Build Jing Yuan Honkai Star Rail: Trace, Relics, Light Cone, dan Party

build jing yuan honkai star rail splash art

Jing Yuan adalah karakter bintang 5 terbaru yang dirilis Honkai Star Rail pada bagian kedua perilisan game.

Sebagai karakter Path Erudition, Jing Yuan sangat bagus untuk dijadikan DPS dengan AoE serangan yang besar.

Tapi, Jing Yuan memiliki kesamaan dengan karakter bintang 4 Serval yaitu Path Erudition dengan elemen Lightning sehingga kamu pasti bertanya apakah Jing Yuan harus kamu dapatkan.

VCGamers akan merekomendasikan build Jing Yuan Honkai Star Rail untuk memudahkan kamu build karakter ini dan juga untuk mengambil keputusan apakah Jing Yuan worth it atau tidak.

Baca Juga: Build Dan Heng Honkai Star Rail: Trace, Relics, Light Cone, dan Party

Rekomendasi Build Jing Yuan Honkai Star Rail

Artikel ini akan membahas semua rekomendasi build mulai dari prioritas trace, light cone, relic, hingga rekomendasi tim yang cocok untuk build Jing Yuan Honkai Star Rail.

Hal tersebut disesuaikan dengan semua komponen yang ada saat artikel ini dirilis dimana perkembangan Relic dan Light Cone akan terus bertambah seiring berjalan update Honkai Star Rail.

Material Talent dan Character Ascension Jing Yuan

build Jing Yuan Honkai Star Rail Ascension Material
Ascension Material Jing Yuan (source: VCGamers)

Character ascension Jing Yuan akan membutuhkan Immortal Scionette, Immortal Aeroblossom, Immortal Lumintwig, serta Shape Shifter’s Lightning Staff. Shape Shifter’s Lightning Staff bisa kamu dapatkan dari drop Stagnant Shadow: Shape of Doom.

Traces Jing Yuan akan membutuhkan material Erudition path material: Key of Inspiration, Key of Knowledge, Key of wisdom serta Immortal Scionette, Immortal Aeroblossom, Immortal Lumintwig,

Selain itu, untuk Trace level 5++, Jing Yuan akan membutuhkan Destroyer’s Final Road yang kamu dapatkan dari Doomsday Monster (Echo of War: Destruction’s Beginning).

Eidolon Terbaik untuk Build Jing Yuan Honkai Star Rail

build jing yuan honkai star rail eidolon
Eidolon Jing Yuan (source: VCGamers)

Jing Yuan menurut VCGamers sudah sangat bagus dengan DMG yang besar ketika kamu memiliki karakter ini pada Eidolon 0 (E(0)). 

Eidolon 1 adalah Eidolon minimal bila kamu menginginkan Eidolon build Jing Yuan. Lalu, E(4) dan E(6) merupakan Eidolon terbaik untuk Jing Yuan.

Pada Eidolon 1, Jing Yuan akan mendapatkan DMG Multiplier yang memperbesar DMG dari Lightning-Lord.

E(4) akan menyelesaikan masalah Energy regenerasi dari Jing Yuan sedangkan E(6) dapat membuat musuh Vulnerable dan memberikan tambahan DMG.

Baca Juga: Elemen Honkai Star Rail: Fungsi, Jenis, Cara Mengaplikasi

Prioritas Trace untuk Build Jing Yuan Honkai Star Rail

build jing yuan honkai star rail trace
Trace Jing Yuan (source: VCGamers)

Kemampuan karakter Honkai Star Rail terbagi atas: Basic ATK, Technique, Skill, Talent, dan Ultimate.

Basic ATK Jing Yuan yaitu Glistening Light akan memberikan Lightning DMG yang dihitung dari persentase ATK Jing Yuan. ATK ini akan memberi damage pada satu target musuh.

Technique Jing Yuan yaitu Spirit Invocation akan meningkatkan Hit Per Action Lightning-Lord pada turn pertama sebesar 3.

Talent Jing Yuan yaitu Prana Extirpated Jing Yuan akan melakukan summon Lightning-Lord yang dapat memberikan DMG dan mendapatkan 3 base Hits Per Action untuk serangan Lightning-Lord berikutnya. 

