Cara Mencairkan Mata Uang Crypto Ke Rupiah, Mudah Banget!

cara bermain crypto pemula

Cara mencairkan mata uang crypto ke dalam kurs Rupiah sangatlah mudah dilakukan. Saat ini banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi di crypto.

Tapi, sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi, kamu harus tahu cara mencairkan mata uang crypto. Dengan artikel ini, VCGamers akan memberikan informasi tentang cara mencairkan mata uang crypto. 

Bisakah Crypto Diubah Jadi Rupiah? 

cara mencairkan mata uang crypto
cara menarik aset kripto ke rupiah

Salah satu keuntungan utama dari sistem desentralisasi pada crypto adalah siapa pun dapat menjual aset tanpa batas. Kamu dapat menjual mata uang apa pun dalam mata uang apa pun, termasuk Rupiah. Yang perlu kamu ketahui adalah volume perdagangan minimum yang ditetapkan oleh setiap bursa. 

Kamu dapat menambang crypto seperti BTC melalui berbagai pertukaran kripto atau dompet eksternal. Namun, cara mencairkan mata uang crypto melalui platform pertukaran seringkali akan dikenakan biaya tambahan. Besarnya biaya bervariasi tergantung kebijakan masing-masing platform.

Dua Cara Mencairkan Mata Uang Crypto

Ada banyak cara untuk mengubah crypto menjadi Rupiah. Mulai dari cara yang paling umum, yaitu melakukan penarikan dari bursa, hingga cara khusus, seperti P2P.

Menggunakan Exchange atau Wallet

cara mencairkan mata uang kripto
mencairkan mata uang kripto menggunakan exchange

Penarikan crypto dari bursa adalah metode paling umum yang digunakan oleh para trader dan investor dalam aset kripto. Sebab, melalui bursa, pengguna bisa menjual dan membeli aset kripto dengan jumlah yang dibutuhkan. 

Setiap platform memiliki prinsip berbeda tentang cara menarik aset crypto. Kamu harus memperhatikan aturan yang diterapkan pada platform yang akan kamu gunakan. 

Misalnya pencairan Bitcoin ke Rupiah (BTC ke IDR) melalui platform pertukaran umumnya dilakukan dengan transfer bank. Durasinya berbeda satu sama lain tergantung pada layanan perbankan yang digunakan. Biasanya, dibutuhkan satu hingga lima hari kerja agar pembayaran Bitcoin mencapai rekening bank.

Baca juga: Rekomendasi Platform Staking Crypto Untuk Pemula 2022

Transfer Peer-to-peer (P2P) 

compound crypto
mencairkan mata uang kripto dengan sistem P2P

Jika kamu membutuhkan transaksi yang lebih privat dan tidak ingin melibatkan pihak lain, kamu bisa mencairkan crypto melalui transfer peer-to-peer.

Transaksi peer-to-peer adalah transaksi yang dilakukan dari satu pihak ke pihak lain tanpa perantara. Meski terkesan lebih aman dan penuh privasi, kamu juga perlu berhati-hati saat melakukan transaksi bitcoin peer-to-peer.

Sebelum melakukan transaksi, kamu harus mengecek terlebih dahulu dengan pihak kedua. Hal ini dilakukan untuk mengurangi terjadinya kecurangan pada saat bertransaksi.

Selain bisa menjaga privasi, manfaat lain yang bisa didapat saat melakukan transaksi peer-to-peer adalah layanan escrow. Transfer crypto selesai ketika penjual mengkonfirmasi penerimaan pembayaran. Selain itu, transaksi P2P tidak mempengaruhi volume transaksi harian.

Baca juga: VCGamers Lucurkan Platform VCG Bridge untuk Seluruh Holders

Itulah tadi cara mencairkan mata uang crypto ke Rupiah yang harus kamu tahu sebagai pemula. Ingat, ketika mencarikan suatu aset ke dalam rekening bank yang salah tidak akan bisa dikembalikan.

Artikel Crypto oleh PINTU


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!