadi lebih kuat dan tidak dapat dihentikan.

Pada akhirnya, wajar jika arti GG sering diartikan sebagai “sesuatu yang kuat, dikuasai, dan mampu mengakhiri permainan”.

Domain (dot) gg digunakan oleh banyak marketplace dan situs game di seluruh Eropa. Ini menunjukkan betapa eratnya ikatan idiom “GG” dengan kehidupan game. Misalnya, banyak atlet esports profesional memiliki panggilan khas GG.

Seperti Miracle, seorang midlaner terkenal dari Team Liquid, yang mengetik “gege” daripada “GG” di akhir pertandingan.

Apapun tulisannya, semuanya memiliki tujuan yang sama dan dimaksudkan untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada tim musuh.

Kesimpulannya, ada dua interpretasi berbeda untuk kata GG. Pertama, istilah “GG” dapat digunakan untuk memuji seseorang karena melakukan sesuatu yang tidak mungkin dilakukan oleh orang lain.

Selain itu, mengatakan “GG” sebagai tanggapan atas keterkejutan atas suatu kejadian juga merupakan hal yang umum.

Kedua, frasa “Good Game” mengacu pada perbuatan absurd yang telah dilakukan. Jadi, tergantung situasinya, arti Good Game atau GG bisa berkonotasi positif dan negatif dalam bahasa gaul.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!