Saat Lightning-Lord beraksi, serangannya dianggap sebagai Follow-up Attack yang memberikan Lightning DMG dari ATK Jing Yuan ke satu musuh yang dipilih secara acak.

Musuh yang berdekatan dengan target musuh utama juga menerima Lightning DMG dengan besar persentase ½ dari target utama.

Hit Per Action Lightning-Lord dapat mencapai maksimal 10 yang semakin banyak Hit Per Action, semakin cepat SPD Lightning-Lord. Saat Jing Yuan mati atau terkna debuff musuh, Lightning-Lord tidak akan memberikan DMG.

build jing yuan honkai star ultimate animation
Ultiate Animation Jing Yuan (source: VCGamers)

Skill Jing Yuan yaitu Rifting Zenith akan memberikan memberikan Lightning DMG pada musuh yang dihitung persentasenya dari ATK Jing Yuan ke semua musuh yang ada di pertarungan. 

Lightning-Lord juga akan mendapatkan Hits Per Action sebesar 2 untuk turn selanjutnya.

Ultimate Jing Yuan yaitu Lightbringer, Jing Yuan akan memberikan Lightning DMG setara dengan persentase ATK dari Jing Yuan ATK ke semua musuh dan meningkatkan Lightning-Lord’s Hit Per Action sebesar 3 untuk giliran berikutnya.

Talent adalah kit utama serangan Jing Yuan yang memberikan DMG terbesar. Berbeda dengan Serval yang memanfaatkan DoT DMG dari serangan Ultimate atau Skill, DMG Jing Yuan bergantung pada Lightning-Lord.

Oleh sebab itu, VCGamers merekomendasikan untuk kamu memprioritaskan Talent > Ultimate = Skill terlebih dahulu. Basic ATK tidak terlalu penting namun tetap harus kamu tingkatkan level tracenya.

Baca Juga: Build March 7th Honkai Star Rail: Trace, Relics, Light Cone, dan Team Comps

Rekomendasi Relic untuk Build Jing Yuan Honkai Star Rail

build jing yuan honkai star rail relic band of sizzling thunder
Relic Jing Yuan (source: VCGamers)

Stat utama yang harus kamu prioritaskan untuk Jing Yuan Honkai Star Rail adalah Crit DMG/Rate, ATK, SPD, dan Lightning DMG. 

Stat Energy Regen Rate juga harus kamu penuhi karena summon Lightning Lord akan mendapat SPD lebih tinggi bukan dari stat SPD Jing Yuan tapi dari Skill dan ultimate. 

Namun bila stat Energy Regen Rate sedikit sulit didapatkan dari relic bagian Link Rope (Planar Ornament), kamu bisa menggantinya dengan ATK% atau Break Effect.

Set Relic dalam game Honkai Star Rail dibagi menjadi 2 slot yaitu: 

  • Cavern Relic yang bisa didapatkan di Cavern of Corrosion
  • Planar Ornament yang bisa didapatkan dari Simulated Universe

Untuk Cavern Relic, set yang direkomendasikan adalah Band of Sizzling Thunder atau Musketeer of Wild Wheat.

Penggunaan 2-PC Band of Sizzling Thunder akan meningkatkan Lightning DMG 10% sedangkan penggunaan 4-PC akan meningkatkan ATK sebesar 20% pada 1 turn setelah Jing Yuan menggunakan Skill.

2-PC Musketeer of Wild Wheat akan meningkatkan ATK 10%. Penggunaan 4-PC akan meningkatkan SPD 6% dan Basic ATK DMG sebesar 10%.

Kamu juga bisa mengkombinasi relic Musketeer of Wild Wheat dan Band of Sizzling Thunder .

Sedangkan untuk Planar Ornament ada dua set yang VCGamers rekomendasikan. Set tersebut adalah Celestial Differentiator dan Inert Salsotto.

Pengunaan 2-PC Celestial Differentiator akan meningkatkan Crit DMG pengguna sebesar 16%. Saat pengguna memiliki Crit DMG sebesar 120%, Crit Rate akan meningkat 60% dari serangan pertama karakter

.2-PC Inert Salsotto akan meningkatkan Crit Rate sebesar 8%. Ketika Crit Rate karakter 50% keatas, Ultimate dan Follow-up attack DMG meningkat 15%.

Namun, apabila kamu masih di level awal Simulated Universe, kamu bisa menggunakan Space Sealing Station untuk meningkatkan ATK dan SPD.

Rekomendasi Light Cone untuk Build Jing Yuan Honkai Star Rail

build jing yuan honkai star rail light cone
Light Cone Jing Yuan (source: VCGamers)

Light Cone yang direkomendasikan untuk Jing Yuan bisa kamu sesuaikan tergantung yang kamu miliki. Secara garis besar, semua Light Cone Erudition dari tingkat kelangkaan (rarity)  mana pun.

Pada rarity bintang 5, Before Dawn yang merupakan Light Cone signature Jing Yuan adalah Light Cone terbaik untuk Jing Yuan untuk sekarang ini. 

Kamu juga bisa menggunakan Night on the Milky Way yang bisa kamu dapatkan dari Standard Warp Banner.

Make The World Clamor, The Birth of the Self, The Seriousness Over Breakfast, Today is Another Peaceful Day, atau Geniuses Repose adalah contoh opsi Light Cone bintang 4 yang sangat cocok untuk Jing Yuan.

Light Cone The Birth of the Self dan The Seriousness Over Breakfast bisa menjadi opsi awal untuk pemain F2P.

Rekomendasi Komposisi Tim (Party Setup) untuk Build Jing Yuan Honkai Star Rail

build jing yuan honkai star rail team comps party
Team Comps Jing Yuan (source: VCGamers)

Jing Yuan menurut VCGamers adalah salah satu karakter DPS AoE yang terbilang masih cukup ramah untuk pemain baru maupun F2P.

Kelemahan Jing Yuan adalah memiliki stat SPD yang cukup rendah dan Energy yang digunakan untuk Ultimate cukup besar.

Ultimate sangat dibutuhkan untuk memberikan tambahan Hit per Action kepada Lightning Lord sehingga kamu setidaknya membutuhkan Energy besar untuk lebih sering menggunakan Ultimate.

Rekomendasi team comps Jing Yuan adalah wajib memiliki karakter dengan Path Harmony seperti Asta, Tingyun, atau Bronya.

Asta merupakan pilihan path Harmony untuk pemain F2P dengan buff SPD yang besar sehingga memungkinan Jing Yuan memiliki kesempatan menyerang dan Break Effect yang besar. 

Tingyun dapat memberikan buff Energy dan buff DMG yang mempercepat regenerasi Energy dan memperbesar DMG dari Jing Yuan.

Selain itu, Bronya yang saat ini menjadi karakter path Harmony terbaik akan memberikan buff ATK dan Crit DMG serta talent untuk memberikan 2 turn kepada Jing Yuan.

Saat menggunakan Bronya, kamu harus hati-hati dengan menggunakan energy point yang digunakan untuk Skill. 

Sumber memperkuat Hit per Action Lightning-Lord salah satunya adalah dengan Skill sehingga kamu harus memastikan jumlah energy point yang sukup sebelum menggunakan buff Bronya pada Jing Yuan.

Slot tim kamu bisa diisi dengan Debuffer (Path Nihility) seperti Pela atau Welt untuk memberikan kesempatan Jing Yuan untuk menyerang.

Selain itu, kamu bisa mengisi slot lainnya dengan karakter Healer (Path Abundance) atau Shielder (Path Preservation).

Selain itu, Jing Yuan akan semakin bagus apabila ada karakter dalam party yang dapat menjadi Debuffer (Path Nihility) untuk mengurangi SPD musuh.

Team comps bisa kamu sesuaikan dengan Weakness yang dimiliki oleh musuh yang kamu lawan.

Contoh tim yang VCGamers rekomendasikan adalah Jing Yuan, Asta, Bailu, dan Trailblazer Preservation. Untuk tim lainnya bisa menggunakan Jing Yuan, Welt, Bronya, dan Natasha.

Jika kamu bermain sebagai tim F2P kamu bisa menggunakan Jing Yuan dengan Asta, Natasha, dan March 7th.

Demikian panduan build untuk karakter Jing Yuan Honkai Star Rail. Meskipun sedikit mirip dengan Serval, kit serangan Jing Yuan sangat berbeda dan memberikan DMG yang optimal juga.

Game ini masih sangat terbilang baru namun memiliki potensi untuk menjadi terkenal seperti game HoYoVerse lainnya.. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan game HoYoVerse lainnya  di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!